Murai batu Badai: Perawatan biasa, prestasi luar biasa!

Om Robbie Doda, atau kerap pula disapa Om Robbie Ansel (Pejaten 45), mengoleksi sejumlah murai batu jawara seperti Viking, Sutan Raja, Monster, dan Badai. Dua minggu berturut-turut, murai batu Badai selalu meraih juara pertama dalam even yang diikutinya.

Minggu (20/9) lalu, murai batu Badai tampil sebagai juara 1 dan 2 dalam lomba burung berkicau Bumi Indah Cup I di Tangerang. Seminggu kemudian, Badai juga meraih juara 1 dan 2 dalam even Rajawali S3 BC di halaman parkir Samsat BSD Tangerang Selatan (27/9).

Murai batu Badai
Murai batu Badai nyaris nyeri dalam dua pekan berturut-turut.

Murai batu Badai termasuk salah satu simpanan lama Om Robbie. Perawatan burung ini relatif biasa-biasa saja, hampir sama seperti perawatan murai batu pada umumnya. Namun karena punya materi isian yang aduhai, serta naluri bertempur yang tinggi, prestasinya terbilang istimewa.

Untuk extra fooding (EF), Om Robbie hanya mengandalkan pemberian jangkrik sebanyak 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor lagi pada sore hari.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Kroto hanya diberikan dua kali seminggu, yaitu Senin dan Kamis, namun harus dalam kondisi segar. Takarannya pun hanya sejumput saja, sangat sedikit,” tutur Om Robbie.

Adapun ulat hongkong diberikan saat di lapangan, yaitu sebelum digantang dan setiap mau turun ke sesi berikutnya.

Murai batu Badai
MB Badai: Porsi jangkrik 5/5 (harian) dan 7/7 (setelan lomba).

Kebutuhan mandi dan jemur juga bisa dibilang standard. Dalam hal ini, murai batu Badai mandi dua kali dalam seminggu. Penjemuran setiap pagi, dengan durasi sekitar 2-3 jam.

Kalau mau dilombakan, maka settingan dimulai pada H-1, yaitu dengan meningkatkan porsi jangkrik menjadi 7 / 7.

“Pada Hari-H, sebelum digantang, burung dimandikan dulu sambil diberi tujuh ekor jangkrik dan tiga ekor ulat hongkong. Setelah turun satu kali, maka saat jeda menjelang sesi berikutnya, burung diberi lagi lima ekor jangkrik dan satu ekor ulat hongkong,” jelas Om Robbie.

murai batu Badai
MB Badai mandi dua kali seminggu.

Menurut dia, MB Badai tidak bisa diberi jangkrik terlalu banyak. Sebab birahinya dipastikan menjadi kencang, sehingga saat berlomba malah akan terlihat seperti ngerayu musuh-musuh di dekatnya. Ini menunjukkan bahwa Badai memang memiliki daya fighther yang tinggi.

Dengan perawatan yang sederhana namun pas, ditambah materi isiannya yang istimewa, murai batu Badai terus berprestasi dari even yang satu ke even lainnya.

Badai memiliki tembakan cililin yang dibawakan nyusun-nyusun, disertai tonjolan kapas tembak dan serindit, serta lagu burung-burung kecil seperti kenari. (d’one)

Om Robbie Ansel
Om Robbie Ansel mengoleksi empat murai batu jawara: Viking, Sutan Raja, Monster, dan Badai.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.