Cucak hijau Crystal tetap moncer di musim hujan: Ini dia rahasianya!

Banyak sekali cucak hijau jawara yang tiba-tiba melempem saat bertarung selama musim hujan. Jika tidak terganggu kondisi hujan atau mendung di lapangan, burung juga kurang penjemuran selama di rumah. Tetapi tidaklah demikian dengan cucak hijau Crystal. Gaco andalan Om Antok Ayam Kremes dari Palur, Karanganyar, justru tetap moncer di musim hujan. Bagaimana rahasia perawatannya?

suasana lomba cucak hijau YnC Cup 2 Balikpapan
Selama musim hujan, banyak cucak hijau yang melempem, bahkan didis.

Sudah bukan rahasia lagi jika cucak hijau termasuk salah satu jenis burung kicauan yang karakternya membutuhkan panas agar mau tampil maksimal. Di alam liar, mereka kerap bertengger pada pucuk pohon tertinggi untuk mencari kehangatan.

Begitu pula cucak hijau dalam perawatan manusia, yang tentunya membutuhkan penjemuran rutin, misalnya dua jam setiap pagi hari. Persoalannya, pada musim hujan seperti saat ini, hujan terkadang sudah turun sejak pagi hingga siang hari. Akibatnya, penjemuran pun kurang maksimal jika dilakukan hanya pada sore hari.

Itu sebabnya, banyak sekali cucak hijau yang biasanya moncer di lapangan selama kemarau, tiba-tiba melempem pada musim hujan. Bahkan saat digantang, burung malah tidur atau didis akibat terkena percikan air hujan, juga akibat kondisi di sekitar lapangan yang hujan maupun sekadar mendung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Yang menarik adalah fakta bahwa cucak hijau Crystal justru kerap menjuarai lomba di musim hujan. Dalam kontes WMP Cup 2 di Klaten tanggal 28 Desember 2014, misalnya, Crystal berhasil mencetak double winner. Padahal itu sudah musim hujan.

Cucak hijau Crystal
Cucak hijau Crystal tiga kali nyeri dalam enam pekan terakhir.

Hasil nyeri juara 1 juga diraih Crystal dalam even Jatisrono Berkicau di Wonogiri (18/1). Saat itu, dua kelas cucak hijau yang dibuka panitia diluberi para peserta. Crystal kembali menjuarai dua kelas saat tampil dalam Angkasa Pura Cup IV di Solo, 8 Februari lalu.

Dalam even akbar Valentine Day di Jogja, Minggu (15/2), Crystal masih masuk daftar juara pada dua kelas utama. Di kelas paling bergengsi, Valentine, gaco ini masuk 10 besar. Kelas ini dimenangi cucak hijau jawara nasional, Senator, milik Hadi Senator (Gresik) yang sukses meraih double winner.

Di Kelas Bintang Asmara, Crystal masuk enam besar. Kelas ini dimenangi New Bilqis milik Mr Simon (RKBC Pati) yang juga meraih double winner. Tetapi pada sesi ini Crystal mampu mengungguli cucak hijau Senator yang berada di posisi 8.

Perawatan cucak hijau Crystal

Om Antok Ayam Kremes Palur dan cucak hijau Crystal
Om Antok Ayam Kremes Palur bersama cucak hijau Crystal

Bagaimana Om Antok mengkondisikan cucak hijau Crystal sehingga tetap stabil prestasinya di musim hujan?  Menurut dia, perawatan cucak hijau Crystal sebenarnya biasa-biasa saja. Artinya tidak jauh berbeda dari burung-burung milik ijomania lainnya.

Dalam kondisi biasa, yaitu cuaca cerah alias tidak mendung atau hujan, burung rutin dijemur selama dua jam. Penjemuran biasa dilakukan mulai pukul 06.30 hingga 08.30. “Setelah itu diangin-anginkan dalam kondisi tanpa kerodong, hingga sore hari,” jelasnya.

Bagaimana kalau cuaca mendung, apalagi sampai hujan? Terpaksa tidak dijemur dulu, bahkan tidak lagi dianginkan sampai sore hari. Crystal dimasukkan ke dalam rumah dalam kondisi full kerodong, agar kondisi tubuhnya tetap hangat.

Setiap hari, cucak hijau Crystal selalu mandi. Namun kalau Minggu turun lomba, maka hari Sabtu dan Minggu tidak mandi dulu.

Jika cuaca cerah, burung dimasukkan ke kandang umbaran, untuk menjaga staminanya. Tetapi hal ini tidak berlaku setiap hari, cukup dua kali seminggu. Dalam hal ini, Om Antok sudah membuat jadwal umbaran hanya Selasa dan Kamis.

Cucak hijau Crystal
Cucak hijau Crystal kuat main 2-4 kali.

Extra fooding (EF) jangkrik yang diberikan kepada Crystal juga standar, yaitu cukup 5 ekor pagi dan 5 ekor pada sore hari. “Menjelang turun lapangan, saya tambahkan lima ekor ulat hongkong,” ungkap Om Antok.

Setelah berlaga pada satu sesi, dan mau tampil lagi di sesi berikutnya, Crystal diberi 2 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong. Tetapi kalau cuaca mendung atau hujan, porsi ulat hongkong ditingkatkan agar kondisi tubuhnya tetap hangat.

Itulah tips perawatan cucak hijau Crystal yang kerap menjuarai lomba selama musim hujan. (Waca)

Tips lain perawatan cucak hijau selama musim hujan:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.