Download kicauan merdu burung-burung biduan malam

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Selama ini nightingale dikenal sebagai burung yang aktif bernyanyi di tengah malam, meski pada siang hari mereka juga tetap bernyanyi. Selain nightingale, ada beberapa spesies burung berkicau yang juga dijuluki burung-burung biduan malam. Berikut ini beberapa audio suara kicauan merdu biduan-biduan malam yang bisa Anda dengar dan unduh.

Selain nightingale, ada beberapa jenis burung yang juga aktif berkicau pada malam hari dengan suara merdunya
Selain nightingale, ada beberapa spesies burung yang juga aktif berkicau pada malam hari.

Burung yang lebih aktif di malam hari dikenal sebagai burung nokturnal. Contohnya burung hantu. Adapun sebagian besar burung aktif pada saat hari terang, atau biasa disebut burung diurnal.

Meski demikian, tidak semua burung diurnal tidak mampu berkicau pada malam. Bukankah kita juga sering mendengar kicauan murai batu pada malam hari? Bahkan di Malaysia, lomba murai batu kerap digelar pada malam hari.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Di alam liar, sebagian besar burung diurnal jarang sekali berkicau pada malam hari. Namun ada beberapa di antaranya yang tetap aktif berkicau pada malam hari, antara lain:

Beberapa spesies burung di atas pernah dikupas Om Kicau, antara lain:

A. Burung nightingale, cek artikelnya di sini:

B. Burung northern mockingbird, cek artikelnya di sini:

Untuk menambah pengetahuan kita, berikut ini informasi mengenai burung-burung lainnya yang aktif bernyanyi pada malam hari.

1. Burung robin eropa / european robin (Erithacus rubecula)

Robin eropa
Burung robin eropa juga aktif berkicau pada malam hari

Robin eropa / european robin (Erithacus rubecula) merupakan burung kicauan berukuran kecil yang banyak ditemukan di seluruh wilayah Eropa. Bagian wajah hingga dada berwarna oranye kemerahan, punggung dan sayap cokelat-zaituan, dan perutnya putih.

Burung robin eropa memiliki hubungan kekerabatan dengan burung robin di sejumlah kawasan. Di Jepang kita mengenal ryuku robin , sedangkan di China ada pekin robin yang juga sangat popular di Indonesia.

Robin eropa termasuk spesies burung yang unik, karena mereka akan mempertahankan wilayah kekuasaannya (teritori) selama setahun penuh. Selain itu, burung jantan akan menyerang burung lain yang kebetulan memiliki bulu berwarna merah terang.

Burung robin eropa
Robin eropa sering adalah menyerang burung lain yang berwarna merah.

Suara kicauannya cukup merdu dan sering dilantunkannya pada tengah malam. Kebiasaan bernyanyi di malam hari sangat berkaitan dengan kondisi lingkungan yang cukup berisik pada siang hari, sehingga burung merasa lebih tenang berkicau pada malam hari, sehingga akan terdengar jelas di seantero wilayah.

Nyanyian malam burung robin eropa ini umumnya untuk mengungkapkan penandaan wilayah kekuasaannya, menarik perhatian burung betina, atau sekadar menunjukkan kondisinya yang sehat / fit.

Berikut beberapa suara kicauan burung robin eropa yang bisa Anda dengar atau download:

  • Suara kicauan robin eropa tengah malam variasi 1
  • Suara kicauan robin eropa tengah malam variasi 2

Download kicauan burung robin eropa (klik di sini)

Anda juga bisa mengunduh audio multiguna, berupa enam paduan suara burung nightingale dan robin eropa. Silakan klik tautan di bawah ini:

Audio multiguna: 6 Paduan suara burung nightingale dan robin eropa

2. Burung blackbird / common blackbird (Turdus merula)

Burung blackbird
Blackbird dikenali dari tubuhnya yang hitam serta paruh dan lingkar mata yang kekuningan.

Common blackbird (Turdus merula) atau biasa disebut burung blackbird termasuk anggota keluarga Turdidae. Tubuhnya yang berwarna hitam mengingatkan kita pada burung anis gading yang kerap menemani perjalanan para pendaki, khususnya di Gunung Lawu.

( baca juga: Burung anis gading dan mitos di Gunung Lawu )

Blackbird umum ditemukan di Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Burung dengan bulubulu berwarna hitam ini pun mulai diintroduksi ke Australia sejak tahun 1850, dan sempat dianggap sebagai burung hama karena merusak lahan pertanian setempat.

Sebagaimana burung robin eropa, nightingale, dan mockingbird, burung hitam dengan paruh dan lingkar mata berwarna kuning ini sebenarnya merupakan burung diurnal, atau burung yang aktif pada siang hari, tapi kerap berkicau pula pada malam hari.

Berikut ini suara kicauan burung blackbird yang dilantunkan pada tengah malam:

  • Suara kicauan blackbirds variasi 1
  • Suara kicauan blackbirds variasi 2

Download kicauan burung blackbird (klik di sini)

3. Song thrush dan mistle thrush 

Song thrush (Turdus philomelos) dan Mistle Thrush (Turdus viscivorus)
Burung song thrush (kiri) dan mistle thrush.

Song thrush (Turdus philomelos) juga termasuk anggota keluarga Turdidae. Spesies ini dapat ditemukan di seluruh kawasan Eurasia, mulai dari Eropa hingga Asia Baratdaya.

Sebagaimana blackbird, song thrusj juga telah diintroduksi di Australia. Populasinya di beberapa negara mulai mengalami penurunan akibat lahan pertanian yang terus berkembang dan merusak habitat mereka.

( baca juga: Kumpulan audio kicauan burung song thrush )

Sebuah penelitian menyebutkan adanya keterkaitan antara song thrush dan kerabat terdekatnya, mistle thrush (Turdus visivorus) dan chinese thrush (Turdus mupinensis). Mistle thrush merupakan spesies burung yang umum ditemukan di Eropa , Asia, dan Afrika Utara.

Song thrush dan mistle thrush sama-sama aktif bersenandung pada malam hari. Suaranya cukup merdu dan bervariasi. Burung ini pun memiliki kemampuan mimikri atau meniru suara burung lainnya dengan cukup baik.

Berikut ini suara kicauan burung song thrush dan mistle thrus yang bisa dimanfaatkan untuk memaster burung anis merah atau anis kembang:

  • Suara kicauan song thrush variasi 1
  • Suara kicauan song thrush variasi 2
  • Suara kicauan mistle thrush variasi 1
  • Suara kicauan mistle thrush variasi 2

Download kicauan song thrush & mistle thrush  (klik di sini)

Itulah beberapa burung biduan malam, semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. Wah, terima kasih banyak Pak. saya akan mendownload beberapa suara burung yang ada di post ini untuk nada panggil hp saya
    Sukses buat Omkicau.com

Komentar ditutup.