Cucak hijau Marcues nyaris pentatrick di HUT Polairud Balikpapan

Cucak hijau Marcues nyaris mencetak pentatrick dalam Lomba Burung Berkicau HUT Ke-64 Polairud di Mako Dit Polair Polda Kaltim, Jl AW Syahrani Somber, Balikpapan, Minggu (23/11).  Gaco milik Om Herry (Tenggarong) empat kali juara 1, dan sekali runner-up.

Lomba Burung HUT Polairud Balikpapan
Suasana kelas cucak hijau dalam HUT Polairud, Balikpapan, Minggu (23/11).

Gelaran HUT Polairud merupakan agenda tahunan, dan salah satu even yang ditunggu-tunggu sobat kicaumania di Kalimantan Timur. Lomba terdiri atas 35 kelas, dan diikuti 1.024 peserta.

Para peserta datang dari berbagai daerah, antara lain Samarinda, Tanah Grogot, Penajam, Bontang, Sangatta, Sanga-Sanga, Tenggarong dan Balikpapan selaku tuan rumah.

Untuk meningkatkan sportivitas dan fairplay, panitia menghadirkan juri kolaborasi dari Kalimantan Jawa. Sejak sesi pertama hingga terakhir, tidak ada protes yang masuk ke meja panitia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kelas cucak hijau, seperti umumnya kontes di Balikpapan, selalu dijubeli ijomania. Bintang lapangan kali ini adalah cucak hijau Marcues milik Om Hery Tenggarong.

Lomba Burung HUT Polairud Balikpapan
Kelas cucak hijau didominasi Marcues, yang menjuarai 4 kelas dan sekali juara 2.

Penampilan Marcues memang luar biasa. Panitia membuka lima kelas cucak hijau, dan Marcues pun turun di semua kelas. Hasilnya, gaco ini menjuarai empat kelas sekaligus, masing-masing Kepulauan (Kp) Sebatik, Kp Derawan A, Kp Star Naja, dan Kp Lumba Lumba.

Satu-satunya kelas yang terlepas adalah Kp Derawan B, yang dijuarai cucak hijau Lintar milik Hendra (Milono SF). Marcues berada di urutan kedua, tetapi tidak mengurangi kehebatannya dalam gelaran kali ini, dan dinobatkan sebagai cucak hijau terbaik.

Kelas murai batu borneo dikuasai Bandawa, jago lawas milik Om Kris dari Hob United SF Balikpapan.  Bandawa tampil di semua (5) kelas, dengan hasil dua kali juara 1, dua kali juara 3, dan sekali juara 2.

Pertarungan sengit di kelas murai borneo
Pertarungan sengit di kelas murai borneo.

Kemenangan Bandawa terjadi pada Kelas Kp Sebatik dan Kp Derawan A, dan dinobatkan jadi murai borneo terbaik. Selain itu, Bandawa memberi banyak poin kepada Hob United sehingga ditetapkan sebagai juara umum SF.

Kelas Kp Derawan B dijuarai murai borneo Hitler milik Udin (Balikpapan), sedangkan Kp Star Naja dan Kp Lumba Lumba masing-masing dimenangi Tole dan Morena milik H Tara (Pancasila SF).

Predikat kacer terbaik diraih Anaconda milik Mr Agung. Anaconda merupakan juara 5 Piala Raja 2014 di Jogja (7/9). Dalam HUT Polarirud, Anaconda dua kali juara 1 dan sekali juara 3.

Aksi kacer Anaconda
Aksi kacer Anaconda milik Mr Agung.

Kemenangan fantastis diraih Anaconda pada Kelas Derawan, karena mampu mengungguli beberapa jawara seperti kacer President milik H Ony (Sadewa SF) yang langganan juara di Kaltim, Putra Merapi milik H Yantri (Duta YNC), Satrio milik Aban YY (Duta Arema Cup), dan lain-lain.

Di kelas lovebird, Gundik milik H Agus Gepuk (Pelangi BC) menjadi burung terbaik, meski tak meraih sekalipun gelar juara 1. Tetapi raihan tiga kali juara 2 dan sekali juara 8 membuat akumulasi poinnya tak terkejar para pesaingnya.

Suasana lomba di kelas lovebird
Suasana lomba di kelas lovebird

Lovebird KD milik Uut (Duta YNC) sebenarnya mengoleksi dua gelar juara 1, dan sekali juara 5. Tetapi total poinnya tetap masih kalah dari lovebird Gundik.

BKS Samarinda kali ini membawa gaco anyar bernama lovebird Thriller dan berhasil menjuarai Kelas Kp Derawan serta juara 4 Kelas Kp Star Naja.

Kenari Satria Langit milik EQ (Duta YnC) meraih juara 1 dan 2, dan dinobatkan sebagai kenari terbaik. Gelar cendet terbaik disabet Maestro milik Mr Dix (Duta YnC).

Suasana lomba di kelas kenari
Suasana lomba di kelas kenari

Duta YNC juga menang di kelas pleci, melalui Raja Rimba koleksi Mas Bem MIG yang menjadi juara 1 sebanyak dua kali dan sekali juara 6.

Kalau Hob United menjadi juara umum SF, maka Duta YNC tak tertandingi dalam kategori bird club / team, sehingga dinobatkan sebagai juara umum BC.

Duta YNC tampil sebagai juara umum BC
Duta YNC tampil sebagai juara umum BC

Kehadiran Duta YNC yang dimotori Mr Dix sekaligus untuk mensosialisasikan kontes akbar YNC Cup 2 di Balikpapan, Minggu 18 Januari 2015 (brosur lomba bisa diunduh di sini).

“Kami mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah memperkuat Duta YnC, sehingga bisa menjadi juara umum BC dalam HUT Polairud,” kata Mr Dix. (v1rgoboy)

Burung terbaik dan prestasinya di Polairud

JENIS BURUNG NAMA PEMILIK PRESTASI
Kacer terbaikAnacondaMr Agung (Duta YNC)1,1,3
Cucak hijauMarcuesHery Tenggarong1,1,1,1,2
Murai terbaikBandawaKris (Hob United SF)1,1,2,3,3
LovebirdGundikH Agus Gepuk (Pelangi BC)2, 2,2,8
Cendet terbaikMaestroMr dix1,3
Kenari terbaikSatria LangitEO1,2
Pleci terbaikRaja RimbaMas Bem (M-16)1,1,6
Juara umum  BCDuta YNC
Juara umum SFHob United SF

Hasil Lomba HUT Polairud  | Galeri Gambar

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.