Lovebird Arum: Tiap hari full kerodong, mau lomba harus gigit jari pemiliknya

Lovebird Arum milik Om Yogi LV bisa dikatakan salah satu lovebird terbaik di Kalimantan Timur saat ini. Prestasinya stabil dan hampir selalu menjadi juara dalam even-even yang diikutinya. Uniknya, burung ini setiap hari full kerodong. “Seminggu cuma tiga kali buka kerodong, itupun hanya sekitar 10 menit,” kata Om Yogi.

Lovebird Arum
Lovebird Arum, salah satu burung terbaik di Kalimantan Timur.

Karena itulah, Om Yogi LV menyebut lovebird Arum sebagai burung yang bikin enjoy majikannya. “Meski perawatannya sangat simpel, tetapi selalu memberi saya trofi dan piagam,” ujarnya terkekeh.

Dikatakan sangat simpel karena sehari-hari lebih sering full kerodong. Selain itu, burung tak perlu mandi setiap hari. Hanya pada saat mau lomba saja dimandikan, dengan cara disemprot sedikit, dan tidak perlu sampai basah kuyup.

Setelah mandi semprot, burung dijemur sebentar sekitar 10 menit, lantas dikerodong lagi sambil nunggu sesi lomba dimulai

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pakan harian berupa canary seed dan milet putih. Untuk menetralkan birahinya, Om Yogi menyediakan sotong tebal setiap hari. Tetapi jika mau lomba, sotong dicabut pada hari Sabtu, diganti kangkung muda. Pada hari lomba, Minggu, cukup diberikan jagung muda.

“Yang unik dari lovebird Arum adalah kalau mau digantang ke peddock lomba. Saya harus menyetor jari dulu sampai berdarah. Tujuannya agar emosinya memuncak saat bertemu musuh-musuhnya. Tapi nggak apa-apa, karena burung pasti bocor. Bunyi terus tanpa jeda,” jelas Om Yogi.

Keunikan lovebird Arum
Jari Om Yogi selalu berdarah digigiti LB Arum setiap mau lomba.

Lovebird Arum memiliki isian sangat banyak, mulai dari cililin, pelatuk, suara burung gereja tarung, kapas tembak, cucak cungkok, serindit, dan kenari.

“Karena isiannya memang lengkap, lovebird Arum saya fungsikan juga sebagai burung master bagi cucak hijau dan kacer di rumah. Saya tidak punya burung master selain lovebird Arum. Jadi, malah efisien, he.. he..,” kata Om Yogi lagi.

Lovebird Arum
Lovebird Arum ketika berlomba di Muara Badak Cup, Kutai Kartanegara, 8 Juni 2014.

Kekhasan Arum, selain bocor, adalah suara ngekeknya yang panjang-panjang dan keras, dengan intonasi lagu naik-turun alias mengalun. Gayanya pun kerap mengundang perhatian juri untuk selalu melihat dan memantaunya dari dekat.

“Kalau sudah bunyi, Arum selalu nyeklek ke atas, seperti burung yang sedang ngerol,” ujar salah seorang pemantau lovebird, ketika menyaksikan penampilan Arum saat berlomba.

Yogi LV
Om Yogi LV (kanan) menerima trofi dari Wali Kota Bontang. Saat itu, Arum mnjadi lovebird terbaik dalam even Wali Kota Bontang Cup, November 2013.

Prestasi lovebird Arum

Berikut ini sebagian prestasi lovebird Arum sejak Juni 2013 hingga sekarang:

NAMA EVENJUARAPREDIKAT
ANGKASA BC MALANG1, 1, 3
SAWUNGGALING BC SURABAYA1, 1
PASOPATI BC SURABAYA1, 1
EXPREES BC SAMARINDA1, 1
POLDER AIR HITAM SAMARINDA1, 2
ROYAL CUP JAKARTA1, 3
KTM CUP BALIKPAPAN2
GOLDEN CUP SAMARINDA1, 2BURUNG TERBAIK
WALIKOTA BONTANG CUP1, 1, 3, 1, 1BURUNG TERBAIK
PAHLAWAN CUP BALIKPAPAN1, 1,BURUNG TERBAIK
PIALA KAPOLDA KALSEL  BANJARMASIN2, 3
GUBERNUR DKI CUP JAKARTA4
GEBYAR SAMARINDA CUP1
JHON LARIS CUP BALIKPAPAN1
GTS CUP III SAMARINDA3, 2
PIALA RAJA KUKAR  TENGGARONG1, 2BURUNG TERBAIK
PRIMA 212 CUP BONTANG4, 2
GREEN EAST BORNEO CUP 1 SAMARINDA3, 2, 1
EXPREES BC SAMARINDA1, 1BURUNG TERBAIK
AFDANY CUP 2 SAMARINDA2, 1, 2
WALIKOTA SAMARINDA CUP1, 1BURUNG TERBAIK
DENZIPUR CUP BALIKPAPAN1, 3
EBOD JAYA CUP SURABAYA5, 4, 3
MUARA BADAK CUP KUKAR1, 2
KPPBS CUP 1 SAMARINDA2

Meski gaconya sering juara, Om Yogi bukanlah kicaumania yang sok jumawa. Dia selalu merendah, dan sering meminta pendapat rekan-rekan sesama pemain mengenai penampilan Arum, dan apa yang mesti dibenahi jika kondisinya kurang top form.

Yogi LV
Om Yogi LV (topi putih) ketika mengantar LB Arum menjuarai even Royal Cup di Jakarta.

Dia juga tidak pelit bertukar fikiran dan informasi mengenai cara memilih dan merawat lovebird jawara. Bagi yang mau kontak, silakan hubungi nomor di bawah ini. (v1rgoboy)

Om Yogi LV

HP 0819 5391 2958 /  PIN BB 2a13c4df.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.