Om Fery Fian, pengorbit kenari jawara dari Tim Kere Kere Hore Tegal

Tim Kere Kere Hore Tegal termasuk salah satu single fighter yang disegani di wilayah tengah pantura, karena kerap menjuarai beragam even di kawasan tersebut. Tim yang dikomandani Om Mubarok JP ini mempunyai beberapa pengorbit burung jawara, antara lain Om Fery Fian yang spesialis di kelas kenari.

Salah satu burung jawara hasil orbitannya adalah kenari Vanilla milik Om Mubarok JP. Di tangannya, kenari putih polos jenis F1 ini makin matang. Vanilla menempati posisi ketiga penghargaan BITC edisi April 2016 di Yudhistira BC, Kota Tegal.

Kenari Vanilla
Kenari Vanilla makin moncer berkat tangan dingin Fery Fian.

Om Fery Fian memang spesialis pengorbit kenari jawara. Sudah 10 tahun lebih dia menekuni kenari. Berkat keuletan dan kesabarannya, banyak kenari yang moncer di lapangan.

Tiga tahun lalu, atau tahun 2013, Om Fery pernah menggemparkan jagad kenarimania di wilayah Tegal dan sekitarnya. Sebab kenari Leo hasil orbitannya dibeli H Yanto Jasa, kicaumania asal Tegal, dengan harga yang fantastis untuk ukuran Tegal.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Bahkan, pembelian Leo merupakan rekor termahal di Tegal saat itu. Padahal Leo merupakan kenari lokal,” tutur Om Fery.

Kenari Vanilla
Om Fery saat mengantar Vanilla dalam even G-10 Champion KFC di Pemalang.

Tak lama kemudian, dua kenari orbitannya kembali diboyong pemain lainnya. Kenari Exiz dibeli Om Suton (Kaligung BC Tegal), sedangkan kenari Selebritis kini di tangan Mbah Jambul (IKLI Team Tegal).

“Total penjualan tiga kenari ini mencapai sekitar lima puluh jeti. Banyak juga kenarimania di luar Tegal yang membeli burung-burung orbitan saya,” kata Om Fery, tanpa bermaksud jumawa.

Menurut Om Fery, kenari Vanilla punya keunggulan tersendiri. Selama ini, jarang dijumpai ada kenari warna putih yang tampil fight dan stabil di lapangan. Namun ketika ditangani Om Ferry sejak Januari 2014, Vanilla mau tampil fight, bahkan sering menjuarai even latber, latpres, dan lomba, baik di dalam maupun luar kota.

kenari Vanilla
Gaya tarung kenari Vanilla.

Kenari Vanilla termasuk jawara lintas-EO, karena pernah menjuarai even kemasan BnR, Ronggolawe, PBI, G-10 Papburi Tegal, dan EO independen lainnya seperti G-10 Champion KFC Pemalang.

Koleksi piagamnya sudah mencapai 150 lembar, sedangkan trofi sekitar 75. “Setiap tampil di wilayah Tegal dan Brebes, Vanilla masuk daftar juara. Sejauh ini sudah ada yang menawar 15 jeti,” kata Om Fery.

Om Fery Fian
Om Fery Fian bersama koleksi piagam dan trofi kemenangan Vanilla.

Om Fery merasa senang bisa mendukung Tim Kere Kere Hore Tegal. Apalagi tim ini memiliki banyak amunisi hebat di sejumlah kelas, baik kenari, lovebird, murai batu, cucak hijau, hingga kacer.

Kenari Cobra Pantura
Kenari Cobra Pantura milik Om Mubarok JP juga orbitan Om Fery.

“Kere Kere Hore Tegal juga kerap meraih juara umum, baik untuk kategori single fighter maupun bird club / tim,” kata Om Mubarok JP.

Tim Kere Kere Hore Tegal
Om Mubarok JP (kiri), Om Fery Fian (kanan), dan para personel Tim Kere Kere Hore Tegal.

Tips perawatan kenari ala Om Fery Fian

Dalam kesempatan ini, Om Fery Fian ingin berbagi tips perawatan kenari untuk para pembaca omkicau.com di manapun berada. Tips ini bersifat umum, sehingga sobat kenarimania perlu memodifikasi, sesuai dengan karakter dan kebiasaan burung masing-masing:

  • Setiap pagi, sekitar pukul 07.00, burung dikeluarkan untuk dijemur selama 1 jam.
  • Cepuk berisi air dimasukkan ke sangkar, sehingga burung bisa mandi sendiri.
  • Mentimun diberikan setiap hari. Om Fery juga memberikan pakan khusus hasil racikannya sendiri.
  • Setiap hari, karpet sangkar harus selalu dibersihkan.
  • Kerodong full harian, dan sangkar ditempatkan di samping kamar mandi karena udaranya sejuk.
Tim Kere Kere Hore Tegal
Amunisi Tim Kere Kere Hore Tegal.

Itulah sekilas profil Om Fery Fian, pengorbit kenari jawara asal Tim Kere Kere Hore Tegal, beserta sepenggal tips perawatan kenari-kenari orbitannya selama ini. (Julis Nur Hussein)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.