VOC Cemani Solo Raya diminati pemula: Kelas lovebird full, pleci Jendral hattrick

Gelaran lomba burung berkicau VOC Cemani di Jalan Batik Keris, Kelurahan Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, kini makin diminati para kicaumania di wilayah Solo Raya. EO ini bahkan menjadi favorit para pemula yang sedang getol-getolnya mengobitkan burung hasil rawatannya. Mereka pun tidak canggung berbaur bersama para pemain senior.

Ya, kontes VOC Cemani dari pekan ke pekan makin ramai dan didominasi pemula. Hal ini terlihat dalam even Minggu (27/9) lalu. Ketua VOC Cemani Solo Raya, Om Taufik, turun langsung ke lapangan memberi pemahaman mengenai pakem penilaian burung.

“VOC tak pernah pilih kasih dalam menilai burung. Siapa saja, dan dari mana pun asalnya, tetap dipantau seksama, mulai dari kinerja atau kerajinan, variasi lagu, hingga volume atau ketajaman suara burung,” kata Om Taufik.

Jika di tempat lain juri kerap memberi perhatian lebih pada burung tertentu sehingga menunggu burung kerja, tidak demikian di VOC. Burung yang kerja terlebih dulu itulah yang akan dikontrol paling awal, dan peluang koncer pun tetap ada, meski itu burung debutan baru. Inilah yang membuat gelaran VOC makin diminati para pemula.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kelas lovebird, kenari, dan pleci jadi primadona

Sebagaimana even lainnya di Solo Raya, kelas lovebird juga menjadi primadona di VOC Cemani. Tapi tak hanya lovebird! Kelas kenari dan pleci pun dijubeli peserta.

Kendati tampak wajah-wajah baru, soal kualitas tak kalah dari burung yang lebih dulu mapan. Sebut saja lovebird Lasmini yang langsung menggebrak di sesi pertama Kelas VIP.

Gaco milik Om Anas Gondrong ini rajin bunyi sejak digantang hingga akhir penilaian, dengan durasi yang panjang-panjang pula. Lasmini akhirnya tampil sebagai juara 1, diikuti Bad Boy koleksi Om Roedy Esson (Baron Indah) dan Putra Naga milik Om Jefri Osella (Solo Star BC) yang kerap menjuarai lomba di wilayah Solo Raya.

Anas Gondrong / Cokroningratan BC
Anas Gondrong / Cokroningratan BC moncer bersama lovebird Lasmini.

Om Fajar SPN berjaya di Kelas Special A, melalui lovebird SS026. Burung ini mengungguli lovebird Mimi Bohai milik Om Hari Cungkwok dan Albino kepunyaan Om Ridwan (RDD SF).

“Saya sengaja mencoba turun di sini. Sebelumnya saya hanya mendengar kalau penilaian di sini fairplay, dan ternyata memang benar,” ujar Om Fajar.

Fajar SPN
Fajar SPN: Lovebird SS026 juara Kelas Special A.

Kelas Special B dimenangi lovebird Lily milik Om Robby Ando. Juara 2 kembali ditempati Mimi Bohai, dan juara 3 Once kepunyaan Mr Harno (HT BC).

Kemenangan LB Lily membuat Om Robby Ando bersemangat mengikuti even-even berikutnya. “Ini turun perdana di lomba. Lily merupakan burung rumahan, saya rawat seadanya, tanpa persiapan khusus. Asal cukup makan dan minum, lalu bersihkan sangkar. Ternyata bisa nampil, bahkan juara,” kata Om Robby.

Robby Ando SF dan lovebird Lily
Robby Ando SF andalkan lovebird Lily.

Penampilan gemilang ditunjukkan lovebird Vanesha. Burung koleksi Az Zahra (Mangkuyudan) ini meraih double winner, dengan menjuarai Kelas Bintang B dan C.

Om Sumantri dan Om Totok WD juga bisa merasakan aroma kepuasan para pemula, karena juri menilai setiap burung apa adanya, tanpa muatan kepentingan tertentu.

Dalam even ini, Om Sumantri menurunkan lovebird Sultan Boyong, dengan hasil juara 5 dan 10. Adapun Om Totok WD membawa lovebird Queen (juara 3, 4) dan Lilin (juara 8).

Om Sumantri
Om Sumantri: LB Sultan Boyong dua kali moncer.
Om Totok WD dan lovebird Queen
Om Totok WD orbitkan lovebird Queen.

Pleci Jendral mencetak hattrick

Peserta di kelas pleci juga makin makin ramai dan banyak burung yang mau tampil stabil, termasuk pleci Jendral yang sukses menjuarai tiga kelas (hattrick) dari empat kelas yang dilombakan. Jendral menjuarai Kelas VIP, Sejati B, dan Sejati C.

Menurut Om Bimo, pleci Jendral termasuk gaco yang mudah kerja, roll speednya juga rapat sekali. Tidak heran jika empat kali tampil, Jendral meraih juara 1, 1, 1, dan 4.

Om Bimo dan pleci Jendral
Om Bimo: Pleci Jendral mencetak hattrick.

Satu-satunya kelas yang gagal dimenanginya adalah Sejati A. Kelas ini dimenangi pleci Dhemit VOC milik Mbah Naim dari CPM Sukoharjo yang kali ini memperkuat Duta BnR Purwodadi.

Selain menjuarai satu kelas, Dhemit VOC juga meraih juara 2 dan 3 pada sesi lainnya. “Sebenarnya masih bisa lebih baik lagi. Dhemit VOC siap memberi ancaman buat pleci mapan lainnya,” kata Mbah Naim.

Mbah Naim dan pleci Dhemit VOC
Mbah Naim (Duta BnR Purwodadi) moncer bersama pleci Dhemit VOC.

Cendet Scorpion besutan Om Danang HSW juga tampil oke dan menjuarai dua kelas. Om Danang bakal menurunkan kembali Scorpion dalam even PMS di Sragen (4/10), Kambing Hitam Cup di Sleman (11/10), Gondangrejo Sragen (18/10), dan Pertamak’s Team di Kartasura (25/10).

Pertarungan di kelas cucak hijau juga seru. Gong 2000 milik Om Suryanto tampil energik dan memenangi pertarungan. Cucak hijau Hulk milik Om Bagas juga tampil bagus. Sayangnya, Hulk masih sedikit kurang rajin, sehingga harus puas di tempat kedua.

Om Bagas dan cucak hijau Hulk
Om Bagas: Cucak hijau Hulk juara 2.

Pekan depan, Om Bagas akan menurunkan lagi cucak hijau Hulk dalam even VOC yang menggelar latihan rutin setiap hari Minggu. “Sambil mencoba setelan, kita ubah sedikit supaya durasinya makin oke,” tutur Om Bagas.

Mewakili seluruh kru panitia dan juri, Om Taufik menyampaikan terimakasih kepada para peserta. Bukan sekadar kehadirannya, melainkan juga karena peserta mau mengikuti lomba secara tertib sehingga ikut membantu juri dalam menilai burung secara fairplay. (Waca)

David Killa 257
David Killa 257 moncer bersama kenari Amazamiru dan Mandala.
Panitia Kicau Mania VOC Cemani Solo Raya
Panitia Kicau Mania VOC Cemani Solo Raya.

Hasil Kontes VOC Cemani Solo Raya (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.