Manfaat daun dandelion (randa tapak) untuk burung peliharaan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Dandelion (Taraxacum offincinale) atau sering disebut randa tapak merupakan jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di lingkungan sekitar kita. Dandelion masih satu keluarga dengan bunga matahari, yang mana bijinya kerap dijadikan pakan lovebird. Apa sih manfaat tanaman ini?

Dandelions (taraxacum officinale) atau randa tapak yang bermanfaat untuk burung peliharaan
Dandelion / randa tapak (Taraxacum officinale) bermanfaat untuk burung peliharaan.

Dandelion biasanya tumbuh subur pada bulan Maret hingga November. Bunganya berwarna kuning, daunnya berbentuk bergerigi dan berwarna hijau.

Tumbuhan ini diberi nama dandelion, merujuk pada bentuk daunnya yang bergerigi. Secara harfiah, dandelion dalam bahasa Prancis berarti “gigi singa”.

Daun dandelion yang bergerigi itu ternyata punya manfaat cukup banyak jika dikonsumsi burung peliharaan. Tetapi belum banyak kicaumania yang menyadarinya, bahkan menganggapnya sekadar tanaman hias lantaran bentuk dan warnanya yang cantik.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Bagi penggemar burung di mancanegara, daun dandelion sudah dianggap sebagai pakan tambahan favorit yang sangat bermanfaat untuk burung pemakan biji-bijian. Daunnya sering dipakai untuk menggacorkan burung kenari, mozambik, bahkan burung parkit.

Burung peliharaan yang mengkonsumsi daun dandelion
Burung peliharaan ketika mengkonsumsi daun dandelion.

Sejak dulu, tumbuhan ini dikenal sebagai tanaman obat karena memiliki khasiat luar biasa. Mulai akar, daun, hingga bunganya bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan bunganya pun sudah lama sering digunakan sebagai campuran minuman.

Untuk burung peliharaan, terutama pemakan biji-bijian, bagian yang bisa digunakan adalah daunnya yang bergerigi. Namun harus diperhatikan, daun yang diberikan harus dalam kondisi segar alias baru dipetik. Kalaupun tidak baru, maka penyimpanannya harus di dalam kulkas. Cara pemberiannya bisa digantung seperti sayuran yang kita berikan kepada kenari.

Burung biasanya langsung menyukai daun dandelion ketika diperkenalkan, dan akan memakannya terus-menerus. Hal ini akan memicu diare / kotoran bercampur air. Tapi tak perlu khawatir, karena itu adalah efek awal dari cairan getah yang terdapat dalam daunnya. Setelah beberapa saat kemudian, burung akan terbiasa dan kotorannya akan kembali normal.

Daun dandelion kaya akan vitamin A, yang berfungsi sebagai karotenoin antioksidan serta baik untuk bulu, selaput lendir, dan penglihatannya. Flavonoid yang dikenal sebgai zeaxanthin akan melindungi retina burung dari sinar UV ketika burung dijemur terlalu lama. Sedangkan karoten, lutein, dan cryptoxanthin membantu sistem kekebalan tubuh dan metabolismenya.

Tumbuhan dandelion yang banyak tumbuh liar
Tanaman dandelion sering tumbuh liar di lingkungan sekitar kita.

Daun dandelion juga banyak mengandung serat, sehingga bisa membantu mengatasi beragam gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral lainnya lumayan lengkap, misalnya vitamin C, B6, thiamin, riboflavin, zat besi, kalsium, potasium, dan mangaan, folat, magnesium, fosfor, dan tembaga.

Berikut ini manfaat daun dandelion pada burung peliharaan:

  • Membantu mengatasi masalah pencernaan.
  • Membuang racun dari dalam tubuh.
  • Mendukung sistem kekebalan tubuh burung.
  • Melancarkan metabolisme.
  • Membuat burung tetap fit dan aktif, sehingga membuatnya lebih rajin berbunyi.
  • Melindungi retina dari paparan sinar UV.
  • Menjaga dan mencerahkan warna bulu.

Itulah beberapa manfaat yang menguntungkan jika burung peliharaan mengkonsumsi daun dandelion atau randa tapak.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. Kalau dari bentuk daunnya saya kayaknya kenal tanaman ini(kalau nggak salah sih), sering ada di pematang sawah dipetik kemudian direbus untuk dibuat urap atau pecel uenak he he he….eh baru tahu kalau buat burung juga bisa ya…..

Komentar ditutup.