Koleksi video & audio burung perenjak kamboja

Hampir semua burung dari keluarga perenjak (Sylviidae), mulai dari perenjak, cinenen, cikrak, kerakbasi, ceret, kecici, cici, cicakoreng, hingga celucuk memiliki suara kicauan merdu. Tahun lalu, para ornitholog menetapkan satu spesies terbaru dari keluarga Sylviidae, yaitu perenjak kamboja / cambodian tailorbird (Orthotomus chaktomuk). Om Kicau punya koleksi video dan audio burung perenjak kamboja yang bisa digunakan untuk memancing bunyi atau memaster ciblek atau jenis perenjak lainnya.

Burung perenjak kamboja pertama kali ditemukan di Phnom Penh, ibu kota Kamboja, tahun 2009 ketika berlangsung pemeriksaan flu burung. Sejak itu, perenjak kamboja makin sering terlihat di Phnom Penh.

burung perenjak kamboja
Burung perenjak kamboja yang ditemukan dan dipotret Ashish John tanggal 12 Maret 2009.

Pengamat burung Ashish John lalu memotret burung ini, dan mengunggahnya di berbagai situs sehingga menarik minat para ornitholog dari berbagai negara.

Burung perenjak kamboja

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Pada Juni 2012, Ashish John bekerja sama dengan Wildlife Conservation Society, BirdLife International, Universitas Kansas, Louisiana State University, dan Sam Veasna Centre, melakukan pengujian bulubulu burung ini, juga mengamati struktur gen, hingga tipe kicauannya.

Burung perenjak kamboja

Hasil tes DNA membuktikan bahwa burung perenjak kamboja memiliki struktur gen tersendiri dan tidak dijumpai sebelumnya pada seluruh spesies keluarga Sylviidae.

Burung perenjak kamboja

Burung perenjak kamboja

Akhirnya, tahun 2013, burung ini resmi ditetapkan sebagai spesies baru dengan nama cambodian tailorbird (Orthotomus chaktomuk) atau bisa kita sebut sebagai perenjak kamboja atau cinenen kamboja.

Burung perenjak kamboja

Burung perenjak kamboja

Postur tubuhnya mungil, dengan panjang 9-10,5 cm dan bobot badan hanya 6-10 gram. Ukurannya tidak jauh berbeda dari burung cinenen pisang / common tailorbird (Orthotomus sutorius) yang ada di negeri kita, dan kerap disebut perenjak lumut.

Cinenen pisang memiliki panjang 10 cm, adapun cinenen kelabu / ashy tailorbird (Orthotomus ruficeps) berukuran 11 cm. Cinenen kelabu sering disebut juga perenjak kepala merah.

Perenjak kamboja merupakan burung endemik di negara tersebut, bahkan habitatnya terbatas di semak-semak pada tepian Sungai Mekong.

Burung perenjak kamboja

Sepintas lalu, penampilannya mirip dengan perenjak kepala merah / cinenen kelabu, di mana bagian kepalanya berwarna merah karat, dan bagian tenggorokan hitam. Tubuh bagian atas abu-abu gelap, sementara tubuh bagian bawah abu-abu keputihan atau abu misty.

Warna kedua kakinya oranye, begitu pula iris matanya. Paruh atas berwarna oranye kehitaman, tetapi paruh bawah oranye.

Koleksi suara burung perenjak kamboja

Burung perenjak kamboja

Suara burung perenjak kamboja sangat keras, baik suara kicauan, suara panggilan, maupun suara alarm. Silakan dengar dan download satu-persatu, atau sesuai kebutuhan Anda:

  • Suara kicauan perenjak kamboja variasi 1
  • Suara kicauan perenjak kamboja variasi 2
  • Suara kicauan perenjak kamboja variasi 3
  • Suara kicauan perenjak kamboja variasi 4
  • Suara kicauan perenjak kamboja variasi 5
  • Suara alarm call perenjak kamboja

Untuk mendownload, silakan klik ini: Download Suara Perenjak Kamboja.

Burung perenjak kamboja

Koleksi video burung perenjak kamboja

Berikut ini salah satu video burung perenjak kamboja di alam liar.

Masih ada lima video burung perenjak kamboja. Semuanya bisa dilihat dan diunduh dengan memencet link ini: Kumpulan Video Perenjak Kamboja.

Link Download:

Suara Perenjak Kamboja  |  Video Perenjak Kamboja

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.