Cucak hijau Boncu dan kenari Rocker hattrick di Jakarta Cup

Cucak hijau Boncu milik H Sadat (B 16 SF) dan kenari Rocker kepunyaan H Fitri BKS dari Samarinda meraih kemenangan hattrrick dalam Lomba Burung Berkicau Jakarta Cup 1 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (18/5). Dalam even akbar yang meriah, dengan tiket terjual sebanyak 2.537 lembar itu, Jayakarta Cup dinobatkan sebagai juara umum bird club (BC). Adapun Fitri BKS terpilih sebagai juara umum single fighter (SF).

Lomba Burung Berkicau Jakarta Cup 1
Suasana lomba burung dengan latar belakang Tugu Monas yang menjulang perkasa.

Tidak berlebihan jika Jakarta Cup 1 menjadi salah satu even paling akbar tahun ini, selain Presiden Cup III yang bakal digelar di Lapangan Parkir Timur Senayan Jakarta, 22 Juni mendatang, serta Piala Raja 2014 di Jogja yang akan berlangsung selepas lebaran nanti.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Even yang dikemas Yayang dari PS3 SF ini terasa spesial, karena berlangsung di jantung Kota Jakarta, yaitu Monas, yang tak semua event organizer bisa memperoleh izin serupa.

Lomba Burung Berkicau Jakarta Cup 1
Yayang PS3 membuka Jakarta Cup 1, Minggu (18/5), ditandai penggantangan burung secara simbolis.

Lazimnya even akbar, hampir semua blok di Jawa menurunkan gaconya. Burung-burung dari Sumatera dan Kalimantan pun “terbang” ke Monas.

Jawara-jawara di berbagai kelas sukses memetik kemenangan, dengan pembagian gelar yang relatif merata, kecuali di kelas cucak hijau dan kenari yang didominasi Boncu dan Rocker.

Tetapi ada juga beberapa debutan anyar yang langsung moncer di gelaran spektakular ini. Salah satunya murai batu Raja Negro milik Billy Kebumen. Om Billy memang senantiasa sukses mengorbitkan gaco-gaco baru di kelas murai batu.

Murai batu ekor hitam Raja Negro
Raja Negro, MB ekor hitam, tampil perkasa di kelas murai batu umum.

Raja Negro sukses menjuarai Kelas Ondel-Ondel A dan runner-up Ondel Ondel B. Raja Negro merupakan murai batu ekor hitam (blacktail). Uniknya, Om Billy menurunkannya hanya di kelas umum, bukan di kelas khusus MB Ekor Hitam.

Billy Kebumen
Billy Kebumen (tengah) sukses orbitkan debutan baru MB Raja Negro.

“Hari ini saya hanya membawa Raja Negro,” kata Om Billy, yang juga memiliki murai batu Seruling Raja dan Kelud.

Kelas MB Ekor Hitam dimenangi Black Devil milik Aam dari Duta Bintaro, adapun juara 2 diraih Volvo kepunyaan Kentung SJB (Pekalongan). Sebelumnya, Black Devil juga menjuarai even nasional IBC Cup di Jakarta, 20 April lalu.

Kentung dan MB ekor hitam Volvo
Kentung (kanan): Volvo juara 2 Kelas MB Ekor Hitam.

Anak Perkasa kembali menunjukkan keperkasaannya di Kelas MB Ring. Jagoan milik Cece ini kerap memenangi kelas khusus penangkaran.

MB Ring Anak Perkasa
Kru Cece antarkan Anak Perkasa juara Kelas MB Ring.

Beberapa murai batu langganan juara juga mendapat posisi pertama, seperti Kupra milik Brothers SF Bekasi yang menjuarai Kelas Abang None B, Turkey milik Victor (Free York BC), dan Raja Roll milik Edy Prabowo (Mampang).

Murai batu Kupra
MB Kupra juara 1 Kelas Abang None B dan juara 3 Kelas Monas.

Kelas paling bergengsi, Monas, dimenangi murai batu Gobi milik Yadi Suzuki (Cirebon), yang kali ini memperkuat Jayakarta Team. Juara 2 dan 3 diraih Pelor Mas (Fitri BKS Samarinda) dan Kupra (Brothers SF).

Kacer Bodrex, Adipati, dan Terlena menang

Persaingan pada empat kelas kacer berlangsung ketat. Bodrex, kacer andalan H Mahfud (Jayakarta Team), sukses mendulang dua kemenangan, termasuk di kelas utama: Monas.

Adipati, salah satu kacer terbaik nasional, juga moncer hingga tiga kali. Gaco milik Mr Deko dari Samarinda ini tampil sebagai juara 1 Kelas PS3 SF, juara 2 Kelas Monas, dan juara 3 Kelas Abang None.

Kru kacer Adipati
Kru kacer Adipati bawa pulang trofi juara 1, juara 2, dan juara 3.

Satu kelas lagi, Ondel Ondel, dimenangi kacer Terlena milik H Budi dari BBS SF Handil Kalimantan Timur, yang siang itu dikawal Arief 279. Sebelumnya, Terlena juga meraih double winner dalam even Wali Kota Cup Samarinda, 11 Mei 2014.

Arif dan kacer Terlena
Arif (kanan) antarkan kacer Terlena milik H Budi juara 1.

Lovebird Janda milik dr Mulyana (Jayakarta Team) kembali meraih prestasi terbaiknya, dengan memetik juara 1 di Kelas Monas dan juara 2 Ondel Ondel A.

lovebird Janda
Dokter Mulyana bersama lovebird Janda.

Janda merupakan gaco lawas yang kenyang prestasi. Sudah puluhan gelar juara pertama diraihnya. “Buat persiapan menjelang Presiden Cup III,” jelas dr Mulyana.

Dr Mulyana
Dokter Mulyana (2 dari kanan) – LB Janda gaet kelas bergengsi.

Dari tujuh kelas lovebird, tak ada seekor burung pun yang mampu memenangi dua kelas atau lebih. Selain Janda, lovebird lain yang menjadi juara 1 adalah Soimah milih Gatep (Happard), dan Mata Dewa (Ardhy – Jayakarta Team), Raden besutan Naryo / Eko dari Sakkarepe Dhewe SF, Gholib milik Jhonpur (JP SF), Azib milik Ipul (Tikungan BC), dan Thriller kepunyaan Yolanda Samarinda.

Kelas pentet dikuasai Babilon milik Duta Ong (BSD) yang menjuarai Kelas Abang None dan juara 2 Kelas Ondel Ondel.

Kru Duta Ong dan pentet Babilon
Kru Duta Ong – Cendet Babilon stabil, raih juara 1 dan 2.

Cucak jenggot Yasmin milik M Khadafi (KDV Star BF) meraih double winner, termasuk mengalahkan Ratu Jagad di Kelas Abang None. Ratu Jagad harus puas di posisi kedua.

Boncu dan Rocker cetak hattrick

Panitia Jakarta Cup 1 membuka lima kelas cucak hijau, tiga di antaranya dijuarai Boncu milik H Sadat dari B16 SF Tangerang, yang hari itu bergabung dengan Jayakarta Team. Burung ini sukses menjuarai Kelas PS3, Abang None A, dan Ondel Ondel.

Cucak hijau Boncu
Cucak hijau Boncu Milik H Sadat Tangerang.

Kehadiran Boncu sulit ditaklukan lawan-lawannya. Burung ini memiliki materi tonjolan isian suara cililin, suara burung gereja tarung, dan suara burung-madu yang dibawakan sambil ngentrok-ngentrok.

H Sadat
H Sadat: Cucak hijau Boncu hattrick.

Kelas Abang None B dimenangi Keong Mas, cucak hijau milik Saito Tamat dari Kanal+ Team. Adapun kelas paling bergengsi, Cucak Hijau Dahsyat, dimenangi Ndrog Dog kepunyaan Uton Kaligung (Tegal), diikuti Jaguar (H Sansan – Popeye SF Garut) dan Raja Kipas (Suwarso / Suri – Lintas Utara).

Kru H Sansan
Kru H Sansan bersama cucak hijau Jaguar.

Cucak hijau Halimun milik Pakde (Sodong is The Best) dan Brewok milik Mr Kunik Depok berada di urutan 5 dan 8 pada kelas utama tersebut.

Selain Boncu, jagoan lain yang mencetak hattrick adalah kenari Rocker milik H Fitri BKS Samarinda.

Kenari Rocker hattrick
Kenari Rocker milik H Fitri BKS Samarinda meraih kemenangan hattrick.

Panitia membuka dua kelas kenari standar kecil, dua kelas kenari standar besar, dan satu kelas kenari standar umum. Rocker sukses menjuarai dua kelas kenari standar besar dan satu-satunya kelas standar umum.

H Fitri BKS Samarinda
Sukses besar H Fitri BKS dalam even Jakarta Cup 1.

Dua kelas kenari standar kecil dimenangi dua burung berbeda, yaitu Galaxy yang juga milik Fitri BKS, serta Choki Choki kepunyaan Haidir Samper dari Kampung Utan.

Kemenangan hattrick kenari Rocker, juga koleksi lainnya di sejumlah kelas, membuat akumulasi poin Fitri BKS paling tinggi di antara peserta perorangan lainnya. Om Fitri pun dinonatkan sebagai juara umum single fighter (SF). Gelar juara umum BC diraih Jayakarta Team yang meraih kemenangan di berbagai kelas.

H Nendra
H Nendra mewakili H Fitri BKS sebagai jJuara umum SF.
Jakayakarta Team juara umum BC
Jayakarta Team juara umum BC.

Secara umum, lomba berlangsung meriah, lancar dan sukses. Ini membuktikan Yayang PS3 bukan hanya sukses menjadi pemain, terutama melalui cucak hijau Dahsyat, tetapi juga sebagai pengelola event organizer (EO) berbakat. (d’one)

Hasil Lomba Jakarta Cup 1 (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.