Audio burung-madu matari untuk masteran pleci

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Nusa Tenggara sebenarnya lebih banyak dihuni burung isap-madu (honeyeater) daripada burung-madu (sunbird). Dari 15 spesies burung-madu di Indonesia, hanya empat yang berhabitat di wilayah ini, yaitu burung-madu kelapa (Anthreptes malacensis), burung-madu sriganti (Cinnyris jugularis), burung-madu sumba (Cinnyris buettikoferi), dan burung-madu matari (Cinnyris solaris). Kali ini, Om Kicau hanya ingin membahas burung-madu matari, sekaligus membagikan audionya untuk masteran pleci dan jenis burung kicauan lainnya.

Dua dari empat spesies burung-madu di Nusa Tenggara merupakan burung endemik di wilayah tersebut, yaitu burung-madu matari dan burung-madu sumba. Adapun dua spesies lain, burung-madu kelapa dan burung-madu sriganti, dijumpai di sejumlah wilayah lain di Indonesia.

Burung-madu matari
Burung-madu matari jantan (Foto: Oki Hidayat/ FOBI).

Burung-madu matari / flame-breasted sunbird (Cinnyris solaris) memiliki panjang tubuh sekitar 11 cm. Seperti umumnya jenis burung-madu lainnya, burung jantan memiliki penampilan fisik berbeda dari burung betina.

Pada burung jantan, bagian dahi, tenggorokan, dan dadanya terdapat bercak hijau biru mengkilap.  Adapun bagian dadanya jingga tua / oranye tua.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penampilan burung-madu matari betina mirip dengan burung-madu sriganti betina. Perbedaannya, warna kuning pada tubuh bagian bawah jauh lebih kusam.

Burung-madu matari
Burung-madu matari betina (Foto: Oriental Bird Images)

Ras dan wilayah persebaran

Seperti dijelaskan sebelumnya, burung-madu matari merupakan burung endemik di Nusa Tenggara. Spesies ini hanya terdiri atas dua subspesies / ras, dengan wilayah persebaran sebagai berikut:

  • Cinnyris solaris solaris: Sumbawa, Komodo, Flores, Lomblen, Alor, Atauro, Timor, Semau, Roti.
  • Cinnyris solaris exquisitus: Pulau Wetar.

Habitat dan perilaku

Burung-madu matari
Burung-madu matari  termasuk burung dilindungi. (Foto: Oriental Bird Images)

Burung-madu matari sering dijumpai mendiami rumpun perdu, hutan monsun sekunder, tepi hutan, lahan perkebunan, dan taman-taman dekat kota.

Mereka bisa hidup di tepi pantai, hingga daerah berketinggian 800 m (Sumbawa), 1000 m (Flores), dan 720 m (Timor).

Burung-madu matari sering berpindah dari ranting pohon yang satu ke ranting pohon lainnya. Tidak jarang mereka melakukan gerakan akrobatik yang menawan, terbang vertikal (menukik) dengan posisi kepala di bawah.

Berdasarkan IUCN Red List, status konservasi burung-madu matari di alam liar dinyatakan dalam Risiko Rendah (LC). Namun, sebagaimana seluruh spesies burung dari keluarga Nectariniidae lainnya, burung-madu matari juga ditetapkan sebagai salah satu jenis burung yang dilindungi, baik berdasarkan UU No 5/1990 maupun PP No 7/1999.

Audio burung-madu matari

Burung-madu matariOm Kicau akan membagikan audio burung-madu matari, yang bisa digunakan untuk memaster aneka burung kicauan lainnya, termasuk pleci.

Dengan audio ini, Anda tidak perlu lagi memelihara burung-madu matari, karena merupakan burung yang dilindungi.

  • Suara kicauan burung-madu matari variasi 1
  • Suara kicauan burung-madu matari variasi 2
  • Suara kicauan burung-madu matari variasi 3
  • Suara panggilan burung-madu matari variasi 1
  • Suara panggilan burung-madu matari variasi 2

DOWNLOAD AUDIO BURUNG-MADU MATARI

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.