Membuat pakan basah untuk menambah stamina burung kicauan

Cari Artikel Berdasar Kategori

SEMPATI BIRD SHOP

Selain pakan kering seperti voer dan pakan racikan lainnya, burung kicauan juga bisa diberi pakan basah. Selama ini pakan basah lebih dikenal sebagai pakan lolohan untuk anakan burung. Tetapi jika diolah dengan bahan-bahan yang tepat, pakan basah juga bisa disajika untuk burung-burung dewasa. Berikut tips membuat pakan basah untuk menambah stamina burung kicauan.

Membuat pakan basah untuk burung peliharaan
Membuat pakan basah untuk burung peliharaan.

Burung kicauan yang dikenal aktif dan lincah seperti pleci, ciblek, trucukan, dan gelatik batu membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk mendukung aktivitas hariannya. Pakan kaya nutrisi tersebut bisa berupa voer yang terjamin kualitasnya, atau pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa buah atau serangga.

Beberapa kicaumania bahkan kerap meracik sendiri pakan untuk burung kesayangannya, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang bermanfaat. Pakan racikan ini bisa berbentuk kering, bisa juga basah.

Disebut pakan basah, karena sebagian besar bahan yang digunakan mengandung air, misalnya buah dan sayuran. Berbeda dengan pakan lolohan untuk anakan burung, pakan basah yang akan dijelaskan berikut ini disajikan khusus sebagai EF bagi burung kicauan remaja dan dewasa, terutama untuk jenis burung yang dikenal sangat aktif.

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 1/2 cangkir / mangkuk bungkil kedelai, atau bisa juga menggunakan voer halus. Bungkil kedelai bisa diperoleh di poultry shop terdekat.
  • 1 butir telur rebus (diambil bagian kuningnya saja).
  • 1 buah wortel yang telah diparut.
  • 2 buah tomat yang masih segar.
  • 1/2 potong jeruk manis yang sudah dikupas kulitnya.
Membuat pakan racikan untuk burung
Bahan-bahan pembuatan pakan basah untuk burung kicauan.

Proses pembuatan:

  • Wortel, tomat, dan jeruk digiling menggunakan blender hingga menjadi jus.
  • Setelah itu, tambahkan bungkil kedelai dan kuning telur ke dalam jus tadi, lalu giling sebentar sampai adonan bercampur dan menjadi bubur.
pakan racikan
Semua bahan baku dihancurkan menggunakan blender.
  • Tuangkan adonan ke dalam cetakan es batu, lalu simpan dalam lemari pendingin / kulkas.
membuat pakan racikan
Adonan dituang ke dalam cetakan es batu.

Cara penyajian:

  • Ambil satu adonan dari cetakan es batunya, lalu simpan dalam suhu ruangan. Setelah itu, masukkan ke dalam cepuk pakannya, dan diberikan sebagai pengganti voer hanya untuk hari itu saja. Pakan basah memang tidak boleh digunakan lebih dari 12 jam, karena rentan terkontaminasi bakteri dan jamur.
  • Pakan bisa diberikan setiap 2-3 kali seminggu, dengan tetap memperhatikan kebutuhan pakan yang lain, terutama serangga atau buah-buahan.

Demikian informasi mengenai cara membuat pakan basah untuk menambah stamina burung kicauan.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

EH, PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.