Suara ciu kunyit, alternatif masteran untuk burung ocehan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung ciu kunyit / trilling shrike-babbler (Pteruthius aenobarbus) termasuk dalam keluarga Vireonidae. Ciu kunyit merupakan burung endemik di Pulau Jawa. Burung ini bisa ditemukan di wilayah Jawa bagian barat hingga Gunung Papandayan, serta beberapa lokasi di Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Suara kicauan terkadang dilagukan dengan speed rapat dan cepat. Karena itu, suara ciu kunyit bisa dijadikan alternatif masteran untuk burung ocehan Anda di rumah.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ciu kunyit
Burung ciu kunyit / trilling shrike-babbler.

Semula burung ciu kunyit dimasukkan sebagai salah satu subspesies / ras dari clicking shrike-babbler (Pteruthius intermedius), namun sekarang menjadi spesies tersendiri. Jika ciu kunyit merupakan burung endemik di Jawa, maka clicking shrike-babbler memiliki wilaya persebaran di Myanmar, Tiongkok, Thailand, Laos, dan Vietnam.

Burung berpenampilan cantik ini memiliki ukuran tubuh kecil,  dengan panjang 11 cm, atau seukuran pleci.  Tubuhnya berwarna cerah. Burung jantan memiliki warna coklat di bagian dahi, dagu, dan kerongkongan. Adapun tubuh bagian bawah kekuningan.

Burung betina memiliki tubuh bagian bawah yang berwarna keputihan, dengan warna cokelat hanya pada bagian dahi saja.

Jantan betina
Ciu kunyit jantan (kanan) dan burung betina di sebelah kiri.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Burung ciu kunyit tampak aktif pada tajuk-tajuk pohon dan semak-semak yang berada di hutan-hutan pegunungan. Mereka sering terlihat berbaur dengan burung jenis lainnya ketika mencari makanan yang berupa serangga, ulat, kupu-kupu, dan buah-buah berukuran kecil.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jika dilihat sepintas, terkadang orang bisa salah mengindentifikasi jenis burung ini. Sebab penampilannya mirip burung cipo atau sirtu. Bahkan jika melihat cincin putih yang melingkari matanya, tidak jarang orang beranggapan burung ini termasuk salah satu jenis dari burung kacamata alias pleci.

Penampilan ciu kunyit jantan
Penampilan burung ciu kunyit jantan.

Suara kicauan burung ciu kunyit terdiri atas tembakan-tembakan yang rapat, sebagaimana burung dari keluarga Vireonidae lainnya. Untuk bisa mendapatkan suara kicauannya, Anda tidak perlu repot-repot mencarinya di pasar burung, karena Om Kicau telah menyediakannya untuk Anda.

Berikut ini dua suara kicauan burung ciu kunyit yang bisa Anda jadikan masteran untuk momongan di rumah:

  • Suara kicauan burung ciu kunyit tembakan 1 | DOWNLOAD
  • Suara burung ciu kunyit yang sudah di edit  | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.