Burung akan menyamarkan sarang untuk hindari predator

Sebuah penelitian terbaru mengenai perilaku burung dilakukan para ilmuwan Universitas St. Andrews, Inggris. Dalam riset ini, mereka menemukan bukti bahwa burung akan menyamarkan sarangnya, menggunakan bahan-bahan sarang yang mempunyai  warna serupa dengan lingkungan di sekitar sarang. Tujuannya tentu untuk menghindari hewan-hewan predator.

sarang burung
Pipit zebra akan memilih bahan sarang yang sesuai dengan lingkungan sekitar sarang.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menempatkan beberapa pasang burung pipit zebra (zebra finch) di dalam sangkar yang berlainan warna. Selanjutnya, mereka memberikan beberapa potongan kertas yang terdiri atas dua warna untuk dipilih pipit zebra ketika akan membuat sarang.

Berdasarkan pengamatan, sebagian besar burung finch memilih potongan kertas yang memiliki warna yang sama dengan warna kandang yang ditempatinya. Hal itu menunjukkan burung secara aktif memilih bahan sarang sesuai dengan warna lingkungan tempatnya bersarang, dan dengan sengaja mengkamuflase tempat bersarangnya agar tidak mudah terlihat oleh predator.

Dalam beberapa penelitian sebelumnya disebutkan, burung akan memindahkan sarangnya ketika melihat predator berada di dekat lingkungan sarangnya. Namun yang telah ditemukan para peneliti dari Universitas St. Andews mengungkap bukti lain, bahwa burung juga melakukan cara-cara lebih pintar dan halus untuk mencegah predator menemukan sarangnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Seperti manusia, burung pun tidak sembarangan memilih bahan berwarna untuk membangun sarangnya. Mereka akan menghindari warna-warna yang akan berbeda dari lingkungannya. Dengan mengetahui hal ini, bisa memberikan gagasan yang lebih baik tentang bagaimana burung secara aktif mengurangi kemungkinan predator menemukan sarangnya,” kata Dr Ida Bailey, yang dipercaya menjadi penulis laporan hasil penelitian itu.

Sarang burung
Burung sengaja menyamarkan sarang agar terhindar dari serangan predator.

Hasil penelitian ini juga telah dipublikasikan dalam Jurnal Ornitholog yang diterbitkan American Ornithologists’ Union. Selain membangun sarang dengan bahan-bahan yang warnanya sesuai dengan lingkungannya, burung pun mempunyai beberapa perilaku unik saat bersarang. Silakan cek artikel berikut ini:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.