Launching Ronggolawe Tanjab Timur: MB Iron Man double winner, Pion BC juara umum

Empat burung meraih double winner dalam Latpres Launching Ronggolawe Tanjung Jabung Timur di lapangan GOR Tanjab Timur, Keramas, Parit Culum 1, Muara Sabak, Provinsi Jambi, Minggu (25/9). Perebutan gelar juara umum bird club (BC) berlangsung ketat, terutama antara Pion BC dan Kombat BC.

Om Aan selaku ketua Ronggolawe Tanjab Timur merasa lega atas terselenggaranya even ini. Setelah ini, kata dia, latber rutin akan diselenggarakan setiap Kamis sore di tempat yang sama. Adapun latpres digelar sebulan sekali.

“Semoga kegiatan kami ini bisa mewadahi para kicaumania, khususnya di Tanjung Jabung Timur dan sekitarnya, sehingga dapat bersaing baik di Provinsi Jambi, Sumatera, bahkan even nasional. Jangan lupakan pula aspek pelestarian burung kicauan,” pesan Om Aan.

Om Aan, ketua Ronggolawe Tanjung Jabung Timur
Om Aan, ketua Ronggolawe Tanjung Jabung Timur.

Dalam latpres ini, panitia membuka tiga kelas (Prembun, Kebumen, dan Ebod Solution) yang terdiri atas 19 sesi lomba. Murai batu, kacer, lovebird, dan kenari masing-masing digelar tiga sesi. Cucak ijo dua sesi, sedangkan kapas tembak, serindit, pleci, ciblek, dan kolibri masing-masing satu sesi.

Murai batu Iron Man menjadi salah satu bintang dalam even ini. Gaco orbitan Om Putra (Dark Night SF) ini sukses meraih double winner. Pada kelas utama Prembun, Iron Man mampu mengatasi Manis milik Om Munadi, Poseiden kepunyaan Om Sopyan (Kombat BC), dan Gledek andalan Om Satria dari SBC.

Murai batu Iron Man
Murai batu Iron Man milik Om Putra raih double winner.

Keistimewaan MB Iron Man antara lain ngerol-nembak suara jangkrik, burung gereja, siri-siri, hingga kapas tembak. Durasi kerjanya juga apik, didukung volumenya yang tembus.

Stamina Iron Man juga cukup prima, terbukti mampu pula menjuarai Kelas Kebumen. MB Manis lagi-lagi harus puas menjadi runner-up, sedangkan Gledek tampil sebagai juara ketiga.

Launching Ronggolawe Tanjab Timur
Juara 1, 2, 3, 4 murai batu Kelas Prembun.

Namun pada Kelas Ebod Solution, Iron Mas harus mengakui ketangguhan murai batu Gledek. Setelah pada dua sesi awal berada di posisi 4 dan 3, MB Gledek menyodok di posisi teratas. Juara kedua dan ketiga diraih MB Gogon milik Om Romen (Pion BC) dan Manis.

Dark Night SF
Dark Night SF pimpinan Uda Enjoy (kanan) moncer bersama MB Iron Man dan LB Pengkang.

Tiga kacer bersaing ketat pada tiga sesi yang dilombakan, yakni Keramat orbitan Om Riki (Star Kicau BC), Joni Is Back milik Om Edwin (juga dari Star Kicau), dan Simonceli kepunyaan Agus (Kombat BC).

Kacer Keramat memenangi Kelas Prembun, setelah mengungguli Simonceli dan Gareng besutan Om Mahfud (LBC). Kelas Kebumen dijuarai Joni Is Back, disusul Simonceli dan Ciblek milik Om Harun.

Launching Ronggolawe Tanjab Timur
Juara 1, 2, 3, dan 4 kacer Kelas Prembun.

Keramat kembali menjadi yang terbaik saat turun di Kelas Ebod Solution. Kacer Simonceli untuk kali ketiga menjadi runner-up, sedangkan Joni Is Back nangkring di posisi ketiga.

Pion BC mendominasi tiga kelas lovebird. Kelas Prembun memang dimenangi LB Sakura milik Mr Dea (Lor-X), tetapi posisi kedua dan ketiga ditempati gaco-gaco Pion BC, yakni Nemo andalan Om Tata ILF dan Anita kepunyaan Om Wijaya.

Launching Ronggolawe Tanjab Timur
Juara 1, 2, dan 3 lovebird Kelas Prembun.

Kelas Kebumen dan Ebod Solution disapubersih lovebird Jasmine milik Om Jito (Pion BC). Anita nyeri juara 2 pada kedua kelas tersebut. Posisi ketiga masing-masing ditempati LB Pengkang milik Om Feri (Dark Night SF) dan Nemo.

Dominasi Pion BC juga terjadi pada tiga kenari. Tim ini mengandalkan Pesta Pora dan Totti milik Om Hadi KPKJ, yang sukses menjuarai Kelas Kebumen dan Prembun. Adapun Kelas Ebod Solution dijuarai kenari Klawing milik Om Wawan (Kombat BC).

Launching Ronggolawe Tanjab Timur
Juara 1, 2, dan 3 kenari Kelas Prembun.

Kombat BC menambah gelar juaranya melalui kolibri Bejo milik Om Agus dan ciblek Kiby koleksi Fera yang tampil sebagai juara pertama di kelas masing-masing.

Bukan hanya itu, Kombat BC juga berjaya di kelas kapas tembak. Tim ini menurunkan kapas tembak Robet milik Om Pep dan Mahesa besutan Om Hari, yang meraih juara 2 dan 3. Juara pertama diraih kapas tembak Maafi milik Om Reza dari Star Kicau BC.

Di pengujung lomba, panitia melakukan penghitungan poin untuk penentuan juara umum BC. Gelar bergengsi ini akhirnya diraih Pion BC setelah mengumpulkan 875 poin, unggul tipis atas Kombat BC (825 poin).

Launching Ronggolawe Tanjab Timur
Om Aan menyerahkan trofi juara umum kepada Om Hadi dari Pion BC.

Mewakili seluruh kru panitia dan tim juri, Om Aan mengucapkan terimakasih atas kehadiran rekan-rekan kicaumania. “Kami tunggu partisipasinya dalam even latber dan latpres berikutnya,” tuturnya. (Kelana Lana)

Launching Ronggolawe Tanjab Timur
Panitia Launching Ronggolawe Tanjab Timur bersama Team Juri Ronggolawe.

Hasil Launching Ronggolawe Tanjab Timur (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.