Wali Kota Cup Samarinda: Contra, Sakral, Kenzo, dan Cygnus hattrick

Lomba burung berkicau Wali Kota Cup II Samarinda di Polder Air Hitam Samarinda, Minggu (1/2), mampu menyedot 1.306 peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Timur. Sejumlah burung papan atas juga tampil. Bahkan empat di antaranya meraih hattrick, yaitu cendet Contra, kacer Sakral, murai batu borneo Kenzo, serta lovebird Cygnus.

Lomba burung Wali Kota Cup Samarinda
Even dibuka oleh Staf Ahli Wali Kota Ir Endang Liansyah MP dan perwakilan Ronggolawe Team.

Kontes ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT Ke-347 Kota Samarinda dan HUT Ke-55 Pemkot Samarinda. Dalam hal ini, Komunitas Pecinta dan Pelestari Burung Samarinda (KPPBS) bekerjasama dengan Polder Air Hitam dan Ebod Jaya.

“Melihat jumlah peserta dan aspek penilaiannya, kami bersyukur dan puas. Kami menghadirkan juri-juri Ronggalawe dari Jawa, yang berkolaborasi dengan juri independen dari Kalimantan,” kata Ketua Pelaksana Mr Andung H, yang didampingi Ketua Panitia Mr Edy Arianto.

Di tengah-tengah pelaksanaan lomba sempat turun hujan, namun hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta. Mereka tetap mengikuti even ini hingga sesi terakhir.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Peserta datang dari berbagai daerah, antara lain Balikpapan, Sangasanga, Berau, Bontang, Muara Badak, Tenggarong, Sangatta, Kota Bangun, Bengkuring, Tanah Grogot, Penajam, Tarakan, dan Samarinda. Bahkan hadir pula sejumlah kicaumania dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Cendet Contra milik Adam / Bani (Pelangi BC Samarinda) tampil sangat meyakinkan, dengan meraih semua (3) kelas yang dilombakan. Tak ayal Contra dinobatkan sebagai cendet terbaik dalam gelaran ini.

Cendet Contra
Cendet Contra menyapubersih tiga kelas.

Penampilan cendet Contra dari hari ke hari memang makin bersinar. Dua pekan sebelumnya, Contra juga meraih juara 1 dan 2 dalam even YnC Cup 2 di Balikpapan (18/1).

Duet Adam / Bain
Duet Adam / Bain bersama cendet Contra.

Persaingan ketat terjadi di kelas cucak hijau. Kaltim dikenal sebagai gudang cucak hijau berkualitas, sehingga gaco-gaco yang tampil umumnya juga bagus-bagus.

Tim juri yang bertugas pun sempat kewalahan dalam menentukan siapa yang terbaik pada masing-masing kelas. Apalagi panitia membuka enam kelas cucak hijau, termasuk kelas utama (Wali Kota) yang hanya melombakan cucak hijau saja.

Berdasarkan pantuan di lapangan, dua burung saling bersaing meraih poin tertinggi untuk menyabet predikat sebagai cucak hijau terbaik. Keduanya adalah Samber Nyowo milik Om Roy Restu Ibu dari Bengkuring dan Color Ijo milik Om Abdan Sakura (Planet BC).

Om Roy dan cucak hijau Color Ijo
Om Roy bersama cucak hijau Color Ijo.

Color Ijo turun empat kali, dengan meraih juara 1, 1, 2, dan 3. Adapun Samber Nyowo turun tiga kali, dengan hasil juara 1, 1, dan 3. Color Ijo pun akhirnya dinobatkan sebagai cucak hijau terbaik.

Kacer Sakral, gaco andalan Om Fitri BKS yang dikawal Om Andri BKS, sukses meraih kemenangan hattrick. Om Andri selama ini memang dipercaya mengawal kacer Sakral dan Putra Kutai.

Suasana kelas kacer
Suasana kelas kacer yang didominasi Sakral milik Fitri BKS.

Sakral sudah sering meraih juara, baik di Kaltim maupun di luar Kaltim. Penampilannya di lapangan stabil, kinerjanya eksentrik, ngerol jegklek dengan kepala menghadap ke atas langit.

Kacer Sakral
Kacer Sakral sukses meraih hattrick.

Bukan hanya itu, Sakral juga memiliki variasi lagu yang mumpuni (kasar-kasar) dan volume di atas rata-rata. “Saat membawakan lagu kasar dan duduk,”  kata Om Andri BKS. Sakral dinobatkan sebagai kacer terbaik dalam even ini.

Om Fitri BKS yang saat ini sedang umroh juga sukses di kelas murai batu borneo. Gaco lawasnya, murai Kenzo, turun di semua (5) kelas, dan meraih juara 1, 1, 1, 3, dan 8.

Tak hanya itu saja. Dua gaco lovebirdnya, Treller dan Cygnus, juga memborong gelar juara. Cygnus meraih hattrick dan sekali juara 4. Adapun Treller meraih juara 1, 2, 2. Lovebird Cygnus dinobatkan sebagai lovebird terbaik.

Lovebird Dora milik JNJ XB1 (Lamasia BC) meraih juara 1 Kelas Teduh Ebod Joss, mengungguli Radja milik Om Heru dan Nuklir kepunyaan Om Yogi LV, keduanya dari Pancasila SF.

Lovebird Dora
Lovebird Dora milik JNJ-XB dari Lamasia BC.

Dua kelas pleci juga dibanjiri peserta. Pleci Achles milik MM (Pelangi BC) meraih double winner. Langganan jawara milik Uut Tani Jaya (Duta Arema), Pisang Ijo, kali ini harus puas menjadi juara dua kelas sebanyak dua kali.

Plecimania Balikpapan
Plecimania Balikpapan meramaikan kelas pleci yang tembus 33 gantangan.
Pleci Achiles
Pleci Achiles meraih double winner.

Om Andung dan Om Edy Arianto, mewakili seluruh panitia dan juri, mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi kicaumania yang hadir dalam even ini, sekaligus mohon maaf jika masih ada kekurangan di sana-sini. (v1rgoboy)

Kelas campuran bebas
Kelas campuran bebas dibanjiri burung blackthroat.

Burung Terbaik dan Juara Umum BC / SF

KacerSakralFitri BKS SF
Murai Borneo KenzoFitri BKS SF
Lovebird CygnusFitri BKS SF
KenariPresidentFitri BKS SF
Cucak HijauColor IjoAbdan S
CendetContraAdam-Bain Pelangi BC
Juara umum BCPelangi BC Samarinda
Juara umum SFFitri BKS Samarinda
Para pemilik burung terbaik
Para pemilik / pengawal burung terbaik.
Pelangi BC juara umum bird club
Pelangi BC juara umum bird club, Fitri BKS juara umum SF.
Panitia dan juri lomba Wali Kota Cup II Samarinda
Panitia dan juri lomba Wali Kota Cup II Samarinda.

Hasil Wali Kota Cup II Samarinda (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.