Gelatik batu himalaya, si jambul nyentrik — Download suaranya untuk masteran!

Dari beragam jenis gelatik batu yang tersebar di seluruh dunia, terdapat satu spesies unik dari Himalaya. Namanya himalayan black-lored tit (Machlolophus xanthogenys), ataubisa disebut gelatik batu himalaya.Penampilannya mirip remaja-remaja punk dengan jambulnya yang nyentrik. Di balik penampilannya yang nyentrik, burung ini juga punya suara kicauan yang nyaring dan cocok dijadikan masteran untuk gelatik batu yang Anda pelihara di rumah.

Himalayan black-lore dengan jambulnya yang nyentrik
Burung gelatik batu himalaya / himalayan black-lore tit dengan jambulnya yang nyentrik.

Himalayan black-lored tit merupakan salah satu anggota keluarga besar Paridae atau gelatik batu. Sepintas, penampilannya memiliki kemiripan dengan yellow-cheeked tit dan yellow tit, sehingga dianggap sebagai kerabat terdekatnya.

Tubuhnya berukuran kecil, dengan panjang tubuh 13-14 cm. Gelatik batu himalaya mudah dikenali dari bentuk jambulnya yang unik, dengan garis hitam menutupi mata, yang membuatnya mirip anak punk. Bagian dada bergaris hitam sebagaimana burung gelatik batu pada umumnya, namun dengan bulu berwarna kekuningan.

Spesies yang memiliki wilayah persebaran mulai dari Himalaya hingga Semenanjung India ini termasuk burung penetap, meski terkadang berpindah-pindah dalam jarak pendek ke daerah yang lebih rendah, terutama pada luar musim kawin.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Pada musim kawin (Maret – Juli), gelatik batu himalaya akan memanfaatkan lubang-lubang bekas sarang burung pelatuk atau barbet yang ada di batang pohon. Mereka juga sering ditemukan bersarang di dalam lubang bangunan buatan manusia.

Pakan utamanya adalah serangga kecil dan larva, namun sangat menyukai laba-laba (Araneae), semut, dan kecoak. Selain serangga, burung ini pun kerap menyantap buah-buahan yang baru matang di pohon.

Memiliki penyebaran hanya di Himalaya sampai Semenanjung India
Gelatik batu himalaya tersebar mulai dari Himalaya sampai Semenanjung India.

Suara kicauan gelatik batu himalaya memiliki kemiripan dengan gelatik batu atau gelatik wingko yang biasa dipiara sobat kicaumania di Indonesia. Hanya saja, suaranya terdengar lebih lantang dengan irama yang lebih bervariasi.

Berikut ini suara kicauan gelatik batu himalaya yang bisa dimanfaatkan untuk memancing bunyi atau untuk memaster burung gelatik batu / wingko di rumah.

  • Suara wucit gelatik batu himalaya variasi 1 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan gelatik batu himalaya variasi 2 | DOWNLOAD
  • Suara gelatik batu himalaya variasi 3 | DOWNLOAD

Unduh semua audionya di sini

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.