Cucak hijau Super Croot hattrick di Kapolres Cup II Jepara, murai batu Sarno nyeri

Sebanyak 1.025 ekor burung mengikuti lomba burung berkicau Kapolres Cup II di halaman Mapolres Jepara, Minggu (31/7). Even yang dikemas Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang Jepara ini digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-71 Bhayangkara.

Kapolres Cup II Jepara
Kapolres Cup II Jepara: Semua kelas lovebird full gantangan, kecuali kelas ring.

Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin SIK MH membuka langsung even ini, tepat pukul 11.00. Tokoh-tokoh perburungan hadir di sini, antara lain Ketua PBI Pusat Mr Bagiya Rakhmadi SH serta Om Yono Plaza selaku ketua PBI Pengda Jateng-DIY.

Lomba burung berkicau Kapolres Cup I Jepara
Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin SIK MH (kanan) menyampaikan sambutan pembukaan, disaksikan Mr Bagiya (tengah) dan Om Yono Plaza.

Sehari sebelumnya, Sabtu (30/7) malam, Mr Bagiya melantik kepengurusan PBI Cabang Jepara yang dinahkodai Om Paul. Prosesi pelantikan berlangsung di aula Mapolres Jepara.

Om Paul, ketua PBI Cabang Jepara
Om Paul (kiri), ketua PBI Cabang Jepara, berbincang-bincang dengan Pak Kapolres (kanan).

Dalam lomba burung berkicau Kapolres Cup II, panitia membuka tiga kelas cucak hijau. Ketiga kelas ini disapubersih cucak hijau Super Croot milik Om Aziz Merah Putih yang memperkuat Plat K SF.

Di kelas utama Kapolres, cucak hijau Super Croot mengungguli Spesial One milik H Ali Tepos (Tepos BC) dan Teror andalan Om Andy MP (Merah Putih / Plat K SF).

Cucak hijau Super Croot
Cucak hijau Super Croot jadi bintang lapangan Kapolres Cup II Jepara.

Super Croot juga menjuarai Kelas Wakapolres dan Kabag. Dua kali pula, cucak ijo Djarot andalan Om Anan (Duta BnR Pati) harus puas menjadi runner-up. Cucak ijo Leprok milik Den Kaji (Langon Jepara) dua kali juara 3.

Om Aziz MP (kanan), pemilik cucak ijo Super Croot
Om Aziz MP (kanan), pemilik cucak ijo Super Croot, foto bareng Om Paul.

Pertarungan seru terjadi pada kelas murai batu yang dimainkan empat sesi, termasuk satu sesi murai batu ring. Murai batu Sarno andalan Fitri BKS (Samarinda) menghadapi perlawanan tangguh Bellator milik Om Yono Plaza (Duta Balekambang Kumandang), Movistar orbitan Om Benny AP dari Duta BnR Rembang), dan Bintang Kehidupan kepunyaan Om Kate MJ (Pekunden Community Semarang).

Meski demikian, murai batu Sarno tetap tampil paling perkasa. Jagoan yang dikawal Om Tedy BKS ini sukses menjuarai dua kelas: Kapolres dan Kabag.

Di Kelas Kapolres, Sarno mampu mengungguli Bellator, Bintang Kehidupan, dan Movistar. Adapun di Kelas Kabag, MB Sarno mengalahkan Panser milik Om Dani (Ababil) dan Pandawa milik Om Eko Putro (Solo).

Murai batu Sarno
Murai batu Sarno juara 1, 1, dan 3.

Namun Bellator mampu melakukan revans terhadap Sarno. Turun di Kelas Wakapolres, MB Bellator meraih juara pertama, unggul atas Movistar, Sarno, dan Bintang Kehidupan. Ini merupakan pentas perdana Bellator setelah beres mabung.

Murai batu Bellator
Murai batu Bellator terbaik di Kelas Wakapolres.

Bintang Kehidupan sejatinya merupakan murai batu hasil penangkaran. Pada tiga kelas murai umum, burung milik Om Kate MJ ini meraih juara 3 dan 4. Bintang Kehidupan kemudian tampil pula di Kelas MB Ring Kasat dan meraih juara 1.

Kru Om Yono Plaza
Kru Om Yono Plaza sukses mengawal MB Bellator.

Pentet Westerling milik Om Temox’z (Plat K SF) nyaris double winner. Burung ini memenangi Kelas Wakapolres, mengalahkan New Alexis andalan Om Robert (Buldozer SF Semarang), Kenzi milik Om Oltha Rasta (KBS / Plat K SF), dan Scorpion besutan Om Benny AP (Duta BnR Rembang).

Cendet Westerling milik Om Temox'z
Pentet Westerling milik Om Temox’z (Plat K SF) nyaris double winner.
Om Temox'z
Om Temox’z: Westerling siap berlaga di Balekambang Kumandang dan Piala Raja.

Namun Westerling yang baru rampung mabung harus puas menjadi runner-up Kelas Kabag. Kelas ini dimenangi Jhon Legend milik Om Wawan ABF (Duta All In). Scorpion dan New Alexis menjadi juara 3 dan 4.

ABF Team
ABF Team juara 1 Kelas Pentet Kabag melalui aksi Jhon Legend.

Lovebird digelar tujuh kelas, enam di antaranya full gantangan. Hanya kelas lovebird ring yang tidak sampai penuh. Persaingan pun relatif merata, sehingga melahirkan pemenang yang berbeda-beda di setiap kelasnya.

Kapolres Cup II Jepara
Pak Kapolres menyerahkan trofi juara 1 lovebird kelas utama.

Meski demikian, lovebird Barong yang memperkuat Fitri BKS tampil paling mengesankan. Burung ini menjuarai Kelas Kapolsek dan juara 2 Kelas Kasat. Fitri BKS pun mengumpulkan poin tertinggi untuk kategori single fighter, dan tampil sebagai juara umum SF.

Fitri BKS juara umum SF
Om Tedy BKS (tengah), mewakili Fitri BKS, menerima trofi juara umum SF.

Untuk kategori bird club / BC, dua tim meraih poin yang sama, yakni Duta Balekambang Kumandang dan Duta KLI Jepara Cup. Kedua tim ini akhirnya dinobatkan sebagai juara bersama BC. (Waca / OK-1)

Duta Balekambang Kumandang
Duta Balekambang Kumandang juara bersama BC.
Panitia Kapolres Cup II Jepara
Panitia Kapolres Cup II Jepara.

Hasil Lomba Kapolres Cup II Jepara (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.