Burung kekep babi digemari bukan karena kicauannya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kekep babi memang bukan jenis burung yang popular di kalangan kicaumania. Tapi jangan salah sangka, burung ini ternyata cukup digemari. Memang bukan karena suara kicauannya, melainkan karena mudah dilatih seperti halnya falconer atau burung pemangsa.

Burung kekep babi atau White-breasted woodswallow
Burung kekep babi / white-breasted woodswallow

Burung kekep babi atau white-breasted woodswallow (Artamus leucorynchus) merupakan salah satu anggota keluarga Artamidae. Postur tubuhnya sedang dan dikelompokkan sebagai jenis burung pemakan serangga, dengan habitat kawasan pesisir, sawah, tegalan, dan hutan sekunder hingga ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut (dpl).

Kekep babi banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Dalam tulisan sebelumnya disebutkan, lima dari sembilan ras burung kekep babi tersebar di wilayah Indonesia, terutama Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

( lihat juga Lima dari 9 ras burung kekep babi ada di Indonesia )

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Suara burung kekep babi memang kurang menarik, lebih mirip suara burung sriti. Tetapi burung ini sangat digemari (terutama dalam beberapa bulan terakhir ini), karena memiliki kecerdasan yang hampir sama seperti parkit, elang, dan burung hantu.

Karena alasan itulah banyak orang mencarinya untuk dilatih melakukan berbagai atraksi. Bahkan, kekep babi yang sudah terlatih atau pintar bisa dihargai dengan harga yang lebih tinggi.

Burung kekep babi idealnya dilatih sejak masih anakan, atau minimal masih muda. Sebab jika sudah dewasa, apalagi hasil tangkapan hutan, sulit sekali melatihnya, bahkan sulit untuk menjinakkannya.

Jika masih anakan, burung mudah jinak dan mudah dilatih, tidak jauh berbeda dari burung jalak atau kutilang yang dirawat sejak lolohan. Gaya terbang kekep babi terlihat unik, mirip burung layang-layang atau burung pemangsa yang bisa terbang melayang di udara tanpa mengepakkan kedua sayapnya.

Cara melatih burung kekep babi

Burung kekep babi yang sudah dilatih terbang bebas (Youtube)
Burung kekep babi yang sudah dilatih terbang bebas (Foto: youtube)

Melatih anakan burung kekep babi lebih mudah dilakukan setelah dia bisa terbang sendiri. Sebelum melatihnya, si pemilik perlu menyiapkan peralatan seperti peluit dan pakan serangga yang akan menjadi hadiah jika burung bisa menjalankan perintah kita.

Pada tahap pertama, latihan dilakukan dalam jarak cukup pendek. Burung diletakkan di lantai dengan jarak sekitar 1 meter dari tangan. Setelah itu, sodorkan pakan serangganya sambil meniup peluit atau ucapkan namanya.

Setelah burung mendekat, pakan bisa langsung diberikan sambil kembali meniupkan peluit atau menyebut namanya. Lakukan hal ini selama beberapa kali sampai burung faham betul apa arti peluit atau panggilan namanya.

Pada latihan tahap berikutnya, jarak terbang dibuat agak jauh, misalnya sekitar 5 meter. Lakukan pelatihan yang sama seperti pada tahap pertama.

Kelak, jika burung sudah terlatih, maka jarak terbang pada latihan berikutnya bisa dibuat makin jauh, misalnya10 meter. Pada saat itulah Anda sudah tidak perlu menggunakan pakan sebagai pemancing, tetapi hanya menggunakan peluit atau cukup memanggil namanya.

Dengan melakukan pelatihan secara rutin, burung kekep babi akan semakin terlatih dan siap melakukan berbagai atraksi berikutnya yang Anda inginkan. Misalnya berburu pakan seperti dalam video milik Kang Rimbun berikut ini:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.