Indonesia Raya mengiringi pembukaan lomba burung HUT TVRI Jabar di Bandung

Ternyata tak hanya logo Ronggolawe yang penuh warna. Event organizer (EO) yang makin naik daun ini juga memberi warna baru dalam setiap gelarannya, di mana pembukaan lomba selalu diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang dinyanyikan panitia, juri, dan peserta. Hal ini juga terlihat dalam pembukaan Lomba Burung Berkicau HUT Ke-27 TVRI Jabar di Bandung, Minggu (2/3) pagi tadi.

HUT TVRI Jabar
Mr Andre memimpin lagu Indonesia Raya di depan juri, panitia, dan peserta.

Tradisi ini sudah dimulai dari pembukaan Seri 1 Liga Ronggolawe Sumatera di Jambi, 19 Januari lalu, hingga Piala Raja Kutai Kartanegara di Tenggarong, 23 Februari lalu. Kini, setiap pekan, Ronggolawe selalu menggelar even-even besar di berbagai daerah.

Kalau beberapa EO lain cenderung mengedepankan pengucapan sumpah para juri, Ronggolawe lebih memilih menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Suasana terasa menggetarkan, dan dapat menumbuhkan patriotisme tersendiri. Usai menyanyikan lagu kebangsaan, semua yang hadir pun bertepuk tangan memberikan aplaus.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hal cukup menarik dalam even kali ini adalah saat penilaian lovebird. Korlap, IP, juri, dan petugas lain di lapangan berteriak menyebutkan nomor gantangan apabila ada burung yang bunyi.

“Ini untuk membantu juri agar tidak salah dalam menilai. Sebab suara lovebird jika sudah berkumpul kan relatif sama,” ujar pemilik Ebod Jaya, H Mahfoed, atau akrab dipanggil H Ebod.

H Ebod
H Ebod senang even Ronggolawe makin naik daun.

Juri baru masuk ke lapangan setelah semua peserta menggantang burung dan keluar meninggalkan pagar pembatas. Teriakan peserta dan penonton pun relatif terkendali.

Berdasarkan pantauan Om Kicau, ada beberapa juri yang mengenakan kaos putih dengan tulisan “training”. Apakah mereka juga ikut memberikan penilaian?

“Tidak,” kata H Ebod. “Mereka ikut menilai, tetapi tidak diperhitungkan dalam penilaian lomba. Jadi, ini untuk mengasah kemampuan juri training apakah hasil penilaiannya sama dengan juri resmi. Dari situ, kita bisa mengevaluasi perkembangan hasil pelatihan selama ini. Kalau hasil lomba, sepenuhnya tergantung dari penilaian dari juri-juri resmi”.

Sejauh ini, lomba berjalan tertib dan diharapkan bisa seperti ini hingga akhir lomba. Ikuti terus update omkicau.com mengenai hasil lomba burung berkicau HUT Ke-27 TVRI Jabar di Bandung. (Waca)

HUT TVRI Jabar
Juri masuk setelah semua burung digantang dan peserta keluar dari pagar pembatas.
HUT TVRI Jabar
Cewek pun nyangklong burung.
HUT TVRI Jabar
Kicaumania cilik sudah belajar lomba burung.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.