Ferry Louw siap turunkan LB Putri ke PresCup III: Bulan ini 7 kali juara 1

Om Ferry Louw siap menurunkan lovebird Putri dalam kontes nasional Presiden Cup III di Jakarta, 22 Juni 2014. Sepanjang bulan Mei ini, Putri terus mengikuti lomba setiap pekan, dengan koleksi tujuh kali juara 1 dan sekali juara 3. Prestasi terakhir diraihnya dalam even Launching Polongan BC di Kota Jambi, Minggu (25/5). Prestasi terhebat yang pernah diraih Putri adalah ketika mengikuti Batam International Bird Champions, 22 September 2013, dengan hasil juara 1 dan juara 3.

Ferry Louw dan lovebird Putri
Ferry Louw (tengah) siap menurunkan lovebird Putri dalam Presiden Cup III di Jakarta, 22 Juni 2014.

Meski digenjot setiap pekan, penampilan Putri relatif stabil. Bahkan burung ini tetap nampil dalam segala kondisi cuaca, baik mendung, hujan, apalagi cerah.

Setiap lomba, Putri selalu mengeluarkan ngekek panjang-panjang yang memukau juri dan penonton, sejak awal digantang hingga akhir penilaian.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain pernah menjuarai kontes internasional di Batam, lovebird Putri juga beberapa kali menjuarai even nasional di Jawa. Misalnya menjuarai Kelas Mega Prima dalam even Merah Putih Bird Shop di Bandung, 17 November 2013.

Putri juga beberapa kali mengikuti serial Liga Sumatera 2013, dengan prestasi delapan kali juara 1, sekali juara 2, dan dua kali juara 3.

Konsistensi dalam perawatan

lovebird Putri
lovebird Putri

Semua ini tidak lepas dari perawatan konsisten yang dilakukan Om Ferry selama ini. Sebenarnya tak ada yang istimewa dalam perawatan harian lovebird Putri. Artinya, perawatannya sama seperti gaco lovebird lainnya.

Yang membedakan tentu materi dasar burung ini, juga kecocokan antara burung dan pemilik. Ketika hubungan batin dengan pemilik atau perawatnya terbina dengan baik,  burung pun merasa nyaman yang ditunjukkan dengan rajin berkicau.

“Yang penting konsistensi, terutama jadwal yang tetap,” tambah Om Ferry. Misalnya, burung setiap pagi dikeluarkan mulai pukul 06.00, bula kerodong, lalu dianginkan hingga pukul 08.00.

Setelah dianginkan, burung dimandikan dengan cara disemprot sampai basah kuyup, lantas dijemur hingga pukul 10.00.

Usai dijemur, burung kembali dianginkan sampai sore hari. Sekitar pukul 17.00, burung dikerodong dan digantang di dalam rumah. Pakan hanya berupa millet putih. Semua jadwal itu selalu ditepati.

Om Ferry baru menerapkan perawatan lomba sehari menjelang even digelar, atau hari Sabtu (H-1). Seperti biasa, burung dianginkan pukul 06.00 – 08.00, dimandikan dan dijemur hingga pukul 10.00.

“Setelah dijemur, burung diberi kangkung segar. Hari Minggu, sebelum dibawa ke lapangan, burung dimandikan, dijemur, dan dianginkan, sambil diberi kangkung segar,” jelas Om Ferry.

Adapun saat lomba dimulai, wadah pakan dan sisa kangkung dicabut agar burung bisa fokus selama berlomba, sehingga tidak turun ke lantai mencari pakan.

Ferry Low
Ferry Low bersama anaknya dan lovebird Putri saat menjuarai Nusantara Berkicau Cup II.

Dengan perawatan sederhana itulah, lovebird Putri selalu sukses menjuarai lomba. Gaco ini jarang sekali keluar dari tiga besar, bahkan lebih sering menjadi juara 1.

Berikut ini prestasi lovebird Putri dalam 1 tahun terakhir (Mei 2013 – Mei 2014):

EVEN DAN TEMPATWAKTUJUARA
Liga Sumatera Seri 3 (Pariaman, Sumbar)26 Mei 20131, 1, 1, 3
Liga Sumatera Seri 5 (Pangkalpinang, Babel)8 Sept 20131, 2
Batam International Bird Champions (Batam)22 Sept 20131,3
Liga Sumatera Seri 6 (Kota Bengkulu)20 Okt 20131,1,1
Friendship Cup 2 (Jambi)11 Nov 20131,1
Merah Putih Bird Shop (Bandung)17 Nov 20131
Hose Cup 1 (Jambi)15 Des 20131
Nusantara Berkicau Cup II (Jambi)12 Jan 20131, 1
Gebyar Palembang Cup 1 (Palembang)4 Mei 20141
Launching Seberang BC (Jambi)11 Mei 20141, 1
Sarang Macan Team (Jambi)18 Mei1, 3
Launching Polongan BC (Jambi)25 Mei 20141, 1, 1

Meski sudah pernah menjuarai lomba burung level Sumatera, tingkat nasional, bahkan internasional, Om Ferry Louw tidak pernah sungkan menurunkan Putri dalam even latber dan lomba lokal di Jambi.

“Ya, untuk silaturahmi, membina kekompakan dengan teman-teman kicaumania di Jambi, sekaligus menjadi ajang berlatih bagi Putri kalau tidak ada even besar,” ujarnya. (Kelana Lana)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.