Settingan lomba untuk kenari indukan ala Om Zetta Bacang BF Ciputat

Om Zetta, owner Bacang Bird Farm (BF) Ciputat, termasuk sosok kreatif. Selain sukses menangkar lovebird dan murai batu, dia juga sukses beternak kenari, sekaligus mengorbitkannya ke arena lomba. Kali ini Om Zetta ingin berbagi tips mengenai settingan lomba untuk kenari yang kebetulan juga menjadi induk di kandang ternak.

Saat ini Om Zetta memiliki beberapa kenari andalan yang kerap menjuarai berbagai lomba di Jabodetabek. Dua di antaranya merupakan jawara yang juga difungsikan sebagai pejantan di kandang ternak Bacang BF Ciputat, yakni kenari Monas dan kenari Maddara.

Om Zetta bersama kenari Monas
Om Zetta bersama kenari Monas

Hampir setiap pekan, kenari Monas dan Maddara meraih prestasi di arena lomba, baik sebagai juara pertama, kedua, maupun nomor-nomor kecil lainnya.

“Meski kerap menjadi juara, Monas dan Maddara juga menjadi pejantan tangguh di kandang ternak. Keduanya sudah memiliki anakan, dan laris-manis di pasaran,” ujar Om Zetta.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kenari Monas
Kenari Monas, hampir setiap pekan moncer di lapangan.

Tentu saja laris-manis, karena kalangan pemain di Jabodetabek juga tahu kalau kenari Maddara dan Monas sering juara.

Deretan piagam gaco-gaco kenari Bacang BF
Deretan piagam gaco-gaco kenari orbitan Bacang BF.

Gambar di bawah ini merupakan anakan kenari Monas, hasil perkawinan dengan betina F2YS.

Breeding kenari Bacang BF Ciputat
Anakan kenari Monas vs betina F2YS: Umur 1,5 bulan, postur panjang njingkring.

Bagaimana cara merawat kenari induk yang setiap pekan diturunkan di lapangan? Untuk perawatan harian, kata Om Zetta, tidak jauh berbeda dari kenari-kenari jantan lainnya di kandang ternak. Hanya saja, dia melakukan settingan khusus jika mau dilombakan.

Kenari Maddara
Kenari Maddara juga langganan juara.

“Kalau burung mau dilombakan, biasanya saya mandikan terlebih dulu pada pagi hari. Usai dijemur, Monas dan Maddara diberi extra fooding (EF) berupa pakcoy (sawi sendok) serta sepotong jagung,” jelas Om Zetta.

Penjemuran anakan kenari
Penjemuran anakan kenari hasil breeding Bacang BF Ciputat.

Burung kemudian di bawa ke arena lomba. Sampai di lapangan pun, biasanya Om Zetta memandikan lagi kenarinya, dengan cara disemprot halus, namun tak boleh terlalu basah. Ini dilakukannya sekitar dua sesi sebelum digantang.

“Habis mandi, burung dianginkan sebentar sambil diberi pakan. Sekitar setengah sesi sebelum lomba dimulai, pakan dicabut dan burung dikerodong. Kita tinggal nunggu panggilan untuk menggantang,” tambahnya.

Sepulang dari lomba, kenari Monas serta Maddara langsung dicampur dengan betinanya di kandang ternak, sampai kawin. Dengan cara seperti inilah, birahi keduanya selalu stabil.

Kenari Monas
Sehabis lomba, Monas langsung dicampur dengan betinanya.

Berdasarkan pengalamannya ini, Om Zetta ingin mengingatkan bahwa burung yang diternak itu tidak berarti harus pensiun dari lapangan. Dia tetap boleh digantang, asalkan kita bisa memahami karakter burung itu sendiri. (OK-2)

Kandang ternak kenari Bacang BF
Kandang ternak kenari Bacang BF
Anakan kenari baru saja menetas
Anakan kenari yang baru saja menetas.
Induk dan anakan kenari
Induk dan anakan kenari

Penasaran dengan aksi kenari Monas dan kenari Maddara? Silakan klik tautan di bawah ini untuk melihat video penampilan kedua kenari indukan yang sekaligus jawara lomba:

Video kenari Monas  |  Video kenari Maddara

Om Zetta / Bacang BF

Kontak: Pin BB 53833AB8

Alamat: Jl WR Supratman, Gang Bacan RT 001 / RW 09, Ciputat, Tangerang Selatan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.