Sangkar kohsan: Melegenda sejak 1970-an sampai sekarang

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sangkar kohsan (terkadang sering ditulis sangkar kosan) merupakan salah satu sangkar yang merakyat di kalangan kicaumania. Trade mark sangkar kohsan sudah tercipta sejak lama, bahkan melegenda hingga sekarang. Banyak sekali perajin sangkar di berbagai pelosol negeri yang numpang merek kohsan untuk sangkar hasil karyanya.

Sangkar kohsan
Sangkar kohsan: Melegenda sejak 1970-an sampai sekarang.

“Sebenarnya saya tidak keberatan jika model sangkar ini ditiru. Tetapi sebaiknya mereka menggunakan merek atau nama tersendiri, agar pangsa pasar menjadi lebih variatif,” tutur Om Witoyo Santoso dalam percakapannya dengan Om Kicau di Surabaya.

Ketenaran sangkar kohsan memang kerap dimanfaatkan para perajin serta penjual sangkar dengan cara-cara nakal, yang sebenarnya menabrak aturan hukum perdagangan. Mereka membuat produk tiruan model kohsan, kemudian melabelinya sebagai sangkar kohsan asli.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Padahal jelas-jelas berbeda kualitasnya. Sangkar kohsan asli hanya dapat dibeli langsung di workshop Om Witoyo, Jl Simo Tambaan Sekolahan No 34-36, Surabaya. Om Witoyo adalah anak kandung (almarhum) Ho Poo San alias Koh San, orang pertama yang membuat sangkar kohsan.

Om Witoyo Santoso, sangkar kohsan asli hanya bisa dibeli di workshopnya.
Om Witoyo Santoso: Sangkar kohsan asli hanya bisa dibeli di workshopnya.

Sangkar kohsan memiliki model minimalis, dan dikenal awet karena terbuat dari bahan kayu jati pilihan. Ho Poo San atau Koh San begitu teliti dalam merakit sangkar kohsan, sehingga menjadi sangat terkenal sejak tahun 1970-an.

Om Witoyo Santoso lantas meneruskan estafet kepemimpinan perusahaan. Sejak 2003, dia melanjutkan pembuatan sangkar kohsan. “Selain menggunakan bahan jati pilihan, kelebihan lain sangkar kohsan adalah proses perakitannya yang dilakukan secara presisi,” jelasnya.

Ya, perakitannya memang tidak bisa sembarangan. Semuanya perlu perhitungan detail. Jika ada satu titik saja yang tidak presisi, hasilnya akan membuat sangkar menjadi tidak kuat.

Untuk menunjukkan kualitas sangkar kohsan yang sebenarnya, Om Witoyo kemudian mengangkat sebuah sangkar hanya melalui salah satu rujinya.

Uji kekuatan sangkar kohsan
Uji kekuatan sangkar kohsan.

Lalu untuk membuktikan tingkat presisinya, dia meletakkan sangkar dengan posisi kemiringan 45 derajat. Hasilnya, silakan lihat pada gambar di bawah ini. Sangkar bisa berdiri hanya dengan dua siku kaki sangkar. Tingkat presisi ini, dalam konteks berbeda, juga kerap dilakukan para empu zaman dulu ketika membuat keris.

Uji presisi sangkar kohsan
Uji presisi sangkar kohsan: Bisa berdiri pada kemiringan 45 derajat!

Proses pengecatan sangkar kohsan tidak menggunakan sistem semprot, tetapi dilakukan secara manual, memakai kuas. Agar sempurna, pengecatan dilakukan hingga empat kali pelapisan. Tidak heran jika hasil pengecatan sangkar kohsan sangat rapi dan halus.

sangkar kohsan
Pengecatan hingga empat lapis, sehingga halus dan rapi.

Produk sangkar kohsan sangat beragam. Untuk sangkar kohsan polos saja terdapat lima model. Belum lagi sangkar kohsan ukir kayu, dengan tema-tema natural.

“Selain memproduksi sangkar kohsan untuk burung piaraan, kami juga memproduksi kandang umbaran, kandang ternak, dan karamba mandi,” tambah Om Witoyo Santoso.

Beberapa model sangkar kohsan yang digemari.
Beberapa model sangkar kohsan yang digemari kalangan kicaumania.
sangkar branjangan kohsan
Sangkar kohsan khusus branjangan

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.