MB Barongsai, kacer Alexis, pleci Supernova nyeri di DPRD Cup Salatiga

Halaman kantor Pemerintah Kota Salatiga yang terletak di seputaran Alun-Alun Kota Salatiga, Minggu (8/11), dipenuhi ratusan kicaumania. Hari itu digelar lomba burung berkicau DPRD Cup Salatiga. Panitia yang diketuai Om Poer Nasa terbilang sukses menggelar even tersebut.

Kelas-kelas favorit seperti lovebird, kenari, kacer, murai batu, dan cucak hijau diluberi peserta. Ada tiga burung yang menjadi bintang lapangan dengan menjuarai dua kelas alias nyeri juara 1. Ketiganya adalah murai batu Barongsai, kacer Alexis, dan pleci Supernova.

Murai batu Barongsai merupakan gaco lawas milik Om Nyoman Sumanata (Legian, Bali), namun sehari-hari dirawat Om Kempong di Solo. “Barongsai sempat lama tidak turun ke lomba. Bukan semata karena mabung, tapi juga karena sakit berkepanjangan,” kata Om Kempong.

Murai batu Barongsa
Murai batu Barongsai: Habis sakit pun tetap sangar.

Namun berkat ketelatenan dan keuletannya, Barongsai berangsur-angsur pulih. Kini sudah sehat dan fit kembali, bahkan tampil maksimal di DPRD Cup dengan menjuarai dua kelas.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebelumnya, MB Barongsai sempat dijajal dalam even akbar Jaya Lestari Cup di Jakarta (25/10). Saat itu sudah mau nampil, dengan meraih juara 2 dan 4 di tengah kepungan murai-murai terbaik dari berbagai daerah di Indonesia.

Murai batu Barongsay
Om Kempong sukses mengawal MB Barongsai.

Panitia DPRD Cup Salatiga membuka tiga kelas murai batu, satu di antaranya murai batu borneo. Barongsai tidak terkalahkan pada dua kelas murai umum, yaitu VIP dan Bintang.

Meski mendapat perlawanan sengit dari Hecker milik Om Vicho RB (Remaja Batu Salatiga) dan Super Angker milik Om Agus Komando (Duta Grabag BC), Barongsari selalu bertengger di urutan pertama.

Murai batu Hecker menempati posisi kedua Kelas VIP, diikuti Super Angker. Namun pada Kelas Bintang, giliran Super Angker di posisi kedua, dan Hecker di urutan ketiga. Penampilan kedua jagoan ini memang menawan dan mendapat apresiasi dari penonton maupun peserta lainnya.

Murai batu Hecker
Murai batu Hecker kembali berkiprah.

“Kebetulan Hecker baru pulih mabung, jadi belum 100 persen. Semoga pada even berikutnya bisa lebih dahsyat lagi,” jelas Om Vicho.

Ini merupakan penampilan kedua Hecker pascamabung. Sebelumnya, Hecker sudah dicoba dalam even Nasmoco Cup di Semarang (1/11) dan meraih juara kedua.

Om Vicho RB dan murai batu Hecker
Om Vicho RB bersama murai batu Hecker.

Rencananya, Om Vicho akan menurunkan kembali murai batu Hecker dalam even Dan Dodiklatpur Cup di Klaten (29/11), Perang Bintang Soba Enterprise di Solo Baru (6/12), Wali Kota Cup di Solo (20/12), dan even nasional Plaza Cup 4 di Semarang, 17 Januari 2016.

Selain moncer di kelas murai batu, Om Vicho juga menurunkan gaco andalan lainnya, yaitu cucak hijau Artis 99. Gelar juara pertama pun diraihnya. Dua kelas lainnya dimenangi cucak hijau Mazda milik Drs Suprodjo WS dan Petir XXX kepunyaan Sari Kawul.

Meski belum meraih juara 1, performa cucak hijau Red Bul milik Om Imam Mebel (Ambarawa) tak mengecewakan. Dua kali burung ini meraih juara 4. Perfomanya terus meningkat, selalu ngentrok habis sambil njambul. Dalam even-even lokal seperti Bandongan, Red Bul kerap meraih juara.

Cucak hijau Red Bull milik Om Imam Mebel
Cucak hijau Red Bull milik Om Imam Mebel

Penampilan hebat juga diperlihatkan kacer Alexis milik Om Kelvin Austin SF Jogja. Sejak awal digantang, Alexis terus mendobrak hebat, dan akhirnya berhasil memborong dua gelar juara 1.

Pada Kelas Bintang, kacer Alexis mengungguli Badboy milik Om Dhika Buser dan Joker orbitan Om Rony Stiga. Kelas Sejati juga dimenanginya, setelah mengalahkan kacer Jendral milik Om Bowo Fabiano serta Hantu Laut kepunyaan Bebek.

Om Kevin Austin SF
Om Kevin Austin SF: Kacer Alexis nyeri juara 1.

Kinerja Alexis nyaris kaya mesin diesel. Makin panas makin dahsyat. Kalau ada sesi ketiga, Om Kelvin pun optimis gaconya bisa kembali meraih juara 1. Sebelumnya, Alexis juga menang hattrick dalam Nasmoco Cup di Semarang.

H Suwadi (SWD) belum terbendung di kelas pleci. Gaco andalannya, pleci Supernova, sukses mencetak double winner. Dua kali, yaitu Kelas Favorit A dan B, Supernova memaksa pleci Matic milik Om Ipin KP (Pleman SL3) bertengger di urutan kedua. Kelas Midletone dijuarai Black Cap milik Om Bonex , juga dari Pleman SL3.

Persaingan ketat juga terjadi pada tiga kelas kenari, sehingga tidak ada burung yang mampu memenangi lebih dari satu kelas. Kelas Bebas Bintang dijuarai Messi milik H Suwadi, diikuti PNS milik Om Mahendra (Balung Manuk BC) dan Sarmento andalan Om Bowo Febiano.

Kru SWD
Kru SWD menang di kelas pleci dan kenari.

Kelas Bebas Sejati menjadi milik kenari Pepe. Gaco orbitan Om Sigit Kapal ini unggul atas Comando milik Om Kelvin Austin SF. Dalam liga laga beruntun, Pepe selalu meraih juara 1. Adapun Kelas Favorit dijuarai kenari Bintang milik Om Miming, diikuti Intuisi koleksi Adi Karya.

Om Sigit Kapal (dan kenari Pepe
Om Sigit Kapal (kiri): Kenari Pepe selalu juara 1 dalam 5 laga beruntun.

Hasil nyeri yang diraih kacer Alexis, serta tambahan poin dari kenari Commando, mengantar Om Kelvin Austin SF meraih trofi juara umum single fighter. Juara umum BC diraih Duta Wali Kota Cup Solo, yang akan menggelar even 20 Desember mendatang. (Waca)

Duta Wali Kota Cup Solo (20/12) juara umum BC
Duta Wali Kota Cup Solo (20/12) juara umum BC.
Om Poer Nasa, ketua panitia DPRD Cup Salatiga
Om Poer Nasa, ketua panitia DPRD Cup Salatiga.
Om Winoto dan Om Faiz
Om Winoto (kanan) dan Om Faiz: Dukungan di belakang layar.
Ketua DPRD bersama Sekda Salatiga
Ketua DPRD Salatiga M Teddy Sulistio SE (kiri) bersama Sekda Drs Agus Rudianto MM.

Hasil Lomba DPRD Cup Salatiga (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.