Lovebird Kencana Sari dan Bibi Lung terbaik di IKPBS Special Open Solo

Lovebird Kencana Sari dan Bibi Lung sama-sama tampil memukau dalam even bulanan IKPBS Special Open di halaman belakang kantor Dinakkeswan Jawa Tengah, samping Taman Balekambang Solo. Keduanya bahkan sama-sama meraih double winner sehingga layak disebut terbaik dalam kontes ini.

Seperti diketahui, kelas lovebird menjadi primadona dalam berbagai even lomba, latpres, dan latber burung berkicau di Solo Raya. Apalagi jika harga tiketnya terjangkau dan penjurian berlangsung fair.

IKPBS Solo - kelas lovebird
Rawan protes, setiap kelas lovebird dibatasi 48 gantangan.

Sebagian besar event organizer (EO) akan membuka kelas lovebird jauh lebih banyak daripada jenis burung lainnya. IKPBS Solo yang digawangi Om Burwanto, Om Warjo, Om Fendi, Om Sorok, dan Om Ngateman membuka lima kelas lovebird. Adapun murai batu, kacer, dan cucak hijau masing-masing dibuka dua kelas.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Meski demikian, untuk meningkatkan kualitas penilaian, IKPBS sengaja membatasi jumlah peserta di kelas lovebird, yaitu maksimal 48 gantangan di setiap sesinya. Apalagi menilik pengalaman terdahulu, kelas lovebird paling rawan protes atau komplain dari peserta.

“Ya, supaya para juri dapat lebih teliti memantau burung. Terbukti setelah ada pembatasan peserta, bisa dikatakan para pemilik maupun joki tak lagi memprotes hasil lomba,” jelas Om Subur, panggilan akrab Om Burwanto.

Sejumlah lovebird papan atas di Solo Raya tampil di sini, antara lain Bibi Lung, Kencana Sari, Sekar Mayang, Hantu Laut, DJ Krisna, DJ Ratu, Rainbow, Khalifa, dan sebagainya.

Lovebird Kencana Sari milik Mirza / Rafli (Istana SF Boyolali) kembali tampil memukau. Burung yang sehari-hari dirawat Om Dobleh ini menjuarai dua kelas, yaitu FreshMix Power A dan FreshMix Daily B.

Lovebird Kencana Sari
Lovebird Kencana Sari meraih dua trofi juara 1.

Kencana Sari mulai mengundang decak kagum saat turun dalam even Boyolali Cup, 10 Mei lalu. Saat itu, dia mampu menyisihkan gaco top Shakira milik Gus Ali dari Watucongol, Muntilan.

Di Kelas FreshMix Power A yang merupakan kelas utama, Kencana Sari mampu mengungguli lovebird DJ Krisna milik Om Nanang Kris (Luwes BC) yang notabene lebih senior. Juara ketiga diraih Rainbow, lovebird milik Om Londo Sastro, juga dari Luwes BC.

Kencana Sari juga terbaik di Kelas FreshMix Daily B, unggul atas  lovebird Bibi Lung milik Om Eja dari SEA BF. Juara 3 diraih Hantu Laut, gaco andalan Mr Untung dari Pertamak’s Team Kartasura.

Lovebird Bibi Lung
Lovebird Bibi Lung juga nyeri juara 1.

Namun Bibi Lung mampu membalas kekalahannya dari Kencana Sari. Saat tampil di Kelas FreshMix Daily A, Bibi Lung meraih juara 1, diikuti Hantu Laut dan DJ Krisna. Kencana Sari berada di peringkat keenam.

Bibi Lung juga menjuarai Kelas FreshMix Power B. Juara 2 dan 3 masing-masing diraih Peri Kecil milik Obat (Boyolali) dan Si Biru Kecu kepunyaan Donaldo (Flames Solo).

Satu sesi lagi, Kelas FreshMix Vit, dijuarai lovebird Khalifa (Juve Jr). Gaco milik BTM Nogo Ngomyang (Sukoharjo) ini mengungguli Sekar Mayang milik Om Benny LWS (Luwes BC) dan Mutiara orbitan Om Caesar dari Bibis Solo.

Kacer Black Zerro milik Mr Kurniawan dari Putra Kurma SF Sragen juga memborong dua kelas. Hal ini mengulangi prestasinya dalam kontes PJSI Black Jazz Comunity di Manahan Solo, 25 Desember 2014.

Kacer Black Zerro
Kacer Black Zerro tampil mewah.

Kacer lain yang tampil memukau dan memiliki materi mengagumkan adalah Black Saphire milk Rudy NRS. Hebatnya, Black Saphire merupakan kacer dada hitam atau kacer Jawa yang kini makin jarang.

Note: Kacer dada hitam / kacer hitam juga merupakan burung endemik di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Kacer dada hitam Black Saphire
Black Saphire, kacer dada hitam dengan beragam kelebihan.

“Black Saphire memiliki kelebihan yang jarang dimiliki kacer dada hitam lainnya. Selain volume yang tembus dan besetannya kristal, variasi roll tembaknya juga panjang-panjang,” ujar Om Rudy kepada omkicau.com

Dua kelas murai batu dimenangi gaco berbeda, yaitu Toreto milik Om Panto Rudi Bowo dari Boyolali dan Insya Allah Sae milik Anggo Kaos (Sragen).

Murai batu Insya Allah Sae
Murai batu Insya Allah Sae benar-benar “sae” (bagus, berkualitas).

Adapun kelas kenari kembali dimenangi Istana BF melalui gaconya Chivas. Burung ini juga dikawal Om Dobleh. Kenari Bumble Bee milik Noor RS (Luwes BC) harus puas di tempat kedua.

Om Dobleh dan kenari Chivas
Om Dobleh bersama kenari Chivas: Ngedur terus kayak mesin tempur.

“Kenari Chivas memang luar biasa. Burung ini rajin sekali bunyi, nyaris tanpa spasi, ngedurrr kayak mesin tempur,” ujar Dobleh mencoba menggambarkan performa kenari rawatannya. (Waca)

Kru SEA BF dan lovebird Bibi Lung
Kru SEA BF: Lovebird Bibi Lung belum terbendung.
Om Rudy NRS dan kacer Black Saphire
Om Rudy NRS: Black Saphire kacer dada hitam terbaik di Solo Raya.
Om Anggo Kaos dan MB Insya Allah Sae
Om Anggo Kaos kembali moncer bersama MB Insya Allah Sae.
Om Panto Rudi Bowo dan MB Toreto
Om Panto Rudi Bowo (2 dari kiri) bersama MB Toreto.
Luwes BC
Luwes BC tetap berjaya di kelas lovebird dan kenari.

Hasil Lomba IKPBS Solo (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.