Kacer Batman dan kenari RX King nyeri di Ramadhan Cup Magetan

Budi Azerehe dan kawan-kawan tampak puas. Lomba Burung Berkicau Ramadhan Cup yang digelarnya di Gantangan Rocket BC, Pasar Lama Gorang Gareng, Magetan, berlangsung ramai dan lancar. Meski kontes digelar di Bulan Ramadhan, para kicaumania tetap bersemangat. Dua burung meraih hasil nyeri atau dua kali juara 1, masing-masing kenari RX King milik H Rihan Variza dan kacer Batman milik H Bayu.

H Rihan Variza merupakan tokoh kicaumania di Binuang, Kalimantan Selatan. Kenari RX King koleksinya merupakan jawara Piala Raja 2013. Selama ini, burung dititipkan di Jogja.

Dalam even Ramadhan Cup di Magetan, Minggu (13/7) lalu, kenari ini dibawa oleh Om Punky dan Om Anas Naswa. “RX King baru saja pulih dari mabung. Ini penampilan perdananya setelah berganti bulu. Penampilannya cukup bagus, sudah kembali lagi ke top form,” ujar Om Anas, yang diamini Om Punky.

Bahkan sejumlah peserta dari luar daerah juga datang ke kawasan yang sesungguhnya cukup jauh dari jalan utama Maospati – Madiun ini.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

RX King yang berlagu standar ini memiliki cengkok merdu. Durasinya panjang, dan volumenya tembus. Dua kali dimainkan, dua kali gelar juara pertama diraihnya.

Om Punky menambahkan, kenari RX King kini sedang disiapkan untuk menghadapi dua even besar, yaitu Kicau Mania Bersatu (KMB) Cup 2 yang diselenggarakan PBI Cabang Semarang, 10 Agustus 2014, serta Piala Raja 2014 di Pelataran Taman Candi Prambanan Jogja, 7 September mendatang.

Selain kenari RX King, gaco lain yang berhasil nyeri adalah kacer Batman milik H Bayu. Seperti biasanya, burung dikawal H Budi.

Kacer Batman sudah langganan juara. Bahkan dalam sebuah even di Solo beberapa waktu lalu, gaco ini pernah berbagi gelar juara 1 bersama kacer papan atas nasional: Adipati milik Mr Deko (Samarinda).

H Budi dan kacer Batman
H Budi bersama kacer Batman.

Dalam even Ramadhan Cup di Magetan, kacer Batman mengikuti semua (tiga) kelas yang dibuka panitia, dan menjuarai dua kelas, masing-masing Kelas VIP dan Sejati.

Batman nyaris mencetak hattrick. Sayangnya, di Kelas Bintang, burung ini harus puas di urutan kedua. Juara 1 diraih kacer Anaconda milik Tri Pratama SF (Balikpapan). Anaconda juga menjadi juara 2 Kelas VIP yang dimenangi Batman.

Mr Agung dan kacer Anaconda
Mr Agung: Kacer Anaconda juara 1 dan 2.

Anaconda yang dikendalikan Agung hanya turun dua kali. Gayanya anteng pada satu titik tangkringan, suaranya benar-benar tembus, dan mendapat banyak pujian dari sejumlah kacermania yang hadir dalam even ini.

Di kelas murai batu, Joker milik Joko Jatim (Pacitan) berhasil menjuarai Kelas Bintang dan juara 2 Kelas VIP. Kelas VIP dimenangi murai batu Bureng milik Wahyu Putra SF dari Ngawi.

Joko Jatim dan MB Joker
Joko Jatim berharap MB Joker makin stabil.

Joko berharap gaconya ini makin stabil.  Dia juga berencana lebih sering menurunkannya dalam lomba-lomba di Blok Tengah, khususnya di Solo, Semarang, dan Jogja. ”Di Solo, Joker sudah kerap tampil, dan hasilnya pun cukup memuaskan,” ungkap Joko.

Wahyu Putra dan murai batu Bureng
Wahyu Putra: Murai batu Bureng juara Kelas VIP.

Seperti di daerah lain, kelas lovebird menjadi salah satu primadona dan paling ramai peserta. Lovebird Gamen milik Dipo (Maospati) dan Inova milik Itong Soneo (Stasiun LB) tampil paling konsisten. Gamen menjuarai Kelas VIP, sedangkan Inova memenangi Kelas Bintang.

Cucak hijau Ken Arok juga makin bersinar prestasinya. Setelah sebelummya meraih juara 1 dan 2 dalam even di Ponorogo, kali ini menjuarai Kelas VIP.

“Ken Arok hanya turun sekali, Kelas VIP karena kehabisan tiket di kelas lainnya,” kata Awang Priyantoko, pemilik cucak hijau tersebut.

Toyo dan kawan-kawan dari Brajamusti Ngrambe juga meramaikan even ini, kendati belum meraih juara 1. Brajamusti bakal menggelar kontes kecil di Ngrambe, dan mengundang kawan-kawan kicaumania baik dari Jawa Timur maupun Jawa Tengah. (Waca)

Yoyo Brajamusti Team
Yoyo: Brajamusti Team siap gelar even di Ngrambe, Ngawi.
Cucak hijau Honda
Cinyo Po: Cucak hijau Honda tampil stabil.
Budi Ratnasari
Budi Ratnasari: Cendet Jim Joket belum tertandingi.

Hasil Lomba Ramadhan Cup Magetan (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.