Cucak bersisik, burung yang membuat penasaran para kicaumania

Keluarga burung cucak-cucakan (Pynconotidae) terdiri atas 21 genus dan lebih dari 100 spesies. Salah satu genus / marga yang paling dikenal di Indonesia adalah Pycnonotus, yang terdiri atas 40 spesies seperti cucakrawa, kutilang, dan trucukan.

Burung cucak bersisik/Scaly-breasted bulbul
Burung cucak bersisik / scaly-breasted bulbul.

Belakangan ini, banyak kicaumania yang penasaran terhadap burung cucak bersisik yang juga termasuk anggota genus Pynonotus. Seperti apa karakteristik dan suara kicauannya?

Ya, cucak bersisik / scaly-breasted bulbul memang termasuk anggota keluarga burung cucak-cucakan, dari genus Pycnonotus, dengan nama ilmiah Pycnonotus squamatus. Postur tubuhnya seukuran cucak kutilang, namun dengan kepala hitam, tenggorokan, dan dagu putih.

Adapun tubuh bagian atas berwarna zaitun, tunggir kuning, dan ekor hitam. Bagian tubuh yang menjadi ciri khasnya adalah dadanya yang bersisik hitam putih.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung ini dikenal sangat pemalu, sehingga sulit ditemui oleh para bird watcher. Mereka menghuni kawasan hutan dataran rendah dan perbukitan hingga ketinggian 700 meter dari permukaan laut (dpl). Burung ini biasanya hidup bersama dengan kelompok burung jenis lain, termasuk saat mencari makanan di pucuk semak-semak kecil serta di tajuk-tajuk pohon yang tinggi.

Cucak bersisik terdiri atas tiga subspesies / ras, dengan wilayah persebaran sebagai berikut:

  1. Pycnonotus squamatus webberi, tersebar di ujung selatan Myanmar, wilayah selatan Thailand, Semenanjung Malaysia (termasuk Langkawi), dan Sumatera.
  2. Pycnonotus squamatus squamatus, hanya dijumpai di PulauJawa.
  3. Pycnonotus squamatus borneensis, hanya dijumpai di Kalimantan. Postur tubuhnya lebih besar daripada dua ras lainnya.

Sampai saat ini tidak banyak informasi mengenai perilaku perkembangbiakan burung cucak bersisik, apalagi burung ini makin jarang ditemukan keberadaannya di Pulau Jawa. Salah satu penyebabnya adalah kian maraknya alihfungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian dan permukiman.

Penampilan burung cucak bersisik
Penampilan burung cucak bersisik

Kendati secara global tidak berada dalam ancaman serius, International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah memasukkan cucak bersisik dalam daftar merah dengan kategori Hampir Terancam (NT). Oleh karena itu, dibutuhakan peranserta seluruh kicaumania untuk menjaga kelestariannya di alam dengan cara tidak membelinya di pasaran.

Sebagian besar jenis burung dari keluarga cucak-cucakan adalah pemakan buah dan serangga. Begitu pula dengan cucak bersisik yang gemar menyantap buah-buahan dan serangga-serangga kecil.

Burung cucak bersisik memlliki suara kicauan yang selalu terdengar riang gembira. Suaranya terdiri atas beberapa variasi kicauan berbeda, mulai dari suara celotehan, siulan, sampai suara khas burung kutilang.

Berikut ini suara burung cucak bersisik yang bisa anda dengar atau download sebagai masteran:

Suara kicauan burung cucak bersisik | DOWNLOAD

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.