Breeding kenari: Video pemasangan ring Vianno BF

Nama Om Agus Delta mungkin belum terlalu banyak dikenal orang. Lelaki bernama lengkap Agus Purwanto ini awalnya menceburkan diri dalam berbagai lomba di lingkungan Papburi Klaten, baik di Gergunung, PPK-1 Parikesit, hingga Caponiery Suara Alam.

Om Agus Delta
Om Agus Delta (tengah) bersama Om Gianto (kiri) dan Om Gianti.

Dia kemudian menggunakan nama Agus Delta, untuk mengabadikan gaco pertamanya yang bernama kenari Delta. Setelah sering moncer dalam berbagai even di lingkungan Papburi, Om Agus mulai pede untuk mengikuti berbagai lomba burung berkicau model konvensional yang setiap kelasnya bisa berisi 60 gantangan, tanpa babak penyisihan seperti di Papburi.

Ternyata di ajang konvensional pun jagoannya mau moncer. Awalnya dia moncer bersama kenari Strada, yaitu dalam even akbar Valentine Day Jogja, 15 Februari lalu. Bisa dibilang, ini pengalaman pertama bagi Om Agus.

“Saat itu saya bergabung dengan Naga Hitam BC. Bahkan kenar i Strada tidak menggunakan nama saya, melainkan Vianno Affan yang merupakan nama anak saya,” jelas Om Agus Delta.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tak ada yang mengunggulkan kenari Strada waktu itu. Selain nama pemiliknya tidak begitu dikenal (kecuali pemain yang biasa tampil di Papburi Klaten), nama kenari Strada juga masih asing.

Namun fakta berbicara lain. Ketika burung beraksi, para juri pun tidak bisa memungkiri hati nuraninya. Terkenal nggak terkenal, kenari Strada tampil paling menonjol, sehingga meraih juara 1 Kelas Bintang Cupido B.

Selanjutnya Strada mabung. Tetapi Om Agus sudah punya pelapisnya, yaitu kenari yorkshire (YS) lokal yang diberinya nama King Arthur.

Semula kenari King Arthur dirawat sendiri di rumahnya, Jalan Kaliurang Km 12 Jogja. Namun hanya enam bulan, setelah itu dipindahkan ke kakak-beradik Gianti dan Gianto di Kebonalas, Manisrenggo, Klaten.

Sejak itulah, duet Gianti-Gianto dipercaya mengurus burung-burung milik Agus. “Strada dan King Arthur sekarang ditangani Gianti dan Gianto. Hanya kenari Delta yang masih saya rawat di Jogja,” imbuh Om Agus.

( lihat juga Video dan perawatan kenari King Arthur )

Tidak hanya itu, Om Agus Delta juga mempercayakan breeding kenarinya kepada kakak-adik tersebut di Manisrenggo. Anakan kenari hasil penangkaran ini diberi ring Vianno.

breeding kenari
Om Gianti di ruang breeding kenari.

Untuk menambah wawasan bagi peternak pemula, maupun calon peternak kenari, berikut ini sekilas video tentang cara pemasangan ring pada anakan kenari umur 4 hari yang dilakukan oleh Om Gianto, dilanjutkan dengan Om Gianti ketika menunjukkan ruang breeding yang sederhana. (Waca)

Download videonya di sini.

Ring Vianno
Ring Vianno
Pemasangan ring anakan kenari
Pemasangan ring dilakukan saat anakan kenari berumur 4 hari.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.