Breeding lovebird Goes KM: Indukan pun masih berprestasi di lapangan

Jauh sebelum ditunjuk sebagai ketua umum Kicau Mania (KM), organisasi komunitas burung terbesar di Indonesia, Goes KM dikenal sebagai penangkar lovebird. Dia sering berbagai ilmu kepada penangkar pemula, termasuk menyediakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan dalam breeding lovebird. Om Kicau menyempatkan mampir ke kediaman Goes KM, sambil melihat-lihat kondisi penangkarannya.

Breeding lovebird Goes KM
Goes KM di kandang battery, berisi indukan trah juara.

Beberapa tahun lalu, ketika masih aktif berlomba, Om Goes punya gaco andalan yang diberi nama Unique. Sudah banyak prestasi yang diraihnya. Burung inilah yang kali pertama dijadikan indukan saat Om Goes memutuskan ingin beternak lovebird.

Dari iseng-iseng inilah, penangkaran lovebird yang dikelolanya berkembang pesat. Unique masih menjadi salah satu indukan, tetapi Om Goes kini sudah memiliki ratusan pasang indukan produktif. Dia tidak hanya mencetak lovebird dengan suara panjang, namun juga mengembangkan aneka warna eksotik.

Sebagian besar induk lovebird di kandang penangkaran merupakan eks juara. Tetapi yang paling unik ya lovebird Unique, gaco gaek yang sudah kenyang prestasi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Sejak tiga tahun di tangan saya, Unique sampai sekarang masih berprestasi. Padahal dia masih saya pakai terus sebagai indukan,” kata Om Goes saat ditemui di rumahnya, kawasan Taman Semanan Indah, Cengkareng, Jakarta Barat.

Lovebird Unique
Unique, lovebird gaek yang sudah tiga tahun jadi indukan sekaligus burung lomba.

Bahkan dalam even akbar Media BnR Cup di Lapangan Banteng Jakarta, Minggu (23/2) lalu, Unique tampil sebagai juara 2, juara 3, dan juara 4, bersaing ketat dengan gaco papan atas lainnya seperti Cleopatra milik Jerry (Legenda BF Cibubur), Janda milik dokter Mulyana, Sabrina milik Pandiya (Koncer Lampung), Lady Rocker milik Fitri BKS Samarinda, dan sebagainya.

Dua model kandang penangkaran lovebird

Breeding lovebird Goes KM
Kandang koloni membuat indukan lebih produktif.

Dalam beternak lovebird, Om Goes menggunakan dua model kandang. Pertama, kandang koloni yang ditempatkan di atas dak lantai dua rumahnya. Kandang ini digunakan untuk mencetak mencetak lovebird warna eksotik.

Kedua, kandang battery, yang digunakan untuk mencetak lovebird suara panjang. Burung lomba seperti Unique pun berada dalam kandang battery, karena akan mempermudah dalam penentuan silsilah.

Kandang koloni, kata Om Goes, bisa membuat pasangan induk lebih produktif. Kok bisa? Ternyata pemanfaatan kandang koloni yang dilakukannya agak berbeda dari breeder lainnya.

Seperti diketahui, kandang koloni sangat cocok untuk pemula. Sebab burung tinggal dimasukkan ramai-ramai dalam kandang besar tersebut, kemudian mencari pasangan masing-masing.

Dengan logika ini, musykil mendapatkan anakan dengan warna yang sesuai dengan keinginan peternak. Padahal, seperti dikatakan Om Goes, kandang koloni digunakan untuk mencetak lovebird warna eksotis.

Rupanya, inilah rahasia Om Goes. Sebelum dimasukkan ke kandang koloni, burung betina sudah dijodohkan dengan burung jantan. Jika sudah benar-benar berjodoh, baru dipindah ke kandang koloni. Dijamin nggak akan ke lain hati, he.. he..

Produktivitas indukan pun meningkat, dan warna anakan yang menetas lebih sesuai dengan desain awal saat dijodohkan.

Untuk menjaga kesehatan burung, bagian atap kandang koloni ditutup dengan fiber tembus pandang. Dengan demikian, burung tetap memperoleh sinat matahari memadai. Sirkulasi udara didesain sedemikian rupa sehingga burung merasa nyaman atau tidak kepanasan.

Pemanfaatan burung jawara sebagai indukan

Goes KM
Goes KM dan lovebird Unique saat tampil di Media BnR Cup, Minggu (23/2).

Seperti disinggung di atas, kandang battery dikhususkan untuk burung lomba yang sudah berprestasi. Salah satunya lovebird Unique. Bahkan jika mau turun ke lapangan, Unique langsung dikeluarkan dari kandang ternak.

“Sehari sebelum mengikuti Media BnR Cup di Lapangan Banteng, Unique saya cabut dari kandang ternak. Prestasinya masih stabil, dan berhasil tembus masuk juara dua, tiga, dan empat,” kata Om Goes.

Menempatkan indukan lovebird yang masih berprestasi dalam kandang battery memang lebih mudah dalam menentukan silsilah. Sebab kandang ini memang untuk burung yang memiliki kualitas suara panjang.

“Tadinya Unique saya jodohkan untuk mengurangi birahinya, karena sudah memasuki umur dewasa kelamin. Akhirnya berjodoh, punya anak, dan terus berproduksi sampai sekarang,” tambahnya.

Penangkaran lovebird milik Goes KM tebilang lengkap, mulai dari warna-warna eksotis hingga anakan dari trah indukan juara. Beberapa anakannya juga moncer di beberapa even di Jabodetabek. Karena, pada umur 5 bulan anakan sudah bisa di adu narik panjang-panjang saat ketemu lawannya.

Unique juga sudah menghasilkan puluhan anak yang berprestasi di arena lomba. Meski anakan  anakan Unique dibanderol cukup mahal, Rp 5 juta per ekor, peminatnya masih terus antre (indent).

Maklum saja, lovebird jantan yang menjadi pasangan Unique juga bukan sembarangan, yaitu Jenggo yang juga eks jawara. Di usia tuanya, selain masih eksis di lapangan Unique juga rajin berproduksi.

“Bahkan Unique bukan hanya sudah menghasilkan puluhan anakan, tetapi sudah punya ratusan cucu, karena anak-anaknya juga sudah menjadi indukan produktif,” tandas Goes KM.

Breeding lovebird Goes KM
Anakan dispet dengan sereal khusus burung paruh bengkok.

Semua anakan yang menetas baru dipanen pada umur dua minggu. Selanjutnya, anakan ini ditempatkan dalam boks khusus pembesaran. Satu boks hanya digunakan untuk anakan-anakan dari pasangan induk yang sama. Anakan disuapi dengan pakan berupa sereal khusus burung paruh bengkok. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.