Membuat pepaya kering untuk burung paruh bengkok

Buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin A, C, dan E pada pepaya cukup tinggi sehingga bisa menjadi antioksidan yang bermanfaat. Biasanya pepaya diberikan kepada burung dalam keadaan segar. Tetapi ada sebagian penggemar burung paruh bengkok (parrot) memberikan pepaya dalam bentuk kering. Kali ini Om Kicau ingin memberikan panduan mengenai cara membuat pepaya kering untuk burung paruh bengkok.

Buah pepaya kering untuk burung
Burung paruh bengkok sangat menyukai buah pepaya yang telah dikeringkan

Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, tidak hanya untuk manusia saja, tetapi juga baik untuk burung piaraan.

Pepaya memiliki kadar air dan gula yang cukup tinggi. Kalau dikeringkan, maka kandungan air akan menyusut sampai mendekati 0%. Akibatnya, bobot buah juga menyusut, tinggal 1/4 dari bobot semula atau ketika dalam kondisi masih segar.

Meski kandungan airnya menyusut drastis, kadar gula justru bertambah. Ketika pepaya kering diberikan kepada burung, maka burung akan mendapatkan makanan dengan kandungan gula dan kalori empat kali lebih banyak daripada buah pepaya segar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Apa tujuan pemberian pepaya kering? Terkait kadar gula dan kalori yang meningkat, tentu saja hal ini bisa membuat burung lebih aktif, lebih rajin bunyi.

Tetapi ada satu hal yang mesti diingat. Proses pengeringan pepaya akan membuat kandungan nutrisi lain hilang. Sebab proses pengeringan pepaya menggunakan panas cukup tinggi, yang bisa menghancurkan vitamin dan mineral tertentu.

Karena itu, pepaya kering tidak perlu diberikan setiap hari dan jangan dijadikan extra fooding (EF) tunggal. Porsi pemberiannya cukup 2-3 kali seminggu, dan ketika diberikan jangan sampai melupakan EF lainnya

Adapun cara penyajiannya bisa dicampur dengan pakan bijian, Bisa juga dimasukkan dalam wadah tersendiri, terutama untuk burung paruh bengkok berukuran besar seperti nuri atau kakatua.

Pepaya kering kini menjadi salah satu jenis pakan yang popular untuk semua jenis burung paruh bengkok. Bahkan pakan ini tersedia di toko pakan burung, baik dalam bentuk kalengan maupun kiloan.

Jika mau membuat sendiri, berikut ini panduan ringkasnya:

Pepaya kering untuk burung
Buah pepaya dipotong kecil-kecil, lalu dikeringkan menjadi pakan yang digemari burung parbeng.

Bahan baku yang dibutuhkan:

  • Buah pepaya.
  • Baki yang biasa digunakan membuat kue kering.
  • Oven untuk memanggang.

Proses pembuatan pepaya kering:

  1. Bersihkan buah pepaya pada air yang mengucur (langsung dari keran).
  2. Potong pepaya menggunakan pisau menjadi bentuk seperti dadu kecil.
  3. Letakkan potongan-potongan buah dalam baki.
  4. Panggang dalam oven dengan api sedang, atau dengan suhu sekitar 35 – 37 º Celcius selama 12 jam. Alternatif lain, jemur di bawah terik matahari, dengan catatan lokasi penjemuran terbebas dari serangga penyebar bakteri seperti lalat, tikus, atau binatang lainnya.
  5. Setelah kering, simpan pepaya kering di tempat yang bersih, kering, dan dalam wadah kedap udara. Lebih baik lagi disimpan di tempat gelap, misalnya dalam lemari makanan, karena cahaya dari lampu cenderung membuat warnanya berubah.
  6. Berikan kepada burung 2-3 kali seminggu,.

Pepaya kering ini bisa membantu burung lebih aktif, dan bisa merangsangnya menjadi rajin berbunyi, karena burung sangat menyukai rasa dan kerenyahannya.

Sekali lagi, selama pemberian pepaya kering, sebaiknya buah-buahan lainnya tetap diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.