Membiasakan cendet mandi dalam karamba

Sebagian besar burung cendet memiliki tabiat ogah mandi dalam karamba mandi. Itu sebabnya, pemilik cendet lebih sering memandikannya dengan cara disemprot. Burung predator kecil itu memiliki rasa takut terhadap air atau genangan air. Namun jika kita rutin melatih dan membiasakannya mandi dalam karamba, burung pun akan terbiasa dan tidak takut lagi dengan air. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat bagi Anda yang ingin membiasakan burung cendet mandi dalam karamba.

Melatih cendet mandi karamba
Melatih cendet mandi dalam karamba [pic: kicaumania.or.id].

Memandikan burung dalam karamba memang lebih efektif dan bisa membuat burung lebih bersih daripada menggunakan sprayer atau semprotan. Selain itu, memandikan burung dalam karamba juga membantunya membuang kotoran dan kutu-kutu yang ada di tubuh.

Sedangkan, jika kita sering / terbiasa memandikan cendet dengan sprayer dalam sangkar harian, maka kemungkinan besar kutu dan kotoran-kotoran tersebut akan kembali menempel pada tubuhnya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar burung mau mandi dalam karamba mandinya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Memancing cendet agar mau masuk karamba mandinya

Melatih cendet mandi
Melatih cendet mandi [pic:youtube]
Satu hal yang menyulitkan adalah membuat cendet mau meninggalkan sangkarnya, apalagi jika burung sudah jinak. Cara yang biasa dilakukan adalah menangkap menggunakan tangan, lalu memindahkannya pada karamba.

Untuk burung yang belum pernah menggunakan karamba, cara pertama yang bisa dilakukan adalah melatihnya agar mau masuk ke dalam karamba mandi.

Karena itu, pada pelatihan pertama kali ini, bak mandi tidak diisi dengan air terlebih dulu (dalam keadaan kosong).

Untuk membuat agar cendet mau masuk karamba mandi, atur pintu sangkar harian dan pintu karamba mandi dengan posisi saling berhadapan. Setelah itu, kedua pintunya dibuka dengan posisi kedua sangkar menempel agar tidak ada celah bagi burung untuk lepas dari sangkar.

Jika cendet tak mau berpindah dari sangkar ke karamba, Anda bisa memancingnya dengan menggunakan pakan favoritnya,  yaitu 1 ekor jangkrik atau ulat hongkong. Setelah burung mau masuk karamba, segera berikan pakan tersebut sebagai bentuk pembelajaran atau pelatihannya.

Yang penting, kita tidak berusaha menakut-nakuti burung agar mau keluar dari sangkar harian lalu masuk karamba mandinya. Sebab, hal ini tidak memberi manfaat atau pengertian kepada burung bahwa sangkar yang ada dihadapannya adalah sangkar khusus untuk mandinya.

Setelah terbiasa keluar-masuk karamba mandi, berikutnya adalah mengajari burung bahwa di karamba ini berisi air yang cukup melimpah yang bisa digunakan untuk mandi, dengan cara mengisikan bak mandinya dengan air secukupnya.

2. Memancing cendet agar mau mandi dalam bak mandinya

Cendet mandi karamba
Cendet mandi

Kesulitan lain yang biasa dihadapi adalah cendet tetap ogah-ogahan mandi, meski bak air di bawahnya telah berisi air yang cukup.

Apalagi jika burung cendet masih muda, biasanya ketakutan melihat kubangan air dalam jumlah banyak di sekelilingnya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melatihnya untuk sering keluar-masuk karamba mandi, dengan bak air terisi penuh selama beberapa waktu.

Misalnya memindahkan burung ke karamba mandi, lalu diberi pakan favoritnya yang diletakkan dalam air di bak mandinya. Lalu, biarkan burung untuk tenang dulu, sampai kemudian dipindah lagi ke dalam sangkar hariannya.

Jika cendet sudah anteng dalam karamba mandinya, usaha selanjutnya adalah memancingnya agar mau mandi, dengan cara memberikan penyemprotan halus sebanyak 3 – 5 kali semprotan pada bagian sayap, punggung, dan dadanya. Dengan begitu, burung akan terpancing untuk menyisir bulu-bulunya hingga rapi, kemudian tertarik mandi dalam air yang ada dalam bak mandi di bawahnya.

Membiasakan burung sejenis cendet mandi dalam karamba mandi memang bukan pekerjaan mudah dan memerlukan banyak waktu. Namun jika kita rutin membiasakannya, burung pun menjadi lebih terbiasa dan mulai menganggap karamba mandi sebagai kamar mandi sekaligus kamar riasnya.

Manfaat cendet yang terbiasa mandi dalam karamba adalah bulu-bulunya lebih sehat dan berkilauan. Burung pun cenderung lebih rajin berbunyi.

Selain itu, mandi dalam karamba juga bisa menjadi salah satu terapi bagi cendet yang memiliki kebiasaan salto. Sebab ketika mereka mencoba salto, maka kepala dan tubuhnya akan tercebur dalam air, sehingga langsung memberikan efek jera untuk tidak melakukan salto lagi.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.