Tips memilih kenari prospek ala Om Pujo TDS

Om Pujo dari TDS 22 SF Bintaro termasuk salah seorang pengorbit dan pemain kenari papan atas di Jabodetabek. Banyak kenari jawara yang mengorbit melalui tangan dinginnya, antara lain Lintas Rell, Tsabina, Kuncen, dan yang paling gress kenari National.

Berbagai even besar di Blok Barat pernah dimenangi kenari-kenarinya, mulai dari kelas standar kecil, standar besar, hingga standar bebas. Kali ini Om Pujo ingin berbagi tips memilih kenari prospek, khusus untuk pembaca omkicau.com.

Kenari Lintas Rel
Kenari Lintas Rell: Dalam seminggu bisa  menjuarai tiga even.

Untuk mendapatkan tips ini, Om Kicau meluncur ke kediamannya yang asri di komplek Pesona Gintung Residence Blok K-5, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan. Sekilas tidak terkesan kalau di dalam rumah ini terdapat sejumlah kenari jawara dan belasan kenari prospek.

Kenari National
National, kenari jawara orbitan Om Pujo TDS.

Selain pemain dan pengorbit kenari, Om Pujo TDS juga menjadi pengepul kenari prospek. Tak heran kalau di rumahnya terdapat belasan kenari prospek yang digantang berderet selesai dijemur sepanjang pagi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Yang sedang saya jemur ini adalah kenari-kenari prospek. Jumlahnya ada duabelas ekor. Kalau khusus kenari lomba saya simpan di dalam,” jelasnya.

Kenari Tsabina
Kenari Tsabina moncer lebih dulu sebelum Lintas Rell.

Kenari prospek ini terdiri atas beberapa jenis, mulai dari kenari kecil jenis AF hingga kenari F1, F2, dan YS siap lomba. Sebagian besar kenari prospek ini berasal dari rekan sejawatnya.

“Semuanya hasil rawatan sendiri, termasuk yang sudah dibeli para pemain kenari dari berbagai kota dan pulau di Indonesia,” tambah Om Pujo.

Kenari Kuncen
Kuncen, kenari YS yang pernah moncer di Bogor Festival 2014.

Yang dimaksud kenari prospek di sini adalah kenari yang sudah terseleksi kualitas materi, irama, lagu, volume, hingga mental fighternya. Semuanya kenari standar alias non-isian.

Kenari prospek yang baru dibeli dari koleganya itu lantas akan dipoles Om Pujo selama beberapa hari. Tak butuh waktu lama, burung yang sudah terseleksi ketat itu sudah bisa ditampilkan dalam even latber, latpres, maupun lomba.

Tips memilih kenari prospek

Om Pujo TDS dan kenari prospek
Saat ini ada 12 kenari prospek di rumah Om Pujo TDS.

Lantas, bagaimana caranya memilih kenari prospek agar hasil di lapangan tidak mengecewakan? Berikut ini penjelasan Om Pujo. “Hal pertama, jangan percaya apa yang diucapkan pemilik atau penjual kenari yang mengatakan burungnya prospek,” jelasnya.

Bagaimana kalau melihat aksinya melalui video? Ini juga tidak menjamin. Lebih baik dengarkan langsung kualitas suaranya. Jika belum mendengar langsung materi kicauannya, jangan terburu-buru memutuskan membeli!

Dengan memantau langsung kenari yang hendak dibeli, kita bisa mendengar sendiri bagaimana materi irama, lagu, volume, durasi kerja, bahkan mental tempurnya. Lebih baik lagi kalau proses pemantauan itu dilakukan di lapangan, minimal dalam ajang latber.

“Jika kita menemukan kenari yang sedang dipantau kelihatan over birahi, bahkan nabrak-nabrak, jangan buru-buru mundur. Sebab itu bukan karakter kenari, dan bisa dikondisikan lewat settingan dalam perawatan harian,” pesan Om Pujo.

Om Pujo TDS
Om Pujo bersama trofi kemenangan kenari-kenarinya

Jadi, saat kita memantau, yang terpenting pastikan burung memiliki materi dasar bagus. Masalah nabrak-nabrak, itu bisa dikondisikan melalui perawatan harian dan perawatan lomba.

Itulah tips Om Pujo dalam memilih kenari prospek, agar hasil di lapangan tidak mengecewakan.

Kini dengan seabrek materi kenari jawara dan kenari prospeknya, banyak kalangan kenarimania baik pemula maupun kawakan yang memesan hasil polesannya.

Om Pujo tidak pernah membanderol kenari dengan harga tinggi. “Saya nggak pernah jual mahal, Terjangkau banget pokoknya,” tuturnya.

Nah, sobat-sobat kicaumania yang ingin merasakan kenari orbitan TDS 22 SF, silakan meluncur ke kediamannya. Anda bebas memilih materi lagu sesuai dengan selera masing-masing. (d’one)

Om Pujo / TDS 22 SF

Pin  26C3C175

Alamat: Kompek Pesona Gintung Residence Blok K-5, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.