Kacer Conan milik Om Yunus Candrabaga: Tanpa EF, hanya voer dan pepaya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Nama Om Yunus H (Candrabaga SF) lebih dulu eksis di kelas kenari, khususnya di wilayah Jabodetabek. Beberapa kenari orbitannya kerap menjuarai lomba, misalnya Tomcat dan Sinchan. Kini dia beralih ke kacer, dan memiliki beberapa jawara baru seperti D’Junior, Senior, Conan, dan yang paling gres Kaisar Muda.

Yang menarik adalah karakter kacer Conan. Burung ini sehari-hari hanya mau mengkonsumsi voer dan pepaya, tanpa extra fooding (EF) sama sekali. Begitu juga kalau mau lomba, tidak perlu diberi jangkrik, kroto, maupun ulat hongkong.

Kacer Conan
Kacer Conan: Pakan hariannya hanya voer dan pepaya, tanpa EF.

“Soalnya kalau dikasih extra fooding seperti jangkrik dan kroto, penampilan Conan menjadi galak,” kata Om Yunus Candrabaga.

Ya, setiap individu kacer memang memiliki karakter dan perilaku yang tidak selalu sama. Kacer Panglima Sumatera, jawara milik H Rico Lampung, justru tidak pernah diberi voer dan jangkrik. Sehari-hari hanya mau mengkonsumsi kroto, plus air minum. Toh burung ini kerap menjuarai even besar baik di Sumatera maupun Jawa.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

( Profil kacer Panglima Sumatera bisa dilihat di sini )

Selain mudah dalam urusan pakan, tambah Om Yunus Candrabaga, kacer Conan juga mudah dalam perawatan yang lain. Misalnya soal mandi-jemur. Mandi rutin dilakukan setiap hari. Tetapi habis mandi hanya dianginkan sampai bulu-bulunya agak mengering. “Conan malah tidak mengenal penjemuran. Pokoknya habis mandi cukup dianginkan saja, nggak perlu dijemur,” tuturnya.

Om Yunus Candrabagadi kelas kacer
Om Yunus Candrabaga kini eksis di kelas kacer.

Karena karakternya yang unik, Om Yunus pun menangani sendiri perawatan kacer Conan. Ini berbeda dari tiga kacer lainnya, yang dipegang oleh perawat masing-masing. Kacer Senior dipegang Mr Bejo, D’Junior dirawat Mr Uyee, dan Kaisar Muda ditangani Mr Sani.

“Hanya kacer Conan yang pegang sendiri. Soalnya perawatannya jauh lebih mudah dibandingkan dengan kacer-kacer lainnya, he.. he..,” ungkapnya.

Meski perawatannya sangat minimalis, hanya mengandalkan voer dan pepaya, kacer Conan selama ini terus menuai prestasi. Baru tiga kali dibawa ke lapangan, tapi selalu meraih juara pertama.

Materi lagunya juga tidak kalah mewah, kendati isian yang paling menonjol adalah ngekek lovebird dan serindit. Kini Conan baru memulai masa mabungnya, sehingga Om Yunus hanya mengandalkan tiga kacer lainnya: D’Junior, Senior, dan Kaisar Muda.

Kacer D'Junior
Kacer D’Junior juara 1 di even Ronggolawe, Pasar Segar Bekasi, Minggu (3/1).

Dalam even Ronggolawe di Pasar Segar Bekas, Minggu (3/1), kacer D’Junior meraih juara 1, 4, dan 8.  Burung ini baru dua bulan di tangan Om Yunus. “Hampir setiap minggu selalu saya turunkan, baik latpres maupun lomba besar, dan prestasinya sudah banyak,” terangnya.

D’Junior memiliki isian berupa tonjolan cililin, ngekek lovebird, serindit, pelatuk, burung gereja tarung, dan lain-lain. Materi lagunya mewah, speednya rapat, durasi kerja oke, dan volumenya juga tembus.

Kacer Senior juga tampil lebih stabil lagi. Adapun kacer Kaisar Muda baru beberapa hari di tangannya. Kini dengan empat gaco di kelas kacer, Om Yunus siap menapaki deretan papan atas kacermania di area Jabodetabek.

Kacer Senior
Kacer Senior selalu tampil stabil.

Om Yunus mulai aktif sebagai pemain lapangan dengan menekuni kenari, meski atmosfer persaingan kenari di Jabodetabek sejak dulu cukup panas. Dua tahun lalu, dua gaconya cukup disegani, yakni Tomcat dan Sinchan.

“Sekarang saya main juga di kelas kacer. Soalnya beberapa waktu lalu kenari sempat sepi di Bekasi. Tapi sampai kini saya tetap main di kelas kenari. Khusus Sinchan sudah masuk kandang ternak, sekarang saya orbitkan gaco baru lagi,” ungkap Om Yunus H.

Om Yunus Candrabaga
Om Yunus: Saya tetap main di kelas kenari.

Beberapa gaco baru pendamping Tomcat juga sudah moncer di lapangan, misalnya Felix (jenis F1) dan Cleo (AF). Adapun Tomcat, gaco lawasnya yang juga jenis AF, masih tetap berprestasi sampai sekarang. (d’one)

Kenari Tomcat
Kenari Tomcat sudah dua tahun berprestasi.
Kenari Cleo
Kenari Cleo, jenis AF, salah satu pelapis Tomcat.
Om Yunus Candrabaga
Koleksi trofi kemenangan gaco-gaco Om Yunus Candrabaga.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.