Perawatan kacer Satria Mandala milik Om Imam Lintang

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Persaingan kelas kacer di Jabodetabek terbilang ketat. Banyak jawara anyar bermunculan. Meski demikian, beberapa jawara lawas sanggup mempertahankan prestasinya, termasuk kacer Satria Mandala. Burung besutan Om Imam Lintang dari Bintang Jagad SF Depok ini terus berprestasi hingga kini, bahkan meraih double winner dalam even Taman Radja Team di Jakarta, Sabtu (14/2) lalu.

Dalam even tersebut, kacer Satria Mandala berpeluang meraih hattrick. Sayangnya, pada sesi berikutnya harus puas di posisi ketiga. Meski demikian, Om Imam tetap mensyukuri hasil nyeri yang diraih gaconya. “Satria Mandala baru saja rampung mabung,” kata Om Imam.

Kacer Satria Mandala
Satria Mandala: Jawara lawas yang stabil prestasinya.

Satria Mandala merupakan salah satu amunisi Bintang Jagad SF asuhan Om Bayu RG. Di kelas kacer, Bintang Jagad juga memiliki amunisi hebat bernama kacer Raja Goda, milik Om Bayu.

“Satria Mandala sudah sering juara di Jabodetabek, bahkan pernah juara di Bandung. Jika bertarung, burung ini kerap buka ekor sambil meliukkan badan saat membawakan lagu-lagunya,” tambah Om Imam.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Materi lagu kacer Satria Mandala antara lain suara burung gereja tarung, cerecetan cucak jenggot, diselingi suara belalang kerek, serta tonjolan suara burung tengkek, dan sesekali tarikan cililin. Semua ini menjadi senjata andalannya saat menghadapi lawan-lawannya.

Kelebihan lain Satria Mandala adalah anteng duduk saat berhadapan dengan lawannya. Speednya juga rapat, volume keras alias tembus, dengan durasi kerja yang maksimal.

Om Imam Lintang
Om Imam Lintang (3 dari kiri) bersama personel Bintang Jagad SF.

Perawatan kacer Satria Mandala

Sehari-hari, tutur Om Imam, kacer Satria Mandala dimasukkkan dalam kandang umbaran (polier). Penjemuran pun dilakukan di dalam kandang ini, tapi hanya sekitar 1-2 jam saja.

“Mandi setiap hari, yaitu pagi hari. Habis mandi ya langsung dijemur di dalam kandang umbaran,” jelasnya.

Untuk kebutuhan extra fooding (EF), Om Imam cukup memberikan 5 ekor jangkrik pada pagi hari. Sore hari, burung juga diberi 5 ekor jangkrik.

Kacer Satria Mandala
Kacer Satria Mandala siap pertahankan prestasi

Porsi jangkrik akan ditingkatkan pada H-1 alias sehari jelang lomba. Bersamaan dengan itu pula, burung diberi 1 sendok kroto segar.

Melalui perawatan simpel itulah, kacer Satria Mandala terus mempertahankan  prestasi di tengah kepungan jawara-jawara baru. (d’one)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.