Setelan lomba cucak jenggot Karin, jawara PresCup IV

Optimisme Om Martin (Rosa SF Jatibarang, Abimanyu) terhadap penampilan cucak jenggot Karin dalam even akbar Presiden Cup IV akhirnya terbukti. Burung kesayangan dan andalannya ini sukses menjuarai salah satu kelas, bahkan mengalahkan sang legenda Ratu Jagat milik Om Yayang (Pangkalanbun).

Dalam wawancara dengan omkicau.com beberapa waktu lalu (silakan lihat di sini), Om Martin mengatakan bahwa cucak jenggot Karin dalam kondisi siap tempur menghadapi kontes nasional Presiden Cup IV. Apalagi Karin berhasil menjuarai beberapa even pemanasan setelah merampungkan masa mabungnya.

Cucak jenggot Karin
Cucak jenggot Karin sukses menjuarai even akbar Presiden Cup IV.

Dalam Presiden Cup IV di Parkir Selatan Senayan, Jakarta, Minggu (2/10), cucak jenggot Karin berhasil menjuarai Kelas Campuran Menteri. Posisi kedua dan ketiga ditempati cucak jenggot Inem PS orbitan Om Andi Wijaya (Segara BC Indramayu) dan Bodrex milik Fitri BKS Samarida. Ratu Jagat harus puas di urutan kelima.

Setelah beres mabung sekitar 1,5 bulan lalu, CJ Karin memang dalam kondisi top form. Performanya sungguh luar biasa, meski lawan-lawan yang dihadapinya merupakan burung-burung berkualitas pula.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sepanjang lomba, Karin mampu mengeluarkan tembakan-tembakan dahsyatnya dengan isian kombinasi burung gereja tarung, walang krek, hingga cekakak. Bahkan meski sempat dicegat hujan, cucak jenggot Karin tetap tampil maksimal.

Om Martin Rosa SF
Om Martin (tengah): Meski dicegat hujan, Karin tetap tampil maksimal.

Selama tiga tahun lebih di tangan Om Martin, Karin sudah menjuarai beragam even nasional, terutama di Blok Barat dan Tengah. Dalam setiap even yang diikutinya, Karin hampir selalu kebagian juara 1, atau kalau apes masuk tiga besar.

Selain materi isiannya memang bagus, Karin juga memiliki volume di atas rata-rata, tembakan dengan speed rapat, dan durasi kerjanya nyaris tanpa jeda.

Perawatan harian dan setelan lomba cucak jenggot Karin

Cucak jenggot Karin
Cucak hijau Karin terus berprestasi dalam 3 tahun terakhir ini.

Ketika ditanya soal kunci sukses mengorbitkan cucak jenggot Karin, Om Martin dengan nada merendah mengatakan tidak ada rahasia khusus. “Yang pasti, setiap mau turun lomba, porsi jangkrik ditambah,” tegasnya.

Perawatan keseharian Karin sebenarnya cukup praktis. Pagi buka kerodong, mandi, lalu jemur sebentar sambil diberi extra fooding (EF) berupa 2 ekor jangkrik. Sore hari, burung kembali diberi 2 ekor jangkrik. Selain jangkrik, Karin juga selalu mengkonsumsi voer.

Setelan lomba baru diterapkan mulai H-3 atau hari Kamis. Pakan utamanya berupa pisang, porsi jangkrik dinaikkan menjadi 4/4.  Pada H-2 dan H-1, porsi jangkrik dinaikkan menjadi 5/5.

Cucak jenggot Karin
Cucak jenggot Karin bersama Om Yis, mekanik andalannya.

Pada Hari-H (Minggu), porsi jangkrik dikembalikan ke kondisi normal (2 ekor), namun ditambah 7 ekor ulat hongkong yang bakal membuat penampilannya di lapangan makin maksimal. “Selama di lapangan, burung juga harus dikerodong dan diasingkan dari keramaian,” jelas Om Martin.

Hanya dengan perawatan sederhana itulah cucak jenggot Karin terus mengukir prestasinya selama tiga tahun terakhir ini. Untuk even-even besar seperti PresCup IV, Om Martin bergabung dengan Sien Ronny SF. Tetapi untuk lomba lokal dan regional, Karin akan selalu mengibarkan bendera Rosa SF Jatibarang Indramayu. (d’one)

Om Martin dan Om Sien Ronny
Om Martin (kiri) bersama Om Sien Ronny.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.