Enam burung panen gelar di Latber Islamic Bird Community Tangerang

Enam burung panen gelar dengan mencetak double winner dalam Latber Islamic Bird Community  (IBC) di lapangan Posyandu Mina, Villa Ilhami Islamic, Tangerang, Sabtu (1/8). Pesta double winner terjadi di kelas lovebird, murai batu, kacer, cucak hijau, kenari, dan ciblek.

Latber IBC rutin digelar setiap Sabtu mulai pukul 13.00. Panitia membuka pendaftaran dengan tiket murah-meriah, yaitu Rp 10.000 dan Rp 20.000, dengan tujuan menggali potensi para kicaumania pemula.

Lokasi lomba yang strategis dan gampang dijangkau menjadi magnet tersendiri bagi para penghobi burung kicauan. Tak heran jika peserta sangat antusias mengikuti Latber IBC. Pada latber Sabtu lalu, misalnya, tiket terjual sekitar 500 peserta.

Latber IBC Tangerang - Kelas pleci
Latber IBC Tangerang: Kelas pleci selalu full gantangan.

Kelas pleci dibuka lima sesi, paling banyak dibandingkan dengan jenis burung kicauan lainnya. Hal ini dikarenakan antusias peserta terhadap kelas pleci di IBC selama ini memang sangat tinggi. Uniknya, kendati jumlah kelasnya paling banyak, tak ada seekor pleci pun yang mampu menjuarai lebih dari satu kelas.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kelas IBC dimenangi pleci Ronald. Burung koleksi Om Gherda (PCMI-CT) ini mengungguli Sagat milik Om Edi Bogel (Perum) dan Satria S kepunyaan Om Abel dari KPB-Binong.

Namun Satria tetap tampil konsisten. Gaco ini sukses menjuarai Kelas A yang full (45) gantangan. Gaya serta durasi kerjanya maksimal. Satria mengungguli Pitbull milik Om Ilham Kate (Bonang) dan Komando orbitan H Wawan (Duta Komplet), yang harus puas di urutan 2 dan 3.

Kelas B dijuarai pleci Yaris milik Om Ferry (BOB PPD). Juara kedua ditempati Komando, disusul Pitbull. Pleci Kopasus menjuarai Kelas C. Burung andalan Om Gondess (Power Speed) ini mengalahkan Saddam milik Om Edy (WSBC). Om Gondess juga menurunkan pleci Brimob di kelas ini, dan nangkring di urutan ketiga.

Satu kelas lagi, Pleci Ngeriwik, dimenangi Jarot milik Om Dicky Jhonson dari Power Speed. Juara kedua dan ketiga masing-masing diraih Arbull milik Om Ilham Kate serta Lupin kepunyaan Om Febriyaka dari Rumpin Team.

Latber IBC Tangerang
Juri-juri sedang melakukan penilaian.

Lovebird terdiri atas tiga kelas, dua di antaranya dijuarai Sotil milik Om Agus Kembar (Cikupa). Sotil memiliki ngekek panjang, dan rajin bunyi, sehingga tim juri menobatkannya sebagai juara di Kelas IBC dan Kelas B. Satu kelas lagi dimenangi lovebird Talenda milik Om Angga (Bonang).

Murai batu Laser memborong dua kelas yang dilombakan. Jagoan milik Om Stevanus Tan (Lipo Karawaci) ini dua kali memaksa murai batu Bandit kepunyaan om Zacky (Curug) berada di posisi runner-up.

Latber IBC Tangerang
Kelas murai batu selalu dinanti para kicaumania di IBC Tangerang.

Pesta double winner juga berlanjut di kelas cucak hijau. Chenk-Go, gaco milik Om Dibyo (Melati Mas) tidak terkalahkan lawan-lawannya pada dua kelas yang dilombakan.

Prestasi serupa diraih kacer Sambernyowo. Jagoan milik Om Adit JB (Karawaci) ini punya gaya aduhai, yaitu meliuk-liuk sambil buka ekor. Burung ini juga rajin bunyi, sehingga para juri menobatkannya sebagai juara di Kelas IBC dan Kelas B.

Meski belum kebagian gelar juara 1, Om Anto (Perum) sukses mengantar kacer Casper. Burung ini meraih juara 2 Kelas B dan juara 3 Kelas IBC. Kacer Gelombang Cinta milik Om Cahyo, juga dari Perum, menempati peringkat kedua di Kelas IBC.

Latber IBC Tangerang
Para kicaumania menyiapkan gaconya sambil menunggu waktu penggantangan.

Kenari Loffy milik Om Muftian (BGRG) dan Hercules besutan Om Robby (Gading Serpong) bersaing ketat di dua kelas yang dilombakan. Pada Kelas B, Loffy meraih juara pertama, disusul Hercules dan Lucifer milik Om Heru (BGRG).

Loffy menyempurnakan prestasinya dengan menjuarai Kelas IBC. Hercules berada di posisi ketiga di bawah kenari Amunisi koleksi Om Iwan (Gading Serpong).

Satu lagi burung yang meraih double winner adalah ciblek Sniper. Burung koleksi Om Hob United ini unggul atas ciblek Pancasona besutan Om Rendi / Rifat (Duta CCT) dan Mbah Pule orbitan Om Tri Utomo, juga dari Duta CCT.

Persaingan ketiga ciblek tersebut lumayan ketat, karena semuanya sama-sama punya kemampuan ngebren yang bagus. Sniper juga menjuarai sesi lainnya, diikuti Mbah Pule.

Kelas pentet hanya digelar satu sesi, dan dimenangi Jaki milik Om Lutfi dari Kalipaten. Penampilannya yang nagen membuat para juri terpesona.

Latber IBC Tangerang
Latber IBC diminati para kicaumania di wilayah Tangerang dan sekitarnya.

Secara keseluruhan, gelaran Islamic Bird Community yang dikomandani Om Kuncoro, Om Aldo Ngasik, Om Yoyok Wahyu JBC, dengan penasihat Om Eko Cikande, ini berjalan sukses, lancar, tanpa ada teriakan dari para peserta dan penonton.

Latber IBC Tangerang
Panitia sibuk melayani pendaftaran calon peserta.

Latber ini merupakan ajang pemanasan menuju Latpres IBC yang akan digelar di lapangan yang sama, Senin 17 Agustus 2015 mulai pukul 12.00. Silakan bagi sobat kicaumania di Jabodetabek jika ingin menjajal kontes IBC Tangerang, baik latber rutin setiap Sabtu maupun latpres.

Latber IBC Tangerang

Panitia dan Juri Latber Islamic Bird Community Tangerang
Panitia dan Juri Latber Islamic Bird Community Tangerang.

Hasil Latber Islamic Bird Community (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.