Happy Sunday Fiesta: LB Yuky hattrick, MB Bilqis nyeri

Lomba burung berkicau Happy Sunday Fiesta yang dikemas Pelestari Burung Indonesia (PBI) Jabodetadep (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Depok) berlangsung meriah di lapangan Jl Kahfi I Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (29/3). Dalam even ini, lovebird Yuky milik Nur Jaksa meraih hattrick, sedangkan murai batu Bilqis kepunyaan Embing nyeri juara 1.

Happy Sunday Fiesta PBI
Suasana lomba Happy Sunday Fiesta PBI di Jakarta Selatan, Minggu (29/3).

Even yang digawangi Om Rama Brur dan Om Gatot ini menjadi bukti kebangkitan dan eksisnya PBI Jabodetadep. “Atas dukungan teman-teman, kita buat lomba ini. Kebetulan PBI DKI sudah lama nggak mengadakan lomba,” jelas Om Rama.

Meski dikemas sederhana, bahkan hanya membuka 16 kelas, tapi tak mengurangi kualitas lomba. Apalagi banyak burung papan atas yang turun di sini.

Om Rama Brur
Om Rama Brur, motor lomba PBI Happy Sunday Fiesta

Sejak awal, peserta telah memenuhi lapangan. Sayangnya, hujan yang mengguyur di pertengahan lomba turut mempengaruhi jumlah peserta.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sesi pertama yang mengawali lomba ini adalah kelas murai batu ring. Kelas ini dimenangi murai batu Viking milik Om Robby Doda dari Ansel SF Pejaten Jakarta. Viking baru dua pekan lalu rampung mabung.

Murai batu Viking
Murai batu Viking

Materi lagu, tembakan, dan volume murai batu Viking lebih menonjol daripada lawan-lawannya. Juara 2 dan 3 masing-masing diraih Pateh milik Rudy RBC dan Kopral milik Aldrian dari Aviary Jaya.

Murai batu Bilqis milik Om Embing (Salemba) meraih double winner, setelah menjuarai Kelas Mega Bintang dan Bintang. Bilqis yang dikawal Om Huda Keling memang nyaris tak ada lawan.

Di Kelas Bintang, Bilqis mengungguli Mr Boy milik H Nur dan Black milik Om Zack. Di Kelas Mega Bintang, Bilqis mengalahkan murai batu Jenderal milik Budi (Andara) dan Gordon milik Ubay / Alim dari Taman Radja Team.

Satu-satunya burung yang mencetak kemenangan hattrick adalah lovebird Yuky milik Nur Jaksa (VMC). Panitia membuka tiga kelas lovebird, yang semuanya disapubersih Yuky.

Kenari juga terdiri atas tiga kelas. Om Yogi Naga Hitam meraih dua gelar juara 1, tetapi melalui dua gaco yang berbeda. Kenari Maha Dewi menjuarai Kelas Favorite, mengungguli Maha Dewa yang juga gaco milik Om Yogi.

Kenari Maha Dewa
Kenari Maha Dewa milik Om Yogi

Maha Dewa kemudian menjuarai Kelas Bintang, serta juara 2 Kelas Mega Bintang. Kelas utama ini dimenangi kenari Centil milik Om Teguh Walet, yang kali ini memperkuat Kambing Hitam SF.

Centil yang dikawal Om Arifin memang sedang moncer-moncernya. Sejak tampil ciamik dalam even Duta KM Cup 3 di Jakarta (1/2), prestasinya terus mengkilap. Pekan lalu, dalam even Road to Jayakarta di JP Enterprise Depok (22/3), Centil juga meraih juara 1.

Kenari Centil
Kenari Centil stabil di jalur juara

Persaingan kelas cucak hijau juga seru. Cucak hijau Garut milik Max / Rachmad Polda (Happard BC) menjuarai Kelas Bintang. Sehari-hari, gaco ini dipoles Abah Ikbal dari Condet. Juara 2 dan 3 diraih Satria milik Iwan KGC Depok dan Prahara milik Bandi ASM (Bintaro).

Cucak hijau Garut
Cucak hijau Garut milik Om Rachmad

Kelas Favorite dijuarai cucak hijau Over Dosis orbitan Ivan Paris (Cidodol Team), diikuti Ferno milik Encek (RBC) dan Gajayana besutan Nanang PLN dari Bintaro.

Cucak hijau Over Dosis
Cucak hijau Over Dosis milik Om Ivan Paris

“Kemenangan ini membuktikan kalau cucak hijau Over Dosis sudah juara lintas EO, mulai dari BnR, Ronggolawe, PBI, dan EO independen,” kata Om Ivan Paris.

Secara keseluruhan, lomba berlangsung lancar dan tertib tanpa teriak. Kinerja tim juri juga cukup baik, nyaris tanpa komplain. (d’one)

Hasil Lomba Happy Sunday Fiesta PBI (klik di sini)

Om Robby Ansel
Om Robby Ansel (kiri): MB Viking comeback pascamabung.
Om Arifin Kambing Hitam SF
Om Arifin Kambing Hitam SF kawal kenari Centil.
Om Ivan Paris dan cucak hijau Over Dosis
Om Ivan Paris (2 dari kiri) – Cucak hijau Over Dosis juara lintas EO
Om Rachmad Polda
Om Rachmad Polda sukses orbitkan CI Garut.
Om Yogi Naga Hitam
Om Yogi Naga Hitam dominasi kelas kenari
Sanggar Al Asoy
Sanggar Al Asoy eksis di kelas kenari dan lovebird
Panitia dan Juri Lomba PBI Happy Sunday Fiesta
Panitia dan Juri Lomba PBI Happy Sunday Fiesta

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.