Kacer hitam Rembo terbaik di Proklamasi Cup I Samarinda

Kacer hitam Rembo, milik dua kakak-beradik Fahrul dan Didi (Pelangi BC), menjadi burung terbaik dalam Lomba Burung Berkicau Proklamasi Cup I di Polder Air Hitam Samarinda, Minggu (24/8). Selain menjuarai dua kelas kacer hitam, Rembo juga memenangi kelas kacer campuran dengan mengalahkan sejumlah kacer poci papan atas di Kalimantan Timur.

Kapten Herry
Kapten Herry (kaos hijau) bersama para personel Panitia Proklamasi Cup I Samarinda.

Even Proklamasi Cup I ini digawangi tokoh perburungan Kaltim seperti Kapten Herry selaku penanggungjawab lomba, Afdani (Agrobur Biro Kaltim) sebagai ketua panitia, dan beberapa Team Polder Air Hitam selaku pelaksana lomba.

Secara umum lomba berjalan meriah. Juri-juri yang bertugas didatangkan dari Jawa, empat di antaranya juri Gantangan Dewa 99 Sidoarjo yang dikomandani oleh Om Bambang Dewa selaku korlap.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain dihadiri pada peserta dari Samarinda, sejumlah pemain dari daerah lain di Kaltim juga berdatangan, seperti Balikpapan, Tenggarong, Bontang, Sangatta, dan lain sebagainya.

Om Budi BBS juga datang. Selain silaturahmi dengan rekan-rekan kicaumania di Samarinda, kehadirannya sekaligus untuk mensosialisasikan even BBC Cup I di Balikpapan, Minggu, 14 September 2014.

Kacer Rembo raih kemenangan hattrick

Di kelas kacer, panitia membuka tiga kelas kacer poci, tiga kelas kacer hitam, dan dua kelas campuran (poci dan hitam).

Prestasi mengesankan diraih kacer hitam Rembo. Gaco milik kakak-beradik Fahrul dan Didi  ini menjadi burung terbaik setelah dua kali juara 1 di kelas kacer hitam, serta menjadi juara 1 dan 2 di kelas campuran, dengan mengalahkan sejumlah kacer poci (dada putih) terbaik di Kalimantan Timur.

Kru kacer hitam Rembo
Kru kacer Rembo: (dari kiri) H Taufik, Saiful, Fahrul, dan Didi.

Bukan kali ini saja Rembo melakukan pembuktian bahwa kacer dada hitam, spesies lokal di Kalimantan, mampu memenangi pertarungan melawan kacer dada putih yang berhabitat di Jawa dan Sumatera.

Dalam even Wali Kota Cup Samarinda, yang berlangsung di tempat yang sama 11 Mei lalu, kacer Rembo juga mencetak kemenangan hattrick dan menjadi kacer terbaik saat itu.

Menurut H Taufik, ayah Fahrul dan Didi, kacer Rembo memang sudah dipersiapkan untuk mengikuti even ini. “Bahkan burung ini cukup lama diistirahatkan dari lomba,” ujarnya.

Yang menarik adalah tampilnya kembali Alken, cucak hijau jawara, namun sudah lama tak terlihat di lapangan. Dalam Proklamasi Cup I, burung ini kembali bersinar, bahkan menjadi cucak hijau terbaik, setelah meraih double winner plus juara 2 dan 4.

Om Awie dan cucak hijau Alken.
Om Awie bersama cucak hijau Alken.

“Awalnya saya tidak yakin kalau Alken bakal menjadi burung terbaik. Tetapi makin lama kok nafsu bertarungnya makin menjadi-jadi. Sejak itulah saya yakin burung ini bakal juara,” kata Om Awie, pemilik Alken.

Di kelas murai borneo, lagi-lagi Kenzo menjadi burung terbaik. Gaco andalan milik H Fitri BKS (Pelangi BC) ini meraih kemenangan hattrick dan sekali juara 2.

H Fitri BKS Samarinda
H Fitri BKS: Kenzo kembali jadi MB terbaik.

Persaingan sengit terjadi di kelas lovebird yang terdiri atas lima sesi. Tak ada seekor burung pun yang menjuarai lebih dari satu sesi. Gelar juara pun dibagi rata untuk Bombardier, RCF, Astro Boy, Wonder Woman, dan Dewi Praya.

Dalam penghitungan total poin, tiga burung memiliki nilai yang sama, yaitu RCF, Astro Boy, dan Wonder Woman. Mau tak mau, penentuan lovebird terbaik dilakukan melalui tos. Kali ini lovebird RCF milik Suhartoyo / Kancil (Trisari Samarinda) lebih beruntung.

Om Budi BBS
Om Budi BBS (kanan) siap gelar BBS Cup di Balikpapan, 14 September 2014.

Kenari Sekar Langit milik EQ tampil menawan dengan menjuarai dua kelas dan sekali juara 2. Sekar Langit pun dinobatkan sebagai burung terbaik.

Gelar cender terbaik menjadi milik Killer, gaco andalan Mr Deko (Pelangi BC), yang meraih double winner dan sekali juara 4.

Di pengujung acara, panitia mengumumkan Pelangi BC Samarinda sebagai bird club terbaik, dan Tani Jaya SF Balikpapan sebagai single fighter terbaik.

Pelangi BC
Pelangi BC tampil sebagai bird club terbaik.

Kapten Herry selaku penanggungjawab acara dan Afdani selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih atas kehadiran sobat kicaumania di Kaltim. Tak lupa keduanya mohon maaf jika masih ada kekurangan di sana-sini. (v1rgoboy)

Juri lomba Proklamasi Cup I
Juri lomba Proklamasi Cup I, dengan korlap Om Bambang Dewa (berdiri, kanan).

BURUNG, BC, DAN SF TERBAIK

KACER TERBAIKREMBOFAHRUL/DIDI PELANGI BC
CUCAK HIJAU TERBAIKALKEN LAMASIA BC
MURAI BORNEO TERBAIKKENZOFITRI BKS
LOVEBIRD TERBAIKRCFKANCIL {BHIMEX SF)
KENARI TERBAIKSATRIA LANGITE-Q (SMD)
CENDET TERBAIKKILLERMR.DEKO (PELANGI BC)
BIRD CLUB TERBAIKPELANGI BC
SINGLE FIGHTER TERBAIKTANI JAYA SF
Para pemilik burung terbaik
Para pemilik burung terbaik di Proklamasi Cup I Samarinda.

Hasil Lomba Proklamasi Cup I Samarinda:

KACER | CUCAK HIJAU | MURAI BORNEO | LOVEBIRD | KENARI & PLECI | KELAS LAIN

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.