Tips perawatan dan video kenari Lembah Manah milik Om Teguh Wahyudi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kenari Lembah Manah milik Om Teguh Wahyudi belakangan ini menjadi buah bibir. Dalam beberapa even terakhir, kenari Lembah Manah selalu menang. Dimulai dari even Danbrig 6/2 Kostrad di Palur, Solo Raya, 12 April 2015, hingga even nasional Danjen Kopassus Cup 2015 di Markas Grup 2 Kandang Menjangan, Kartasura, Minggu (26/4) lalu.

Nama Om Teguh Wahyudi mengorbit dalam lomba burung berkicau tingkat nasional, karena menjadi penyelenggara kontes akbar In Memorial Jenderal Besar Soeharto di Universitas Mercu Buana Jogja, yang sudah memasuki tahun kedua.

Mr Teguh Wahyudi
Om Teguh Wahyudi, pemilik kenari Lembah Manah.

Kenari Lembah Manah tidak disimpan di kediamannya, tetapi dititipkan di rumah Om Anton Bonbin, yang sekaligus dipercaya merawatnya.

Belum lama ini, Om Kicau mampir ke rumah Om Anton, tidak jauh dari bangjo Ring Road Blok O, atau sebelah timur Jogja Expo Center, Jl Janti Argomulyo, Jogja.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Menurut Om Anton, Lembah Manah merupakan kenari jenis F2 warna kuning bond. Kenari ini belum lama diboyong Om Teguh Wahyudi. Sebelumnya gaco ini bernama Platinum, milik Om Puji dari Trah AB-E Sleman.

Perawatan kenari Lembah Manah
Lembah Manah, kenari F2 warna kuning bond.

Kalau dirunut lagi, Platinum dulunya milik Om Wahyu 8055 Semarang, kemudian dibeli Om Inu Jogja. Saat mbrodol, Om Inu menjualnya kepada Om Puji. Di tangan Om Puji pun tidak lama. Selepas beres mabung, Platinum dua kali dicoba dalam even latber dan selalu meraih juara.

Kebetulan Om Teguh punya beberapa kiermaster (ahli / pemantau burung prospek), yang menonton aksi ciamik kenari Platinum di arena latber. Akhirnya Om Teguh pun meminangnya, mengganti nama menjadi Lembah Manah, dan menyerahkan perawatannya kepada Om Anton Bonbin.

Perawatan kenari Lembah Manah

“Perawatan kenari Lembah Manah cukup simpel. Setiap pagi, selepas mandi, burung dijemur, namun hanya setengah jam saja,” jelas Om Anton. Usai penjemuran, burung diangin-anginkan dalam kondisi sangkar tanpa kerodong.

Om Anton Bonbin
Om Anton Bonbin bersama kenari Lembah Manah.

Khusus hari Senin dan Kamis, Lembah Manah dimasukkan dalam kandang umbaran kecil yang biasa digunakan untuk kenari. Namun di umbaran juga tidak lama, hanya sekitar 30 menit.

Pakan tambahan diberikan secara bervariasi. Jagung muda dan daun sawi diberikan berselang-seling sejak Senin hingga Kamis. Adapun Jumat dan Sabtu diganti dengan buah apel. Pada hari Minggu atau hari lomba, Lembah Manah diberi diberi telur dan sawi.

Perawatan kenari Lembah Manah
Hari Senin s/d Kamis diberi jagung muda, diselang-seling dengan sawi.

Jika mau dilombakan, maka sejak Jumat burung harus dikerodong penuh, agar tidak sering berkicau yang akan menghabiskan energi dan staminanya.

Kenari Lembah Manah memiliki suara yang cukup kristal. Ketika berlaga, sekali narik durasinya rata-rata 40 detik, dan nyaris tanpa spasi. “Setelah itu berhenti sebentar untuk tarik nafas, lalu langsung narik lagi. Begitu seterusnya,” jelas Om Anton.

Boleh dibilang, lanjutnya, kenari Lembah Manah kurang memiliki gaya. Burung rajin bunyi dan tetap anteng di satu titik tangkringan. “Tipe kenari seperti ini sekarang sedang ngetren kan? Tetap anteng di satu titik,” imbuh Anton.

Video kenari Lembah Manah

Om Kicau sempat merekam penampilan Lembah Manah di rumah Om Anton. Rekaman ini dilakukan tanpa perlu dipancing. Artinya, Lembah Manah tetap rajin bunyi, tanpa perlu disediakan lawan latih tanding di rumah agar mau bunyi.

Video ini berdurasi 1 menit 7 detik ini, terdiri atas dua tarikan nafas. Tarikan pertama bunyi selama 31 detik. Adapun tarikan kedua berdurasi 36 detik.

Unduh videonya di sini

Om Teguh Wahyudi dan Om Anton Bonbin berencana menurunkan kenari Lembah Manah dalam even Perang Bintang TKKM di Taman Kuliner Condong Catur Jogja, Minggu (3/5) luas.

“Mungkin hanya kita turunkan sekali sajs. Kenari Lembah Manah baru turun full dalam even Boyolali Cup, 10 Mei mendatang, selanjutnya tampil lagi dalam HUT Handayani BC di Gunungkidul,” tandas Om Anton. (Waca)

Kenari Lembah Manah
Lembah Manah siap ngeluruk ke Boyolali Cup I, 10 Mei 2015.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.