Liga SRJ Seri III: Kacer Ciu hattrick, Bungo BC kembali pimpin klasemen

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Persaingan tim / bird club dalam Liga Burung Berkicau SRJ (Sumbar –  Riau – Jambi) makin memanas. Dalam Liga SRJ Seri III di lapangan permanen Jalan 7 Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Minggu (15/11), Bungo BC mampu merebut kembali pimpinan klasemen sementara, yang sempat diambilalih Dharmasraya BC (DBC).

Sesuai dengan namanya, Liga Burung Berkicau SRJ diikuti para kicaumania dari tiga provinsi, masing-masing Sumatera Barat, Riau, dan Jambi. Dua seri terdahulu digelar di Muaro Bungo, Provinsi Jambi (11/10) dan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya, Sumbar (1/11).

Meski pada hari itu juga digelar sejumlah even di tempat lain, misalnya Britama Singing Bird Competition di Solok (Sumbar) dan Piala Huda Haidir Muko-Muko (Bengkulu), Liga SRJ Seri III tetap ramai dihadiri para kicaumania dari Sumbar, Riau, Jambi, dan sekitarnya.

Liga Burung Berkicau SRJ memiliki daya tarik tersendiri, sehingga tetap diminati para kicaumania. Hal ini terbukti dari tampilnya sejumlah gaco langanan juara dalam even tersebut.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Bintang lapangan kali ini adalah kacer Ciu. Jagoan orbitan Om Zalvi (Bungo BC) ini mencetak hattrick, dengan menjuarai Kelas Bintang Jambi, Bintang Sumbar, dan Bintang Riau.

Kacer Ciu milik Om Zalvi (Bungo BC)
Kacer Ciu milik Om Zalvi (Bungo BC) hattrick.

Kacer Bintang milik Om Wansah, juga dari Bungo BC, tiga kali menjadi runner-up. Juara 3 pada ketiga kelas tersebut masing-masing diraih kacer ATM milik Om Jalu (Bungo BC), Monster milik Om Sunarto (DBC), dan Kaisar andalan Om Solker (DBC).

Kelas utama Sprint SRJ dijuarai kacer Goku milik Om Yondra dari Rimbo Tebo BC. Goku mengalahkan kacer Raja Hutan kepunyaan Om Hans HJB yang memperkuat Bungo BC. Di kelas utama ini, kacer Ciu dan Bintang memang tidak turun.

Selain kacer Ciu, ada tiga burung yang tampil menawan dan sama-sama menjuarai dua kelas (double winner). Ketiganya adalah murai batu Bala Dewa andalan Om Acun (Bungo BC), kenari MP-3 orbitan Om Gun (BBM Team), dan kapas tembak Badai kepunyaan Om Lamat Baron (DBC).

Murai batu Bala Dewa
Murai batu Bala Dewa andalan Om Acun (Bungo BC).

Reputasi murai batu Bala Dewa memang tak perlu diragukan lagi. Burung ini menjuarai Kelas Bintang Jambi, unggul atas MB Khadafi milik P Iwan dan Badai milik Om Ilman, keduanya dari DBC.

Bala Dewa juga terbaik di Kelas Bintang Sumbar. Lagi-lagi Khadafi harus puas bertengger di peringkat kedua, disusul murai batu Bul-Bul milik Om Coy dari Bangko BC.

Hampir saja MB Bala Dewa mencetak hattrick seperti kacer Ciu. Sayangnya, pada Kelas Bintang Riau, burung ini harus puas di urutan kedua, disusul Bul-Bul di peringkat ketiga. Murai batu Khadafi sukses menjuarai Kelas Sprint SRJ.

Murai batu Khadafi milik P Iwan (DBC)
Murai batu Khadafi milik P Iwan (DBC) terbaik di kelas utama.

Om Gun (BBM Team) meraih double winner melalui kenari MP-3. Jagoannya menjuarai Kelas Bintang Jambi dan Bintang Sumbar. MP-3 mengalahkan kenari Sponge Bob koleksi RM Sederhana (DBC) serta Rossi milik Om Dadan (Bungo BC). Kelas Bintang Riau dimenangi Sponge Bob.

Kenari MP-3 milik Om Gun (BBM Team)
Kenari MP-3 milik Om Gun (BBM Team) nyeri juara 1

Persaingan ketat terjadi pada tiga kelas kapas tembak, terutama antara Badai milik Om Lamat Baron (DBC), Kampak Merah kepunyaan Om Eko (Bangko BC), dan Jenggot Sunnah orbitan Om Marta (BBM Team).

Badai berhasil menjuarai dua kelas. Di Kelas Bintang Jambi, Badai mamaksa Kampak Merah di posisi kedua. Adapun di Kelas Bintang Sumbar, Badai mengalahkan Jenggot Sunnah. Tetapi Jenggot Sunnah pun kebagian trofi juara 1, setelah memenangi Kelas Bintang Riau.

Kapas tembak Badai milik Om Lamat Baron (DBC)
Kapas tembak Badai milik Om Lamat Baron (DBC)

Tiga kelas cucak hijau dimenangi jagoan berbeda. Cucak hijau Gajah Mada milik Om Amin (Bungo BC) terbaik di Kelas Bintang Jambi. Unyil milik Om Edi (BBM) menjuarai Kelas Bintang Sumbar, sedangkan Kelas Bintang Riau dijuarai Lebong J koleksi RM Sederhana (DBC).

Cucak hijau Gajah Mada milik Om Amin (Bungo BC)
Cucak hijau Gajah Mada milik Om Amin (Bungo BC).

Lovebird juga dibuka tiga sesi, dengan juara yang berlainan. Ini menandakan peta kekuatan lovebird di Liga SRJ relatif merata. Kelas Bintang Jambi dimenangi LB Mpok Atik milik H Tekun / Dadan (Bungo BC). Lovebird Laura milik Om Endra (Bungo BC) unggul di Kelas Bintang Sumbar, dan LB Clara orbitan Om Gunadi (Bungo BC) menjuarai Kelas Bintang Riau.

Meski juaranya burung yang berbeda, Bungo BC sukses menyapubersih semua kelas lovebird. Secara keseluruhan, Bungo BC mengumpulkan 890 poin dari Liga SRJ Seri III. DBC 600 poin, sedangkan BBM Team dan Bangko BC sama-sama meraih 310 poin, diikuti Rimbo Tebo BC (130 poin).

Jika diakumulasikan dengan poin hasil dua seri sebelumnya, Bungo BC mengoleksi 2.300 poin, selisih tipis dari DBC (2.270 poin). Kendati berhasil merebut kembali pimpinan klasemen sementara, posisi Bungo BC belum aman dari kejaran DBC maupun tim lain seperti BBM Team dan Bangko BC.

Panitia dan juri Liga Burung Berkicau SRJ Seri III Rimbo Bujang
Panitia dan juri Liga Burung Berkicau SRJ Seri III Rimbo Bujang

Secara keseluruhan, even Liga SRJ Seri III SRJ berlangsung lancar dan tertib. Om Suko Hadi mewakili seluruh panitia dan juri mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang sudah hadir, juga atas dukungan Pakan Burung Chirpy. (Kontributor: Om Yopie Rimbo)

Chirpy sponsor Liga SRJ Seri III
Chirpy sponsori Liga Burung Berkicau SRJ Seri III di Rimbo Bujang, Jambi.

Hasil Liga SRJ Seri III | Klasemen Sementara

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.