Video, audio, dan tips perawatan kenari Ajudan milik Om Satria Hendrawan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Selama tujuh bulan di tangan Om Satria Hendrawan, kicaumania asal Cirebon, kenari Ajudan sudah mengoleksi 28 trofi dan 56 piagam kemenangan dalam berbagai lomba burung berkicau. “Lima bulan aktif berlomba, dua bulan mabung,” kata Om Satria yang juga anggota Polri dari kesatuan Brimob.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ajudan merupakan kenari jenis F1YS. Om Satria Hendrawan membeli burung ini pada Oktober 2015. Sejak itu kenari Ajudan terus dilombakan hingga Januari 2016. Prestasi demi prestasi terus diraihnya, dengan meraih 23 trofi dan 38 piagam.

Kenari Ajudan
Kenari Ajudan andalan Om Satria Hendrawan dalam kandang umbaran.

Kenari Ajudan pernah mencetak double winner dalam even BnR Jalu BF Vaganza di Cirebon (27/12/2015), serta memenangi kontes Ronggolawe Pesta Ebod Joss (17/1).

Selanjutnya, kenari Ajudan memasuki masa mabung. Yang membuat Om Satria gembira, burung ini menjalani proses mabungnya relatif cepat, hanya sekitar 1 bulan.

“Sehabis mabung, saya berikan perawatan pascamabung selama satu bulan pula. Setelah itu kembali turun ke lapangan, tepatnya dalam even Launching BnR Indramayu, 20 Maret 2016. Hasilnya, Ajudan sukses meraih juara pertama,” tutur Om Satria.

Ketika tampil di BnR Indramayu, Om Satria tak hanya menurunkan kenari Ajudan, tetapi gaco lainnya seperti kenari Jakun. Jika Ajudan menjuarai Kelas Sentra Medika, maka kenari Jakun juara 1 di Kelas Balung BF dan juara 2 Kelas Tunas Baru.

Prestasi Ajudan pascamabung terus berlanjut. Dalam gelaran Copa Savero 4 di Cirebon, 10 April lalu, kenari Ajudan kembali meraih juara pertama, sekaligus turut mengantar Kadal Jaya BC meraih juara umum untuk kali ketiga.

Kadal Jaya BC
Kadal Jaya BC juara umum bird club dalam Copa Savero 4 di Cirebon (10/4).

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Berikut ini cuplikan video aksi kenari Ajudan andalan Om Satria Hendrawan:

Om Kicau kemudian mengkonversi video tersebut dalam format audio mp3. Ada dua versi di sini, yakni versi asli / original dan versi modifikasi (durasi lebih panjang):

Audio kenari Ajudan versi original

Audio kenari Ajudan versi panjang

Audio ini merupakan repetisi (3 x) audio versi original, sehingga terdengar lebih panjang, kemudian diberi jeda 20 detik.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Unduh video dan audionya di sini

Perawatan kenari Ajudan

Kenari Ajudan bisa dibilang jawara lintas-EO. Pasalnya, gaco ini sudah menjuarai even-even kemasan BnR, Ronggolawe, PBI, maupun EO independen.

Lalu, bagaimana kiat Om Satria Hendrawan merawat jagoannya ini hingga selalu stabil di jalur juara? “Sebenarnya, untuk perawatan hariannya sama seperti kenari-kenari lainnya. Hanya saja, burung ini saya masukkan kandang umbaran hampir full setiap hari,” jelas Om Satria.

Sebelum dimasukkan ke kandang umbaran, burung mesti mandi dan dijemur dulu. Penjemurannya dilakukan bersamaan dengan kenari-kenari lainnya, dijejer tanpa sekat. Artinya, Ajudan tiap hari bisa ketemu sesama kenari lainnya.

Kenari Ajudan
Kenari Ajudan dijemur bersama kenari lain tanpa sekat.

Perawatan lombanya juga tak rumit. Pagi hari sebelum lomba, burung diberi pisang. Kemudian satu sesi sebelum naik gantangan, burung diberi kroto sebanyak 5 butir.

Dengan perawatan sederhana seperti itulah, kenari Ajudan terus berprestasi di lapangan. Tiap pekan biasa mengikuti empat even lomba / latpres / latber. Tentu saja hal ini didukung kualitas genetiknya yang memang bagus.

Selain Ajudan, Om Satria Hendrawan masih memiliki amunisi-amunisi lainnya. Jenis kenarinya cukup beragam, mulai dari AF, AF Super (AFS), F1, hingga F2.

Sobat-sobat kenarimania yang ingin silaturahmi dengan Om Satria dapat mengontak beliau di nomor HP 0812 1400 8886 atau Pin BB 52a9d457.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.