Perawatan simpel Wolverine, kacer terbaik di Kapolda Cup Jabar

Jauh-jauh melawat ke Bandung, kru Yusuf Putra IMI dari KMP Pati memetik hasil sangat memuaskan. Berlaga dalam even akbar Kapolda Cup Jabar di Bandung, Minggu (24/4) lalu, kacer Wolverine milik Om Yusuf sukses menjuarai kelas utama Bhayangkara, serta juara 3 Kelas Ebod Vit.

Kacer Wolverine
Kacer Wolverine, juara kelas utama dalam even Kapolda Cup Jabar di Bandung, Minggu (24/8).

Dalam even Kapolda Cup Jabar, kelas paling bergengsi (Kapolda) hanya melombakan murai batu. Panitia membuka tiga sesi kacer, yaitu di Kelas Bhayangkara, Ebod Vit, dan E-Bodre.

Selama berlomba di Bandung, kacer Wolverine dikawal kru Om Yusuf yang dipimpin Om Fandi yang sehari-hari dipercaya merawatnya. Hasilnya sangat menggembirakan, karena kelas utama berhadiah Rp 10 juta bisa dibawa pulang ke Pati.

Kemenangan ini menjadi bekal penting bagi Om Yusuf untuk menurunkan kembali kacer Wolverine dalam Piala Raja di Jogja, 7 September 2014. Kelas kacer bakal panas, karena sejumlah jawara papan atas di Tanah Air dipastikan tampil, seperti Rincong Aceh, Adipati, Hipnotis, dan Speed Racer.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Yusuf Putra IMI
Yusuf Putra IMI siap turunkan Wolverine ke Piala Raja 2014.

Sebelumnya, kacer Wolverine juga pernah mengikuti dua even akbar di Ibu Kota, yaitu Presiden Cup III (juara 3) serta Royal Cup 2014 (juara 4 dan 6). Dalam even Royal Cup, 10 Agustus lalu, sebenarnya Wolverine masih bisa meraih koncer. Sayangnya saat tos-tosan, karena nomor gantangannya besar, burung ini harus puas berada di urutan keempat dan keenam.

Tonjolan LB dan jenggot, dengan speed rapat

Kacer Wolverine memiliki keunggulan pada speed yang rapat, dengan tonjolan materi lagu lovebird dan cucak jenggot. Kalau sudah bertarung, burung ini akan membuka mulutnya lebar-lebar seperti mau sobek, dengan kedua sayap mengembang, sambil sesekali geser di atas tangkringan.

Kualitas materi dan kinerjanya yang mumpuni membuat sejumlah pemain kacer kepincut meminang Wolverine. Namun, sejauh ini, Om Yusuf Putra IMI belum berniat menjualnya. “Di lapangan memang banyak yang tanya, tapi bos belum mau melepasnya, masih ingin dimainkan sendiri,” kata Om Fandi.

Wolverine resmi menjadi milik Om Yusuf ketika tampil dalam even Gebyar Tutup Tahun IKPBS di Solo (29/12/2013). Saat itu menjadi runner-up, setelah Hipnotis milik Bambang Honda yang meraih hasil nyeri.

Gaco ini dulu bernama Family, milik Om Fahmi Jogja, yang perawatannya juga dipercayakan kepada Om Fandi. Setelah dibeli Om Yusuf, perawatannya pun tetap dipercayakan kepada Om Fandi.

Family sendiri diperoleh Om Fahmi, dua tahun lalu, dalam latberan di Pasar Pasthy Jogja. Setelah itu sering dilombakan di berbagai ajang dan sering meraih juara.

Selama di tangan Om Fahmi, kacer Family alias Wolverine pernah juara 3 dan 4 dalam kontes Bupati Pacitan (29/9/2013), juara 3 Magetan Beauty of Java di Sarangan (27/10/ 2013), juara 1 Danbrig Kostrad Palur Solo (15/12/2013), serta juara 2 dan 4 Pemilu KM di Jakarta, 22 Desember 2013.

Selain bakal diturunkan dalam even kolosoal Piala Raja (7/9), kacer Wolverine juga siap tampil dalam  even Dandim Cup Indramayu, 21 September mendatang.

Perawatan simpel kacer Wolverine

Fandi, perawat kacer Wolverine
Om Fandi, mekanik andalan kacer Wolverine.

Agak berbeda dari kacer lainnya, Wolverine sehari-hari membutuhkan mandi hingga dua kali, yaitu pagi (07.30) dan sore (15.00). Selebihnya, perawatan hariannya relatif simpel.

“Pakan hariannya ya cuma voer dan jangkrik. Jangkrik pun hanya dua ekor pada pagi hari, dan dua ekor lagi pada sore hari. Wolverine sama sekali tidak pernah diberi kroto,” kata Om Fandi.

Begitu simpelnya, burung juga tidak pernah mengenal kandang umbaran (polier) yang diyakini oleh sebagian pemain sangat penting dalam mendongkrak stamina dan daya tahan burung di lapangan. Ini sekadar menegaskan ulang, bahwa kemanfaatan kandang umbaran sangat relatif.

“Ya, Wolverine tidak pernah masuk kandang umbaran. Sehari-hari hanya disimpan dalam sangkar hadian,” jelas Om Fandi.

Setelah mandi, jemur, dan menyantan menu pagi, burung langsung dikerodong. Om Fandi baru akan membuka kerodong sore hari, saat memberikan perawatan seperti mandi dan memberi jangkrik.

“Setelah itu ya dikerodong lagi. Begitu seterusnya. Kalau mau lomba, hari Jumat biasanya diberikan buah pepaya,” tandasnya. (Waca)

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.