Wali Kota Cup Samarinda: Kacer hitam Rembo dan MB Morena burung terbaik

Rembo dinobatkan sebagai kacer terbaik dalam Lomba Burung Berkicau Wali Kota Cup di Polder Air Hitam Samarinda, Minggu (11/5) lalu. Jagoan milik Fahrul / Didi dari Pelangi BC ini mencetak hattrick di kelas kacer hitam, serta juara 4 dan 5 di kelas bebas (campuran kacer hitam dan poci). Gelar murai borneo terbaik diraih Morena, gaco andalan milik H Tara dari Pancasila SF. Morena meraih dua kali juara 1, serta sekali juara 2 dan 5.

Lomba Burung Wali Kota Cup Samarinda
Wali Kota Samarinda H Syaharie Jaang SH MSi membuka lomba dengan penggantangan burung secara simbolis.

Even Wali Kota Cup Samarinda yang dikemas Mr Ming ini berlangsung sukses, diikuti 1.157 peserta. Gaco-gaco yang tampil pun cukup berbobot, bahkan langanan juara di Kalimantan Timur, sehingga persaingan sengit terjadi di sejumlah kelas.

Lomba bergengsi ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Samarinda H Syaharie Jaang SH MSi. Setelah memberikan sambutan, Pak Wali pun membuka lomba tepat pukul 10.00 WITA, ditandai dengan penggantangan burung secara simbolis.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Langit di atas Samarinda terlihat cerah. Kru panitia yang dikomandani Mr Edi Polder dan H Andung pun terlihat lega. Para pemain juga lebih tenang dalam mengawal dan memantau jagoannya.

Kacer Rembo milik Fahrul / Didi memang tampil perkasa. Turun tiga kali di kelas kacer hitam, jagoan ini tak terkalahkan dan sukses mencetak hattrick.

Prestasi serupa nyaris diikuti Terlena, kacer poci milik H Budi (BBS SF). Burung ini sukses menjuarai Kelas Kacer Poci Wali Kota dan Kelas Kacer Poci Wawali. Sayangnya di Kelas Kacer Poci Hijau, Terlena hanya menjadi juara ketiga, sehingga harus puas dengan raihan double winner. Kelas ini dimenangi Simbada milik Muara Badak SF.

Selama ini, kacer dada hitam memang menjadi ikon di Kalimantan. Tetapi seiring berjalannya waktu, banyak sekali kacer dada putih (poci) yang masuk ke Kalimantan Timur.

Itu sebabnya, Panitia Wali Kota Cup Samarinda sengaja membuka tiga kelas khusus kacer hitam dan tiga kelas khusus kacer poci. Selain itu, panitia juga membuka Kelas Kacer Bersih A/B yang bisa diikuti kacer hitam maupun poci.

Sebagian kacermania beranggapan kacer poci lebih joss ketimbang kacer hitam, meski faktanya tidak selalu demikian. Ini sudah dibuktikan dalam gelaran Piala Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) di Amuntai, Kalsel, ketika kacer hitam mampu mengalahkan kacer poci.

Dalam Wali Kota Cup Samarinda, dua kelas campuran kacer hitam dan poci berlangsung seru. Kelas Bersih A dimenangi Simbada yang merupakan kacer poci, diikuti kacer hitam Magick milik Dwi PJM. Namun Kelas Bersih B didominasi kacer hitam. Bahkan juara 1-4 pun dimenangi kacer hitam, masing-masing Magick (juara 1), diikuti Dia Lagi milik R Jati (BKB BC), Petir milik Habib Fikri (Pelangi BC), dan Rembo.

Satu-satunya kacer poci yang mampu menembus lima besar di Kelas Bersih B adalah Super Bejo milik Slamet BnR dari Muara Badak SF.

Duet Fahrul dan Didi
Duet Fahrul dan Didi, pemilik Rembo, kacer dada hitam.

Gelar kacer terbaik pun dinobatkan kepada Rembo, kacer dada hitam, sebab mengumpulkan poin banyak dari hasil 3 kali juara 1, serta sekali juara 4 dan juara 5. Fahrul dan Didi, pemilik Rembo, nggak menyangka gaconya menjadi kacer terbaik.

“Sejak awal lomba sudah degdegan, bisa nggak ya Rembo juara. Ternyata bisa menang hattrick, serta menjadi kacer terbaik. Plong rasanya,” kata Fahrul.

Jago H Tara moncer di kelas murai

Selama ini, H Tara (Pancasila SF) dikenal sebagai pemain kenari. Namun melihat serunya kelas murai borneo, dia mulai kepincut dan menambah amunisinya dengan membeli Morena.

Ternyata tidak sia-sia, gaco anyarnya sukses menjuarai dua kelas, sekali runner-up, dan sekali juara 5. Yang lebih membanggakan lagi, Morena juga dinobatkan sebagai murai borneo terbaik dalam kontes Wali Kota Cup Samarinda ini.

H Tara - Pancasila SF
H Tara (Pancasila SF) sukses di kelas murai borneo melalui Morena.

Hari itu H Tara tampak sumringah. Selain sukses di kelas murai, beberapa kenarinya juga moncer. Brondong, misalnya, dua kali menjadi runner-up. Lexus dan Yakuza juga masuk daftar juara.

Lovebird Arum milik Yogiani Aditya, alias Yogi LV, menjuarai dua kelas. Tidak heran jika Arum terpilih sebagai lovebird terbaik dalam gelaran kal ini. Sebelumnya, burung ini juga menjadi juara 1 dan dua kali runner-up dalam even Afdani Cup 2.

Lovebird Arum
Lovebird Arum milik Yogi LV dinobatkan sebagai burung terbaik.

Arum memang langganan juara di Kalimantan Timur. Bahkan beberapa kali menjuarai even di Jawa, termasuk di Jakarta.

Rencananya, Om Yogi akan menurunkan Arum dalam even Ebod Jaya Cup di Surabaya, 1 Juni 2014. “Insya Allah, kalau tidak ada halangan, ingin bertemu sekalian silaturahmi teman-teman kicaumania di Surabaya. Lovebird Arum saya bawa sekalian,” tukas Om Yogi.

Pelangi BC
Dominasi Pelangi BC belum tertandingi di Kaltim, dan kembali menjadi BC terbaik.
BBS Handil SF
BBS Handil SF menjadi juara umum single fighter.

Mr Ming mewakili panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak, termasuk dari Pak Wali dan jajarannya, juga kepada semua peserta, sehingga even ini berlangsung meriah. “Mohon maaf jika masih ada kekurangan di sana-sini,” kata Mr Ming, didampingi Om Edi Polder. (v1rgoboy)

BURUNG TERBAIK DAN BC / SF TERBAIK

KACER TERBAIKREMBOFAHRUL/DIDI (PELANGI BC)
CUCAK HIJAU TERBAIKCASINOJNJ (LAMASIA BC)
MURAI BORNEO TERBAIKMORENAH.TARA (PANCASILA SF)
LOVEBIRD TERBAIKARUMYOGI LV (YOGI SF)
KENARI TERBAIKMARLENAH.BUDI (BBS SF)
CENDETBARERAH.BUDI (BBS SF)
BIRD CLUB TERBAIKPELANGI BC
SINGLE FIGHTER TERBAIKBBS SF
Lomba Burung Wali Kota Cup Samarinda
Wali Kota Samarinda H Syaharie Jaang SH MSi memberikan sambutan.
Lomba Burung Wali Kota Cup Samarinda
Penyerahan SKT Pengukuhan KPPBS.
Lomba Burung Wali Kota Cup Samarinda
Om Andung (kanan) menyerahkan doorprice sepeda motor, sumbangan dari dari Penasihat KPPBS H Trihantoro.
R Jati BKB BC
R Jati (BKB BC) sukses bersama kacer Dia Lagi.
Lamasia BC
Lamasia BC dengan kostum terbaru.
Muara Badak BC
Muara Badak BC

Hasil Lomba Wali Kota Cup Samarinda (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.