Mengenal dan mengidentifikasi 16 jenis elang di Pulau Jawa

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

11. Elang alap jepang / japanese sparrowhawk

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Elang alap jepang (Accipiter gularis) merupakan burung raptor yang bermigrasi dari belahan utara bumi seperti halnya elang alap china. Umumnya mereka berkunjung ke Indonesia pada bulan Oktober – September hingga Desember.

Elang alap jepang merupakan burung atraktif, lebih gesit. dan lebih lincah daripada dua kerabatnya, yaitu elang alap besra dan elang alap jambul. Panjang tubuhnya hanya 27 cm.

Elang alap jepang
Burung elang alap jepang.

Spesies ini memiliki tubuh bagian atas berwarna abu-abu, ekor juga abu-abu dengan beberapa garis melingkar gelap. Dada dan perut merah-karat pucat, dengan setrip hitam sangat tipis di tengah dagu, setrip kumis tidak jelas. Iris kuning sampai merah, paruh biru abu-abu dengan ujung hitam, dan kaki kuning-hijau.

Burung betina memiliki tubuh bagian atas cokelat (bukan abu-abu), bagian bawah tanpa warna karat, bergaris-garis cokelat melintang rapat. Burung remaja memiliki banyak coretan di bagian dada, bukan garis-garis melintang. dan lebih merah-karat.

Elang alap jepang berburu di sepanjang pinggir hutan, di atas hutan sekunder, dan daerah terbuka. Biasanya mereka berburu dari tenggeran di pohon, tetapi terkadang terbang berputar-putar untuk mengamati tanah di bawahnya dengan cara terbang “kepak – kepak – luncur” yang khas.

Berikut ini penampilan elang alap jepang saat terbang:

Identifikasi elang alap jepang pada waktu sedang terbang
Penampilan elang alap jepang saat terbang.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sebelumnya | Berikutnya | Halaman Awal

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.