Penangkaran lovebird Datuk Tanbaro BF andalkan trah Oneng

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Dalam artikel kenari Bomber dijelaskan bahwa pemiliknya, Om Datuk Tanbaro, dikenal pula sebagai pemain dan peternak lovebird. Sebagai pemain, dia selalu memperkuat Duta ILB (Indonesian Love Bird). Adapun breeding lovebirdnya bernama Datuk Tanbaro BF Bekasi.

Untuk materi indukan, Om Datuk hanya menggunakan burung-burung yang mempunyai suara ngekek panjang, baik jantan maupun betina. Produknya laris-manis, dan moncer di tangan pembeli / pelanggan yang ada di Jawa, Sumatera, maupun Kalimantan.

Setiap kali selesai mengirim burung ke pembeli atau pelanggannya, Om Datuk seringkali mengunggah gambar lovebird tersebut di akun pesbuknya, disertai tulisan: “Mudah-mudahan cepat moncer di sana. Amien…”.

Meski demikian, Om Datuk selalu merendah dengan menyebut produknya bukanlah trah juara. Bahkan, pada beberapa foto lovebirdnya diberi watermark bertuliskan “bukan trah juara”.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Tentu saja hal itu sekadar menunjukkan kerendahan hatinya, karena banyak lovebird hasil ternaknya yang moncer di berbagai daerah, di tangan pemilik baru.

Lovebird Gladiator
Gladiator, salah satu lovebird koleksi Datuk Tanbaro BF Bekasi.

Keturunan / trah lovebird Oneng

Sudah empat tahun ini Om Datuk beternak lovebird, sekaligus mendirikan komunitas ILB yang anggotanya tersebar di berbagai kota di Indonesia. Kandang ternak menyatu dengan kediamannya di kawasan Jati Asih, Pondok Gede, Bekasi.

Burung-burung induk umumnya diternak di dalam kandang koloni, sehingga mereka pun mencari pasangan sesuai dengan pilihannya sendiri. Sebagian besar induk lovebird yang digunakan merupakan keturunan / trah dari Oneng, gaco yang pernah menjadi andalannya di lapangan selama bertahun-tahun.

Saat ini, Oneng sudah menghasilkan generasi kelima, rata-rata berkualitas dan moncer di lapangan. “Tidak semuanya diternak, karena saya juga masih aktif di lapangan, Bahkan sekarang tak hanya lovebird, tetapi juga kenari,” kata Om Datuk.

Salah satu gaco andalannya saat ini adalah lovebird Gladiator, yang memiliki kelebihan pada ngekeknya yang panjang. Selain itu, masih ada gaco lawas bernama Aura. Lovebird ini diperkirakan berumur 4,5 tahun, tapi masih berprestasi di lapangan.

Bagi yang penasaran, berikut ini video lovebird Aura milik Om Datuk Tanbaro:

Sebagian besar koleksinya lovebird jantan

Berbeda dengan sebagian besar pemain lovebird yang umumnya memilih lovebird betina sebagai gaco di lapangan, koleksi burung lomba Om Datuk justru didominasi lovebird jantan. Alasannya, lovebird jantan justru lebih mudah dikondisikan.

(baca juga Tips merawat lovebird jantan agar stabil ala Om Styawan 5758 )

“Lovebird jantan kalau sudah gacor, dan fighternya sudah muncul, sudah bisa langsung dibawa ke lapangan,” kata Om Datuk.

Selain itu, pakan harian lovebird jantan cukup berupa milet putih, tanpa campuran atau pakan tambahan / extra fooding (EF) lainnya. Justru dengan cara simpe seperti ini, birahi lovebird relatif lebih stabil.

Om Datuk dan Om Andi
Om Datuk Tanbaro (kiri) bersama sahabatnya, Om Andi.

“Menurut pengalaman saya,  lovebird jantan tidak memerlukan settingan yang ribet. Lain halnya dengan lovebird betina yang memerlukan settingan khusus guna menaikan atau menurunkan birahinya sebelum dibawa ke lapangan. Enaknya, lovebird jantan justru bisa menggangu birahi lawannya yang betina,” tandasnya. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.