Mengatasi burung yang berubah liar setelah ganti tenggeran

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Banyak kicaumania yang mengeluhkan burung piaraanya berubah menjadi liar (gerabakan, ketakutan) setelah tenggeran / tangkringannya diganti. Sobat kicaumania lainnya juga mengeluhkan hal yang sama, ketika hendak menambah tenggeran di dalam sangkar. Bagaimana mengatasi burung yang berubah liar setelah ganti tenggeran

Ranting pohon

Ketika kita mengubah model tenggeran, misalnya dari tenggeran tunggal ke tenggeran ganda, maupun dari posisi sejajar ke posisi menyilang dan / atau bertingkat, terkadang burung yang ada di dalamnya mengalami perubahan perilaku.

Perubahan perilaku ini bisa mengarah menjadi lebih baik (misalnya lebih anteng / nagen), namun bisa juga sebaliknya, yaitu burung menjadi liar, gerabakan, mudah panik, dan sering ketakutan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung-burung petarung seperti cendet, kacer, atau murai batu sering mengalami hal seperti itu ketika kita tak mencermati suasana hatinya.

Masalah ini seringkali dianggap sepele, sehingga tidak sedikit pula yang membiarkannya dengan harapan burung nantinya akan terbiasa dan tidak ketakutan lagi dengan tenggeran barunya.

Sebenarnya membiarkan burung dalam kondisi seperti itu bisa memperburuk keadaan. Bahkan, burung pun mudah terluka terutama pada bagian kaki, sayap, dan paruhnya.

Luka itu biasanya terjadi akibat burung  menabrak jeruji sangkar maupun aksesoris di dalam sangkar. Selain menyebabkan luka, bulubulu burung juga mudah rusak dan copot.

Burung yang berubah liar setelah ganti tenggeran menandakan ada yang tak beres pada tenggeran, sehingga burung merasa tak nyaman dengan peranti baru tersebut. Misalnya, diameternya kurang sesuai dengan cengkeraman kakinya, bentuk dan tekstur kayu membuatnya tak nyaman, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa tips saat akan mengganti atau menambah tenggeran agar burung merasa aman dan nyaman:

  • Sebelum memasang atau menambah tenggeran, sebaiknya burung dipindahkan dulu ke dalam sangkar lain atau ke karamba mandinya. Setelah tenggeran terpasang rapi, burung bisa dipindah lagi ke dalam sangkar hariannya.
  • Ketika memasang tenggeran pada posisi di atas, baik sejajar maupum  silang, sebaiknya tempat pakan dan wadah air minum dipindah ke posisi tenggeran yang baru. Dengan demikian, burung menjadi terbiasa dan tak mudah takut.
  • Jika burung tetap gerabakan dan ketakutan dengan tenggeran barunya, maka solusi terakhirnya adalah menyerut / membuang kulit tenggeran atau mengganti dengan tenggeran lain yang mempunyai tekstur lebih halus tetapi nyaman saat dicengkeram.

Referensi lain mengenai tenggeran / tangkringan / pangkringan:

  • Teng

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.