Lovebird Sinden, kenari Pokemon, dan Cheetah hattrick di Mawija Cup Balikpapan

Dalam rangka memperingati HUT Ke-71 Kemerdekaan RI, Mawija BC mengadakan lomba burung berkicau di gantangan Mawija, Sumber Rejo (samping kantor Kelurahan Sumber Rejo), Kecamatan Balikpapan Tengah, Balikpapan, Minggu (21/8).

Mawija Cup Balikpapan
Suasana penilaian kelas kacer dalam even Mawija Cup di Balikpapan, Minggu (21/8).

Even bertajuk Mawija Cup ini diikuti 492 peserta. Panitia yang digawangi Om Eeng (ketua pelaksana) dan HM Nur (penanggungjawab dan ketua RT setempat) membuka empat kelas (27 sesi).

Mawija merupakan salah satu dari delapan event organizer (EO) yang ada di Balikpapan. Ketujuh EO lainnya adalah Black Jack, Wirayudha, Kampung Timur, Bonto Bolaeng, Mardi Toos, Pasopati, dan TnT. Mereka mengadakan latber atau latpres secara bergantian setiap minggunya.

Dalam even di Mawija, tiga burung sukses menjuarai tiga kelas alias hattrick, yakni lovebird Sinden, kenari Cheetah, dan kenari Pokemon.

Sinden merupakan lovebird orbitan Om Agung (Tri Pratama SF) yang dikenal pula memiliki sejumlah kacer jawara. Pada kelas utama (Executive), lovebird Sinden harus mengakui ketangguhan gaco milik Om Dolenz (RBT Balikpapan), dengan menempati urutan kedua, disusul Jarwo milik Om Iwan (SBR).

Namun pada tiga kelas berikutnya, yaitu Mawija A, Duta C, dan Duta D, laju LB Sinden tidak mampu lagi dibendung lawan-lawannya. Tiga gelar juara pertama pun disabetnya, sehingga dinobatkan sebagai lovebird terbaik dalam even ini.

Lovebird Sinden
Om Mustofa, kru Mr Agung Tri Prtama SF, bersama lovebird Sinden.

Adapun Kelas Mawija B dimenangi lovebird Jarwo, mengungguli Pancasona yang juga burung koleksi SBR. Posisi ketiga ditempati lovebird Geboy milik MBRR Mawija.

Dalam even ini, panitia membuka tiga kelas kenari bebas dan tiga kelas kenari kecil. Kenari Pokemon milik Om Ragil (Bortech BC) menyapubersih tiga kelas kenari bebas. Pokemon sukses menjuarai Kelas Duta A, B, dan C. Kenari Densus 88 milik Om Rizal, rekan setimnya, dua kali menjadi runner-up (Duta B dan C). Si Ojak milik DJM menjadi juara kedua di Kelas Duta A.

Hattrick juga diraih kenari Cheetah. Jagoan milik Om Ary (WBC) ini tidak terkalahkan pada tiga kelas kenari kecil (Duta A, B, dan C). Karena menang mutlak, Pokemon dan Cheetah terpilih sebagai kenari bebas dan kenari kecil terbaik.

Kenari Cheetah
Kenari Cheetah milik Om Ary WBC meraih hattrick.

Persaingan sengit terjadi pada kelas cucak hijau yang dimainkan lima sesi. Tidak ada yang dominan di sini, karena semua kelas dimenangi burung yang berbeda.

Cucak hijau Pancasona milik Om Joko P (RSU) menjuarai Kelas Mawija B dan juara 2 Kelas Executive. Cucak hijau Tongkang besutan Om Dian (KM 4) memenangi Kelas Duta C dan juara 2 Duta D.

Tiga burung lainnya, yaitu cucak hijau Petir (milik DJM), Bedez (H Budi – TNT), dan Kuprit (Om Rizky – Banyuwangi), masing-masing menjuarai Kelas Executive, Mawija A, dan Duta D.

Dari lima kelas tersebut, cucak hijau Pancasona dan Tongkang sama-sama mengumpulkan total poin 150 (hasil juara 1 dan 2), tertinggi dibandingkan peserta lainnya. Gelar cucak hijau terbaik pun mesti ditentukan lewat toos, dan akhirnya dimenangi Pancasona.

Cucak hijau Pancasona
Pancasona meraih gelar cucak hijau terbaik.

Om Joko RSU, pemilik Pancasona, memang dikenal spesialis pengorbit cucak hijau. Sebelumnya, dia juga sukses mengorbitkan cucak hijau Anaconda yang meraih hattrick di Black Jack Balikpapan (7/8).

Cucak hijau Pancasona
Om Wir, mekanik cucak hijau Pancasona milik Om Joko RSU.
Om Joko RSU
Om Joko RSU (kanan) menerma medali cucak hijau terbaik.

Gelar murai batu borneo terbaik diraih Petir. Gaco andalan Om Teguh (Indrakila) ini berhasil meraih double winner (Duta C dan D), serta juara 2 Kelas Mawija B di bawah Manze milik Om Reztar (CK 81).

Kelas Executive dimenangi MB Joker orbitan Om Saiful Sepinggan), sedangkan MB Sabit kepunyaan Om Ferry (Lamaru) terbaik di Kelas Mawija A.

Kacer Kharisma juga meraih double winner dan ditetapkan sebagai kacer terbaik. Burung orbitan Om Hari Kharisma (Balikpapan) ini menjuarai Kelas Executive dan Mawija. Kacer RC besutan Om Rendro (Milono SF) dua kali berada di posisi runner-up.

Rombongan Bortech BC Balikpapan terlihat membirukan suasana di lapangan, karena para pemainnya mengenakan seragam biru yang sedap dipandang mata. Mereka juga terlihat solid dan kompak di lapangan.

Bortech BC Balikpapan
Bortech BC Balikpapan mampu membirukan suasana di lapangan.

Prestasi Bortech BC pun bisa dibanggakan, bahkan mampu mendominasi kelas kenari. Selain hattrick melalui kenari Pokemon, tim ini juga moncer lewat kenari Densus 88 milik Om Rizal (juara 2, 2 kenari bebas), kenari Mustika Alam milik Om Ragil (juara 2, 5 kenari kecil), kenari Minato andalan Om Reza (juara 3 kenari kecil).

Sejumlah peserta merasa puas dan senang bisa mengikuti kontes Mawija Cup. Mereka akan bertemu lagi dalam even menarik lainnya yakni Handil Cup 2 di Kutai Kartanegara, Minggu (28/8) mendatang (brosurnya bisa diunduh di sini).

Mewakili kru panitia dan tim juri, Om Eeng mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan para kicaumania di Balikpapan dan sekitarnya. “Mohon maaf kalau masih ada kekurangannya,” kata Om Eeng. (v1rgoboy)

Mawija Cup Balikpapan
Panitia dan juri foto bersama para pemilik burung terbaik.

Burung terbaik dalam even Mawija Cup Balikpapan

JENIS BURUNGNAMA BURUNGPEMILIKPOIN
KACERKHARISMAHARRY (BPN)200
MURAI BATU BORNEOPETIRTEGUH (INDRAKILLA)250
CUCAK HIJAUPANCASONAJOKO P (RSU)150
LOVE BIRDSINDENMR AGUNG (TRI PRATAMA SF)350
PLECISRIE REDJEKIPUJI W (KMP TIMUR)200
KENARI BEBASPOKEMONRAGIL (BORTECH BC)300
KENARI KECILCHEETAHARY (WBC)300

Hasil Lomba Mawija Cup Balikpapan (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.