Lovebird Cebol milik Om Iwan Buah bergaya bak anis merah

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Dalam beberapa pekan terakhir ini, nama lovebird Cebol selalu menghiasi daftar juara Latber Effentta di Jalan Halmahera, Kelurahan Kebun Handil, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Sejak akhir Februari hingga awal April 2016, gaco andalan Om Iwan Buah ini sudah mengoleksi tujuh gelar juara 1.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Lovebird Cebol
Lovebird Cebol: Umur 9 bulan, prestasi makin stabil.

Menurut Om Iwan Buah, lovebird Cebol saat ini berumur 9 bulan. Burung ini layak juara, lantaran rajin bunyi, baik di lapangan maupun di rumah. “Bunyinya panjang-panjang, dengan gaya aduhai bak burung anis merah,” jelas pengusaha desain interior itu.

Ya, setiap menghadi lawan-lawannya, Cebol memang aktif bunyi sambil meliuk-liukkan kepalanya ke kiri dan kanan, mirip anis merah yang sedang teler. Aksinya makin menjadi-jadi tatkala juri sedang memberi penilaian di bawah gantangannya.

Berikut ini cuplikan video lovebird Cebol milik Om Iwan Buah:

Perawatan simpel lovebird Cebol

Yang membuat Om Iwan Buah makin sayang terhadap lovebird Cebol adalah perawatannya yang sangat simpel. Sehari-hari burung ini dirawat Om Niko, mekanik andalan Om Iwan Buah.

Om Niko dan lovebird Cebol
Om Niko, perawat andalan Om Iwan Buah, bersama lovebird Cebol.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Berikut ini ringkasan perawatan lovebird Cebol:

  • Setiap hari, mulai pukul 09.00, kerodong dibuka dan burung dianginkan sebentar.
  • Setelah itu dimandikan, sambil membersihkan sangkarnya, serta memeriksa stok pakan dan air minum. “Habis mandi, dan sangkar sudah bersih, barulah Cebol dijemur sampai puas,” kata Om Iwan Buah.
  • Sore hari, lovebird Cebol kembali dimandikan, lantas dianginkan hingga bulu-bulunya kering. Setelah itu dikerodong hingga keesokan harinya.
  • Untuk pakan sehari-hari, Om Iwan hanya memberikan milet putih kepada gaconya ini. Namun kalau mau dilombakan, maka sehari sebelumnya burung diberi jagung muda dan full kerodong.

Dengan perawatan yang simpel itulah, lovebird Cebol terus mengukir prestasinya di Lapangan Effentta, seperti terlihat pada tabel di bawah ini:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

EVENTANGGALJUARA
Latihan Effentta, Jambi26 Feb 20161, 1
Latihan Effentta bersama Ebod Jaya, Jambi18 Mar 20161, 1
Latihan Effentta, Jambi25 Apr 20161, 1
Latber Happy Effentta, Jambi01 Apr 20161, 2

Melihat prestasinya selama ini, Om Iwan Buah berencana menurunkan lovebird Cebol dalam even skala besar. Agenda terdekat adalah menurunkannya dalam Festival Pekanbaru Berkicau garapan Ronggolawe di Taman  Alam Mayang Pekanbaru, Riau, Minggu (17/4).

Om Iwan Buah
Om Iwan Buah bersama istrinya, Wulan.

Om Iwan yang juga memiliki murai batu jawara bernama Buntung ini dalam waktu dekat akan mendirikan sebuah CV di Kota Jambi. Rencananya, grand opening akan dimeriahkan dengan lomba burung berkicau. Kita tunggu saja. (Kelana Lana)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.