Membuat ayunan untuk melatih kenari muda agar lebih nancep di tenggeran

Melatih kenari agar dapat mencengkeram kuat pada tenggerannya, alias nancep, bisa dilakukan saat burung masih muda. Banyak cara yang bisa diterapkan, misalnya membuat tenggeran yang dapat berayun-ayun di dalam sangkar.

Membuat ayunan untuk kenari
Membuat ayunan untuk burung kenari | Foto: canarytales

Selain bisa melatih kekuatan cakarnya saat mencengkeram, ayunan itu juga dapat menjadi terapi penghilang stres pada kenari.

Ayunan seperti ini sebenarnya mudah diperoleh di toko aksesoris burung. Hanya saja, produk yang dijual umumnya untuk lovebird atau burung paruh bengkok lainnya.

Untuk kenari, Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar rumah. Berikut ini cara membuat ayunan untuk melatih kenari muda agar lebih nancep di tenggeran.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bahan baku yang dibutuhkan:

  1. Kawat yang tebal (bisa menggunakan kawat jemuran, atau kawat untuk menggantung pakaian / hanger).
  2. Tang untuk melipat dan memotong.
  3. Batang kayu atau ranting pohon.
  4. Papan dan paku.

Cara membuat tenggeran berayun

  • Buatlah pola titik-titik pada permukaan papan. Setelah itu, tancapkan paku tepat pada titik-titik tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan gambar berikut:
Pola titik-titik yang dibuat pada selembar papan
Pola titik-titik yang dibuat pada selembar papan.
  • Siapkan kawat, lalu bentuklah pola ayunan dengan mengikuti pola paku yang tertancap pada papan di atas.
ayunan kenari
Kawat dibentuk sesuai pola. Sebelah kanan adalah bentuk ayunan yang sudah selesai dibuat.
  • Batang kayu atau ranting pohon dipotong sesuai dengan panjang yang diinginkan, atau disesuaikan dengan ukuran sangkar. Setelah itu, tancapkan tiap-tiap ujung kawat ayunan ke batang kayu / ranting pohon yang dijadikan tenggerannya itu.
  • Untuk membuat gantungan / kaitannya, Anda bisa menggunakan kawat yang dibentuk menjadi huruf “S”. Selanjutnya, selipkan kawat “S” tersebut pada bagian atas ayunannya, lalu pasangkan dengan cara dikaitkan di sela-sela jeruji di dalam sangkar.

Selain bisa digunakan dalam sangkar harian, tenggeran ayunan ini juga bisa digunakan di dalam kandang umbaran dengan ukuran yang disesuaikan. Sebagai bahan inspirasi bagi Anda, berikut ini beberapa bentuk tenggeran ayunan untuk burung kenari.

Aneka bantuk ayunan untuk burung kenari
Aneka bentuk ayunan untuk burung kenari.

Ayunan ini bisa melatih meningkatkan daya cengkeram kenari pada tenggerannya, sehingga kaki-kakinya menjadi lebih kokoh dan tidak mudah goyah / jatuh. Selain itu juga membantu mencegah dan mengatasi stres pada burung, karena akan menjadi sarana bermain yang menyenangkan bagi kenari.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.