Juara di Bursa Love Bird Triwulanan, Roda Gila langsung diboyong Nyoman Sumanata

Suasana Taman Pasar Burung (PB) Depok Solo, Rabu (30/4) sore kemarin benar-benar meriah. Halaman parkir depan, samping, dan belakang penuholeh kendaraan roda empat maupun roda dua. Suasananya hampir sama seperti hari Minggu. Sebagian besar pemilik kendaraan yang terparkir adalah peserta atau pengunjung Bursa Love Bird Triwulanan yang digelar di pelataran tengah pasar burung tersebut.

Bursa Love Bird Triwulanan
Suasana Bursa Love Bird Triwulanan di pelataran tengah PB Depok Solo, Rabu (30/4).

Ada tiga kelas yang dibuka, yaitu Kelas A (tiket Rp 100 ribu, hadiah juara 1 Rp 1,2 juta plus trofi), Kelas B dan C dengan harga tiket Rp 50 ribu dan hadiah juara 1 Rp 600 ribu plus trofi.

Untuk peserta bursa Kelas A, apabila ada peminat, burung harus dilepas dengan harga maksimal Rp 15 juta. Adapun untuk Kelas B dan C, harga maksimal apabila ada peminat adalah Rp 7,5 juta.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jumlah gantangan kali ini 48 (bursa harian dan spesial hanya 33 gantangan), diatur 4 baris sehingga tiap baris berisi 12 gantangan. Ada empat juri yang bertugas di setiap sesi. Mereka duduk berjajar, namun setiap periode waktu tertentu akan bergeser untuk bertukar posisi.

Tidak ada komunikasi antarjuri, dan itu memang dilarang. Setelah penilaian selesai, keempat juri segera berkumpul dan berembuk untuk menentukan juara 1,  juara 2, dan juara 3. Adapun juara 4 dan seterusnya baru ketahuan setelah petugas rekap selesai menghitung nilainya.

Para peserta dan penonton juga disediakan kursi di belakang para juri. Sesungguhnya, panitia melarang para peserta dan penonton untuk berteriak. Yang dibolehkan hanya bertepuk tangan, membunyikan peluit, atau sejenisnya, sekadar memancing lovebird andalannya mau bersuara.

Bursa Love Bird Triwulanan
Hayo…, siapa yang masih mbludus di depan pembatas?

Namun, masih saja ada beberapa peserta yang berteriak-teriak. Meski tak menyebut nomor gantangan, sebagian di antara mereka menyebut warna burung, atau posisi burung seperti “pojok barat bunyi”, “belakang panjang…”, dan sejenisnya.

Menurut Wawan, penonton yang juga juri senior PBI Solo, seandainya peserta konsekuen dengan aturan tidak berteriak, sesungguhnya lomba akan berjalan elok, karena benar-benar bisa dinikmati.

Ya, sebagai gebrakan awal, penyadaran harus terus dilakukan tanpa boleh bosan. Penyadaran tak harus dilakukan panitia semata, tetapi juga penonton dan peserta lain untuk saling mengingatkan jika masih ada di antara mereka yang melanggar aturan.

“Bagaimana pun, saya tetap memberikan apresiasi terhadap gebrakan bagus dari Mas Itok dan kawan-kawan. Bursa Love Bird Solo membuat kontes lovebird menjadi lebih ramai lagi, mendongkrak nilai jual lovebird, dan membuat pasar burung lebih ramai,” kata Wawan.

Bursa Love Bird Triwulanan dibuka secara resmi oleh Lurah Pasar Depok, Agus Suharto, yang didampingi Suwarjono selaku ketua Paguyuban Pasar Burung Depok.

Pembukaan Bursa Love Bird Triwulanan
Pak Lurah Agus Suharto memberikan sambutan, didampingi Suwarjono (kiri), Puguh, dan Itok (kanan).

Dalam sambutannya, Lurah Agus Suharto merasa senang dan sangat mendukung Bursa Love Bird yang terbukti membuat PB Depok Solo menjadi lebih ramai. Secara umum, para pedagang di Taman PB Depok pun ikut merasakan imbas positifnya.

Roda Gila diboyong Nyoman Sumanata

Sesi pertama dimulai dari Kelas B, kemudian Kelas A, dan terakhir Kelas C. Juara pertama Kelas B adalah lovebird Roda Gila milik Yosep dari PB Depok. Penampilan lovebird Roda Gila yang apik membuat Yono kepincut.

Yosep PB Depok
Yosep dari PB Depok terima trofi atas prestasi Roda Gila.

Om Yono merupakan orang kepercayaan Nyoman Sumanata (Legian, Bali), baik untuk memantau burung prospek serta merawat gaco-gaco jawara seperti murai batu Barongsai, kacer Jazz, dan sebagainya. Om Yono datang ke Bursa Love Bird karena bosnya ingin memperoleh lovebird berkualitas.

Dalam waktu singkat, Roda Gila pun berpindah tangan ke Nyoman Sumanata. “Burung ini akan langsung kita turunkan dalam Ebod Joss Cup di Solo, Minggu (4/5) mendatang, serta Piala Paku Alam di Jogja tanggal 11 Mei nanti,” kata Om Yono.

Lovebird Roda Gila
Om Yono (kacamata) boyong lovebird Roda Gila untuk Nyoman Sumanata.

Kelas A yang dimainkan pada sesi kedua dimenangi lovebird Mbak Ndut milik Dodot Warna-Warni. Juara 2 dan 3 masing-maasing ditempati Putri Solo milik Yoyok (Cemani) dan Corby milik Sipur Narita.

Bursa Love Bird Triwulanan
Mr Cool memberikan trofi kepada juara 1 Kelas A.

Dragon White, milik Deny Chelsea (Solo), menjuarai Kelas C. Urutan berikutnya adalah Sex Pistol milik Eko Jangkrik dari CKM dan Putri Solo.

Meski tak meraih gelar juara 1, penampilan lovebird Sex Pistol cukup stabil. Burung ini dua kali menjadi runner-up, yaitu di Kelas B dan C, serta juara 4 Kelas A.

Penampilan memukau juga ditunjukkan dua lovebird jenis albino mata merah, yaitu Snow White dan Dragon White, keduanya milik Dheny Chelsea. Dragon meraih juara 1 Kelas C dan juara 8 Kelas B. Snow White berada di posisi ke-7 Kelas A.

Bursa Love Bird Triwulanan
Snow White dan Dragon White memukau lovebird lovers di PB Depok Solo.

Itok selaku penanggungjawab Bursa Love Bird Solo merasa gembira dengan kesuksesan even ini. Banyak peserta yang menghendaki agar bursa dengan tiket Rp 100.000 ini jangan hanya tiga bulan sekali alias triwulanan. Sebagian peserta menghendaki sebulan sekali.

“Tentu semua masukan kita pertimbangkan. Secara umum sudah cukup baguslah. Tinggal menata ulang, terutama menyadarkan beberapa peserta yang masih saja berteriak. Kami sudah menyediakan tempat duduk, seharusnya peserta tidak perlu teriak-teriak,” tandas Om Itok. (Waca)

Juara Bursa Love Bird Solo – Triwulanan (Rabu, 30 April 2014)

KELAS A
  1. Mbak Ndut
Dodot Warna WarniSolo
  1. Putri Solo
YoyokCemani
  1. Corby
Sipur NaritaSolo
  1. Sex Pistol
Eko JangkrikCKM
  1. Si Geleng
Lutfi SFSovi’s BF
  1. Sipin
Lutfi SFSovi’s BF
  1. Snow White
Deny ChelseaSolo
  1. DJ Javelin
Nanang/LukasLuwes BC
  1. Davin2
DanielLegenda SF
  1. Anggi Fatkul
Kevin ReklameDT SLB
KELAS B
  1. Roda Gila
Nyoman SumanataBali
  1. Sex Pistol
Eko JangkrikCKM
  1. Goldish
Mr. DuwoSolo
  1. Shine
Andi GBULuwes BC
  1. DJ Disty
Nanang/LukasLuwes BC
  1. Diajeng Jr
Tom/PitikZona BF
  1. Sekar Tadji
Sipur NaritaSolo
  1. Dragon White
Deny ChelseaSolo
  1. DJ Yuky
Nanang/LukasLuwes BC
  1. Ronggeng
She BlackSolo
KELAS C
  1. Dragon White
Deny ChelseaSolo
  1. Sex Pistol
Eko JangkrikCKM
  1. Putri Solo
YoyokCemani
  1. Barongsay
Eko LyonSolo
  1. Kamadanu
KukuhGandekan
  1. Venus
Gopar PSPSolo
  1. Aqua
Tito BirdNgeplak Solo
  1. Ijah
SonnyNayu Barat
  1. Brajamusti
PitekZona BF
  1. Syahrini
AgusSumber

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.